10 Ciri- Ciri Seorang Wirausaha Yang Hebat dan Akan Sukses Nantinya

Posted on

Ada banyak pekerjaan yang ada disekitar kita, seperti petani, pedagang, dokter, buruh, karyawan dan karyawati, serta masih banyak lagi pekerjaan lainnya yang mudah kita lihat disekitar kita. Masing- masing pekerjaan memiliki tugasnya sendiri- sendiri. Untuk pekerjaan yang didirikan dan dkembangkan secara pribadi atau individual biasa kita kenal dengan nama wirausaha. Ada banyak orang berwirausaha disekitar kita, usaha yang didirikan beragam, mulai dari usaha mebel, usaha kerajinan, usaha dalam bidang otomotif, dalam bidang market, dan masih banyak lagi usaha- usaha lainnya. Namun ternyata seorang pengusaha bisa dilihat dari adanya ciri- ciri seorang wirausaha dalam dirinya.

Untuk menjadi wirausaha tidak semua orang bisa dan mampu, dibutuhkan keberanian yang besar untuk memulai dan menjalaninya, karena resiko dalam berusaha sendiri ditanggung pribadi. Seorang pengusaha memiliki sikap dan ciri yang tidak dimiliki oleh orang lain.Dan untuk menjadi wirausaha yang sukses tidaklah mudah, seseorang yang sukses harus memiliki sikap dan sifat yang positif. Seorang wirausaha memang banyak kita jumpai disekita kita, namun tidak semua wirausaha mampu berjalan sukses kedepan, ada banyak wirausaha yang gulung tikar karena tidak memiliki sikap optimistis, selain itu mudah menyerah. Berikut ini adalah beberapa ciri- ciri seorang wirausaha sukses yang bisa kita ketahui dan tiru :

  Ciri- Ciri Seorang Wirausaha Yang Hebat

1. Memahami betul akan sebuah proses 

Dalam menjalankan sebuah usaha pasti tidaklah mudah seperti yang dibayangkan, awalnya mungkin beranggapan bahwa kesuksesan bisa diambil hanya dalam hitungan hari atau minggu saja, namun ternyata kesuksesan seseorang bisa dikarenakan perjuangan jatuh bangun selama bertahun- tahun. seorang wirausaha yang memahami proses tidak akan mudah menyerah. Justru di sinilah akan sangat terlihat kekuatan mental seorang pengusaha dalam menghadapai kesulitan yang akan dinyakini sukses saatnya nanti.

2. Memiliki satu tujuan 

Fokus dalam menjalankan usaha juga sangat penting, jika satu tujuan saja belum selesai dan beralih ke tujuan lainnya maka tujuan awal tidak akan pernah tercapai. Oleh sebab itu memiliki satu tujuan yang dikejar hingga sukses dangat diharuskan. Banyak dari para pemula yang hanya berpindah pindah usaha tidak sesuai passion yang dimilikinya. Sehingga yang didapatkan adalah gagal dalam fokus dan berpindah pindah mencoba terus sesuatu yang baru yang bahkan tidak diketahui sama sekali peluangnya.

3. Memiliki semangat besar dan kesungguhan 

Wirausaha yang akan sukses pasti selalu memilki semangat yang tidak pernah padam, semangat tidak hanya diawal- awal saja, namun semangat dan kesungguhan harus ada dalam proses kesuksesan. Semangat yang membara adalah kunci utama agar seseorang mampu bangun saat terjatuh serta mampu optimis dapat mengalahkan kemalasan dan sifat mudah menyerah dalam dirinya. Sehingga dia harus yakin bahwa segala sesuatunya akan pasti sukses dan tidak hanya mengeluhkan keadaan sulit yang sedang dialaminya saat ini.

