10 Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru Basah Yang Sangat Berbahaya

Posted on

Sesuai dengan namanya, paru-paru basah merupakan suatu keadaan dimana di bagian tertentu dari paru-paru yang semestinya hanya diisi dengan udara akan tetapi tercampur dengan cairan. Oleh karenanya paru-paru sebagai salah satu organ tubuh yang paling penting untuk temoat pertukaran udara yang dibutuhkan oleh tubuh tidak berjalan dengan baik. Secara umum, paru-paru basah ini disebabkan oleh serangan virus, jamur dan bakteri.

Ketiga penyebab penyakit paru-paru basah tersebut berhasil menembus sistem kekebalan tubuh dan masuk ke dalam alveolus paru-paru yang merupakan tempat pengubah gas oksigen menjadi karbon dioksida.Kebiasaan atau gaya hidup yang kurang sehat merupakan salah satu faktor terjangkitnya penyakit ini. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan segera.

Untuk itu kenali ciri-ciri penyakit paru-paru basah agar bisa cepat dilakukan pengobatan dan penanganan pada penderita.Gejala penyakit paru-paru basah tidak bisa dilihat secara sekejap dalam waktu yang singkat. Seseorang bisa dikatakan terkena paru-paru basah setelah ditemukannya ciri-ciri penyakit paru-paru basah yang sudah berlangsung selama beberapa tahun. Berikut ini beberapa gejala dan tanda seseorang bisa dikatakan sedang menderita paru-paru basah:

Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru Basah Yang Sangat Berbahaya
1. Batuk yang berlangsung cukup lama 

Tanda yang paling awal seseorang bisa didiagnosis terkena penyakit paru-paru basah ialah terjadinya batuk yang berlangsung lama dan tidak kunjung sembuh. Batuk yang dideritanya tersebut bisa berupa batuk biasa atau batuk berdahak. Meskipun batuk itu juga bisa berasal dari masalah tenggorokan yang terganggu, kemungkinan karena terjadinya paru-paru basah juga bisa saja terjadi. Maka dari itu, segeralah periksakan apabila dijumpai batuk yang tidak kunjung sembuh.

2. Sesak nafas 

Meskipun tidak pernah punya riwayat penyakit asma, seseorang bisa mengalami sesak nafas karena gangguan dari paru-paru yang terisi oleh cairan. Karena paru-paru merupakan salah satu organ yang dibutuhkan untuk alat pernafasan pada manusia maka tidak heran jika paru-paru mengalami gangguan, secara otomatis pernafasan juga terganggu.

3. Munculnya demam menggigil disertai dengan keringat dingin 

Indikasi seseorang terjangkit penyakit paru-paru basah selanjutnya ialah timbulnya demam menggigil yang disertai dengan keringat dingin. Meskipun tidak sedang melakukan aktivitas yang berat, penderita paru-paru basah sangat berpotensi untuk menghasilkan keringat karena ada kelainan pada bagian paru-parunya.

4. Cepat sekali merasakan lelah 

Tanda selanjutnya ialah orang yang mempunyai penyakit paru-paru basah akan lebih cepat lelah jika dibandingkan dengan orang normal lainnya. Secara umum suatu pekerjaan tersebut bisa diselesaikan oleh orang normal tanpa adanya kesusahan, berbeda ketika dikerjakan oleh penderita paru-paru basah yang cepat kehabisan energi dan merasa mudah lelah.

5. Detakan jantung lebih cepat dan tidak beraturan 

Kendati bukan masalah penyakit jantung, penyakit paru-paru basah juga mempengaruhi kerja jantung yang berfungsi sebagai organ pemompa darah yang disalurkan ke seluruh tubuh. Paru-paru tersebut mempengaruhi kerja jantung karena sistem pernafasan yang pusatnya ada di pneumonia terganggu.

6. Merasa ingin muntah 

Orang yang mengidap penyakit paru-paru merasa lebih ingin muntah ketika setelah melakukan pernafasan yang panjang. Tidak lain dan tidak bukan ini merupakan gangguan yang ada pada paru-paru tersebut.

7. Nyeri di bagian dada saat bernafas dalam 

Ketika mengambil nafas panjang atau batuk,penderita paru-paru basah akan merasakan nyeri di bagian dadanya.

8. Nafsu makan turun 

Seperti penyakit lainnya, orang yang mengidap penyakit paru-paru basah menjadi lebih kurus karena nafsu makannya berkurang.

9. Timbul ruam 

Pada kondisi tertentu, paru-paru basah bisa mengakibatkan ruam merah pada beberapa bagian tubuh.

10. Sakit tenggorokan 

Paru-paru basah juga mempengaruhi tenggorokan yang termasuk dalam sistem pernafasan manusia.

Berikut tadi ciri-ciri penyakit paru-paru basah yang bisa dikenali. Perlu adanya bentuk kewaspadaan kepada orang yang dicurigai menderita beberapa gejala diatas. Pertolongan dan penanganan yang cepat terhadap penderita akan sangat membantu untuk pencegahan semakin parahnya penyakit paru-paru basah. Oleh karenanya, penyakit paru-paru basah ini perlu pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Penyakit ini tidak bisa sembuh dengan sendirinya seperti penyakit ringan lainnya tanpa penanganan khusus.