Penyakit kista rahim bisa diartikan sebagai penyakit tumor yang bersifat jinak. Kista rahim bisa terjadi dimana terdapat suatu bagian yang ada di ovarium terisi oleh cairan dan membentuk seperti sebuah kantung. Meskipun tidak masuk dalam daftar tumor ganas, kista rahim ini bisa menyebabkan penyakit-penyakit rahim lainnya yang bisa membahayakan penderitanya, seperti gangguan kehamilan, terikatnya batang ovarium, kanker endometrium dan infertilitas.

Pada rahim perempuan terdapat bagian yang memproduksi sel telur. Bagian tersebut disebut ovarium atau nama lainnya ialah indung telur.Pada perempuan, indung telur terdapat pada bagian kanan dan kiri. Sel telur yang dihasilkan ini akan menjadi janin apabila dibuahi oleh sel sperma yang masuk ke dalamnya. Secara umum, kista rahim ini terbagi menjadi dua macam yakni kista fungsional dan kista patologis.

Kista patologis inilah yang berpotensi untuk terjangkitnya kanker. Menghindari hal itu terjadi sebaiknya kenali terlebih dahulu gejala dan ciri-ciri penyakit kista rahim.Kista rahim atau kista ovarium sebenarnya banyak diderita oleh perempuan, akan tetapi tingkatannya masih tergolong kecil dan bisa hilang sendiri setelah beberapa bulan. Akan tetapi yang berbahaya ialah apabila kista rahim tersebut sudah besar dan berpotensi membahayakan kesehatan penderitanya.

Ciri-Ciri Penyakit Kista Rahim Yang Perlu Diketahui Sejak Dini

Sebaiknya pengetahuan tentang ciri-ciri penyakit kista rahim disosialisasikan kepada masyarakat agar bisa melakukan pencegahan. Berikut ini beberapa gejala kista rahim yang bisa diwaspadai agar bisa memberikan pertolongan secara cepat:

1. Rasa nyeri dan sakit pada pinggul 

Perempuan yang teindikasi penyakit kista rahim akan merasakan nyeri dan kram pada bagian perut dan pinggul. Rasa kram ini bisa dikarenakan kantung ovarium yang sedang tidak normal.

2. Waktu haid yang tidak teratur 

Karena kerusakan pada bagian ovarium yang menghasilkan sel telur, maka siklus datang bulan pada perempuan yang menderita penyakit ini tidak bisa ditentukan secara tepat dengan kata lain mestruasi yang dialami tidak teratur.

3. Perut terasa ada tekanan 

Nyeri akibat keberadaan kantung yang sudah membesar juga mempengaruhi rasa nyeri pada bagian perut. Perut akan terasa ada yang menekan jauh ke dalam.

4. Timbulnya rasa nyeri ketika sedang menstruasi 

Berbeda dengan nyeri menstruasi pada biasanya, nyeri haid atau menstruasi yang dialami oleh penderita kista rahim sangatlah parah hingga terasa ke pinggan bagian belakang.

5. Gerak pinggul tidak normal 

Perempuan yang mengalami kista rahim akan merasakn nyeri yang luar biasa ketika setelah melakukan hubungan intim dan melakukan olahraga yang berat.

6. Gangguan saluran ekskresi 

Saluran pembuangan air kencing dan kotoran menjadi terasa sakit karena adanya tumor yang berkembang di sekitar vagina.

7. Perasaan mual dan ingin muntah 

Keadaan ovarium yang tidak sehat dan mengalami gangguan tersebut mempengaruhi tingkat ketahanan perut. Ovarium sudah tergangggu, maka bawaan ingin muntah.

8. Keluarnya bercak darah 

Tidak menutup kemungkinan kantung yang terdapat pada ovarium tersebut mengalami gesekan yang mengakibatkan keluarnya darah dari kantung tersebut. Sehingga secara samar, vagina mengeluarkan flek darah.

10. Tubuh terasa lemas 

Ketika sudah diserang oleh kista rahim, nafsu makan menjadi berkurang. Oleh karenanya, tubuh penderita kista ini menjadi lemas dan tidak mempunyai kekuatan. Bahkan sampai ada penderita yang mengalami pingsan karena saking lemasnya kondisi tubuhnya. Kista rahim bisa timbul dikarenakan beberapa faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor genetika atau keturunan yang dibawa oleh nenek atau ibu. Sedangkan faktor eksternal meliputi ketidakteraturan siklus datang bulan pada wanita, perut yang terlalu besar, tidak mudah mendapatkan kehamilan. Selain itu, menstruasi dini sebelum umur 11 tahun juga bisa menjadi pemicu terjadinya kista ovarium ini. Penderita hipotiroid dan kanker payudara yang sedang mengalami pengobatan secara kemoterapi juga bisa terjangkit penyakit ini.

Kebiasaan hidup yang sehat dan menjaga kebersihan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan agar terhindar dari bahaya kista rahim. Gejala dan ciri-ciri penyakit kista rahim diatas memang tampak biasa saja. Untuk itu segera lakukan pemeriksaan apabila terjadi hal yang dikuatirkan bisa menyebabkan kista rahim.