4. Memiliki rasa yang tidak mudah puas 

Misal saja anda seorang desainer maka alangkah baiknya tidak puas dengan baju yang dihasilkan, pastikan selalu aktif dan selalu mencoba yang terbaik. Kunci ingin selalu mempunyai invasi dan hal yang baru lebih baik dari sebelumnya adalah salah satu ciri seorang wirausaha sukses nantinya. Dimana dia tidak cepat puas hanya dengan apa yang sudah dimilikinya saat ini, namun baginya masih ada target yang akan dikejar demi mendapatkan suatu eksperimen yang lebuh fresh dan baru lagi.

5. Seorang wirausaha yang pemberani 

Dan ciri yang kelima adalah pemberani, pemberani dalam memperjuangkan kesuksesan, berani untuk bangkit dari kegagalan, serta berani melangkah maju terus kedepan. Orang pemberani tidak akan pernah kalah dengan kegagalan. Berani mengambil resiko apapun itu adalah salah satu ciri seorang wirausahawan yang sukses, sebab seperti yang anda ketahui bahwa mindsetnya begitu berbeda sekali dengan karyawan yang tidak akan berani melanhkah mengmbil suatu resiko yang baru dan hanya berada dalam zona ternyamannya saat ini.

6. Mempunyai inovatif dan kreatif 

Seorang wirausaha pastinya sudah membaca keadaan sekitar tempat usahanya, hal ini menyebabkan seorang wirausaha untuk berfikir kreatif dan inovatif, sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat sekitar bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Usaha dan ide baru yang belum dilahirkan orang lain inilah yang akan membuat usahanya kelak suskses dikarenakan kekreatifan pada dirinya. Sehingga memang seorang wirausaha dituntut agar dapat selalu mendapatkan suatu pandangan dan cara baru yang akan menjadi trend.

7. Mampu menghargai pendapat dari orang lain

Pendapat orang lain harus ditampung dan didengarkan, jika pendapat tersebut masuk akal maka bisa dilakukan, dengan menerima saran bisa saja wirausaha anda bisa berjalan dengan baik. dan sukses. Mendengar dan mau mengambil suatu kesimpulan dari orang dan bawaan adalah ciri seorang wirausahawan yang sukses. Sebab dia mau menghargai dengan mendengarkan pendapat orang lain yang sebenarnya dapat membantu memunculkan suatu peluang atau ide ide yang lebih menarik bagi usahanya.

8. Memiliki komunikasi yang baik 

Berwirausaha biasanya membutuhkan komunikasi dengan banyak orang, dengan berkomunikasi baik maka wirausaha bisa maju dan sukses. Untuk itu jangan pasif, namun berusahalah terus selalu belajar untuk berkomunikasi dengan orang banyak dan dengan orang hebat. Sebab bagi seorang wirausaha, komunikasi adalah jalur terpenting untuk mendapatkan suatu channel dan mendapatkan peluang yang lebih baik dari yang ada saat ini dan menjalin sebuah networking yang bagus.

9. Seorang wirausahawan sukses memiliki sifat sabar 

Dengan adanya sifat sabar ini maka mampu melayani pelanggan dengan baik, selain itu jika ada masalah dalam usaha anda maka bisa mencari solusi dengan kepala yang dingin. Tidak cepat mengambil kesimpulan jangka pendek, namun dia mampu mengambil kesimpulan dengan kepala dingin akan apa yang tengah dialaminya saat ini. Sehingga usahanya akan dapat melaju pesat seiring dengan kesabarannya dalam membangun dan merintis usahanya dari nol dengan penuh kesabaran dan mengerti akan arti sebuah proses.

10. Memiliki kepercayaan diri dan keyakinan yang tinggi

Seorang wirausaha yang akan sukses memiliki kepercayaan diri yang tidak mudah goyah dengan beragam kegagalan, walaupun sudah jatuh berulang- ulang kali maka akan selalu mengumpulkan kepercayaan dirinya untuk bangkit menuju kesuksesan. Setelah mengetahui ciri- ciri seorang wirausaha diatas maka anda bisa memastikan ciri- ciri tersebut melekat pada anda yang ingin menjadi wirausahawan, selain itu seorang wirausaha harus memiliki rasa tanggung jawab yang lebih dan memiliki passion dalam bidang usahanya.