10 Ciri-Ciri TBC Pada Anak 1 Tahun Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Posted on

Selain penyakit paru-paru basah dan kering, ada juga penyakit Tuberkulosis atau lebih dikenal dengan TBC yang juga menyerang pada paru-paru. TBC atau Tuberkulosis disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis. Pada mulanya, bakteri ini menyerang hanya pada bagian paru-paru saja.

Akan tetapi jika dibiarkan terus menerus juga bisa menyerang organ tubuh lainnya yang pada akhirnya bisa menyebabkan kematian pada penderita. Tuberkulosis bisa menyerang siapa saja dengan rentang usia yang bervarian. Baik usia muda maupun usia tua. Tuberkulosis bisa diatasi dengan gaya hidup sehat yang diterapkan sehari-hari.

Namun sayangnya, meskipun sudah menerapkan gaya hidup yang baik, tidak menutup kemungkinan juga bisa terserang penyakit ini.Hal ini dikarenakan Tuberkulosis bisa ditularkan oleh penderita lain melalui virus yang dihasilkan oleh batuk.

Ciri-Ciri TBC Pada Anak 1 Tahun Yang Berbahaya

Tersebar melalui udara, virus tersebut bisa menyerang orang lain. Segera kenalai ciri-ciri TBC pada anak agar bisa dilakukan upaya pencegahan.Sedikitnya beberapa ciri-ciri TBC pada anak ini patut diwaspadai oleh para orang tua agar bisa dilakukan upaya pencegahan dengan baik.

1. Batuk yang tidak kunjung sembuh

Batuk yang diindikasikan sebagai penyakit TBC tidaklah sama dengan batuk yang disebabkan karena influenza. Batuk Tuberkulosis dikenal mempunyai batuk basah yang terus menerus berlangsung dan tidak kunjung sembuh. Jika dalam kurun waktu 3 minggu batuk belum juga sembuh, maka segera periksakan ke dokter.

2. Keluar darah ketika batuk 

Apabila batuk yang tidak kunjung tersebut dibiarkan tanpa adanya penanganan dan pengobatan yang tepat, maka batuk tersebut berpotensi menyebabkan batuk darah atau istilah kedokterannya ialah Hemoptisis.

3. Berat badan semakin berkurang 

Seperti penyakit lainnya, orang yang mengidap penyakit paru-paru basah menjadi lebih kurus karena nafsu makannya berkurang. Hal ini mengakibatkan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh berkurang

4. Anak mudah sakit

Tubuh anak juga kena pengaruh dari serangan bakteri TBC ini. Secara umum anak kecil mempunyai gerak yang aktif. Akan tetapi anak yang terkena TBC akan mudah sekali merasa lelah dan mudah terjangkit penyakit karena sistem kekebalannya yang terganggu.

5. Keluar keringat di malam hari 

Dikarenakan paru-paru sudah tidak bisa berfungsi dengan baik, maka kelenjar keringat tidak bisa mengontrol keluarnya keringat.

6. Anak menjadi suka marah dan mudah murung

Keadaan yang serba tidak nyaman karena terserang TBC mengakibatkan anak tidak bisa menjalani hari-harinya seperti biasa. Penyakit TBC mengubahnya menjadi anak yang suka marah dan murung karena merasakan sakit.

7. Merasakan nyeri pada bagian tubuh

Tubuh yang semula kuat dan bisa digunakan untuk bermain akan berubah jika sudah terserang penyakit TBC. Tubuh akan menjadi lemah dan merasakan nyeri di setiap bagian. Sehingga tidak jarang ketika ada anak yang terserang TBC akan menjadi lebih mudah menangis karena menahan rasa sakitnya tersebut.

8. Terjadi gangguan pada otak

Ada istilah Tuberkulosis Meningitis yakni suatu keadaan dimana sudah menyerang ke bagian otak. Seorang anak bisa mencapai tingkatan TB meningitis ini ketika penyakit tuberkulosis yang dideritanya tak kunjung mendapatkan perawatan. Hal ini sungguh sangat membahayakan keselamatan anak karena TBC sudah menyerang bagian terpenting dari tubuh manusia.

9. Sesak nafas

Meskipun tidak pernah punya riwayat penyakit asma, seseorang bisa mengalami sesak nafas karena gangguan dari paru-paru yang terkena infeksi bakteri. Karena paru-paru merupakan salah satu organ yang dibutuhkan untuk alat pernafasan pada manusia maka tidak heran jika paru-paru mengalami gangguan, secara otomatis pernafasan juga terganggu.

10. Kelenjar getah bening menjadi bengkak

Kelenjar di dalam tubuh anak berfungsi sebagai pencegah virus yang masuk ke dalam tubuh. Ketika jumlah virus yang ada terlalu banyak, maka peran kelenjar ini menjadi kalah dan melakukan pencegahan yang berlebih.

Kesehatan anak merupakan hal yang selalu diutamakan oleh orang tua.Untuk itu jagalah kesehatan anak untuk bisa melakukan aktifitas dengan baik. Ciri-ciri TBC pada anak tersebut merupakan penjelasan yang perlu dijadikan sebuah pemeritahuan apabila terdapat anak dengan gejala tersebut diatas bisa segera ditangani dan diberi obat lebih lanjut agar penyakit tuberkulosis yang dideritanya tidak semakin parah dan menular pada orang lain.