10 Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru Kering Yang Harus Diwaspadai

Posted on

Tubuh makhluk hidup sudah didesain sesempurna mungkin oleh Sang Pencipta, tak terkecuali manusia. Di dalam tubuh manusia terdapat beberapa organ tubuh yang sangat penting dan saling membantu untuk keberlangsungan hidup. Salah satu organ penting yang ada di dalam diri manusia adalah paru-paru. Paru-paru memegang peran penting dalam proses pernafasan bagi manusia.

Di dalam paru-paru inilah gas oksigen diedarkan ke seluruh tubuh dan diproses menjadi karbon dioksida dan dikeluarkan dari tubuh. Seperti itu sistem pernafasan manusia terjadi berulang-ulang selama jantung masih berdetak.Akan tetapi, ketika paru-paru tersebut mengalami gangguan, maka kesehatan manusia juga terganggu. Ada kalanya paru-paru tersebut menjadi basah atau menjadi kering.

Hal tersebut dibedakan karena kadar cairan yang berlebih dan kurang. Untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan, mari kenali ciri dari penyakit paru-paru kering agar bisa ditangani dengan baik.Berikut ini merupakan ciri-ciri penyakit paru-paru kering yang bisa dikenali melalui keadaan luar:

Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru Kering

1. Sesak nafas 

Meskipun tidak pernah punya riwayat penyakit asma, seseorang bisa mengalami sesak nafas karena gangguan dari paru-paru yang kurang cairan. Karena paru-paru merupakan salah satu organ yang dibutuhkan untuk alat pernafasan pada manusia maka tidak heran jika paru-paru mengalami gangguan, secara otomatis pernafasan juga terganggu.

2. Berat badan menyusut 

Seperti penyakit lainnya, orang yang mengidap penyakit paru-paru basah menjadi lebih kurus karena nafsu makannya berkurang. Hal ini mengakibatkan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh berkurang.

3. Rentan terkena influenza 

Selain menyebarkan udara ke seluruh tubuh, paru-paru juga berfungsi sebagai pengubah oksigen menjadi karbon dioksida. Ketika paru-paru mendapatkan gangguan, maka sistem dalam paru-paru tidak bisa berjalan dengan baik. Sehingga virus yang terdapat pada udara mudah menyerang.

4. Mudah sekali merasakan lelah 

Tanda selanjutnya ialah orang yang mempunyai penyakit paru-paru basah akan lebih cepat lelah jika dibandingkan dengan orang normal lainnya. Secara umum suatu pekerjaan tersebut bisa diselesaikan oleh orang normal tanpa adanya kesusahan, berbeda ketika dikerjakan oleh penderita paru-paru basah yang cepat kehabisan energi dan merasa mudah lelah.

5. Pada malam hari mengeluarkan keringat dingin 

Dikarenakan paru-paru sudah tidak bisa berfungsi dengan baik, maka kelenjar keringat tidak bisa mengontrol keluarnya keringat.

6. Detakan jantung lebih cepat dan tidak beraturan 

Kendati bukan masalah penyakit jantung, penyakit paru-paru basah juga mempengaruhi kerja jantung yang berfungsi sebagai organ pemompa darah yang disalurkan ke seluruh tubuh. Paru-paru tersebut mempengaruhi kerja jantung karena sistem pernafasan yang pusatnya ada di pneumonia terganggu.

7. Nyeri di bagian dada saat bernafas dalam dan sulit untuk tidur 

Ketika mengambil nafas panjang atau batuk,penderita paru-paru basah akan merasakan nyeri di bagian dadanya.Tak jarang sakit yang diderita pada bagian dada ini menyebabkan sulit tidur.

8. Batuk berdahak 

Paru-paru kering bisa menyebabkan peradangan, sehingga penderita paru-paru kering bisa dilihat dari intensitas batuknya yang lama tidak sembuh dan mengeluarkan dahak. Dahak tersebut merupakan hasil dari peradangan dan zat kimia lainnya.

9. Permukaan kulit menjadi kering 

Kondisi paru-paru yang kekurangan cairan bisa saja mempengaruhi kondisi kulit menjadi kering dan mudah iritasi jika terkena sebuah goresan meskipun goresan tersebut tidak terlalu besar dan membahayakan.

10. Cepat sekali merasakan lelah 

Tanda selanjutnya ialah orang yang mempunyai penyakit paru-paru basah akan lebih cepat lelah jika dibandingkan dengan orang normal lainnya. Secara umum suatu pekerjaan tersebut bisa diselesaikan oleh orang normal tanpa adanya kesusahan, berbeda ketika dikerjakan oleh penderita paru-paru basah yang cepat kehabisan energi dan merasa mudah lelah.

10 ciri-ciri penyakit paru-paru kering diatas memang tampak biasa saja jika tidak diketahui. Paru-paru kering harus segera mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Karena penyakit tersebut bisa membahayakan dan mengancam nyawa penderita. Paru-paru kering terjadi karena adanya kekurangan cairan pada bagian tertentu di dalam paru-paru. Paru-paru kering terkadang dikenali dengan mudah karena gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan penyakit biasa yang dirasakan sehari-hari. Tingkatkan kewaspadaan jika didapati gejala diatas.