10 Ciri-Ciri Penyakit Herpes Kulit Yang Harus Segera Diobati

Posted on

Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang menyerang permukaan kulit dengan menyebabkan peradangan. Pernyakit herpes ini juga disebut sebagai cacar air, penyakit ini tergolong penyakit ringan jika daerah yang terjadi herpes ini kecil dan daerah yang tidak sensitif. Namun jika bagian kulit anda yang terkena herpes cukup besar, maka penyakit ini tidak bisa dihiraukan.

Sebab penyakit herpes ini sangat mudah menjalar dan menular hanya dengan sentuhan kulit saja. Sebagai contoh, jika anda pernah terkena herpes pada bagian lipatan kulit, pasti kedua sisi kulit mengalami herpes karena bagian lipatan tersebut kerap bersentuhan.Belum lagi jika yang terkena penyakit herpes adalah bagian bagian sensitif pada tubuh anda, seperti herpes pada wajah dan selangkangan.

Yang paling berbahaya dari penyakit herpes ini adalah herpes yang menyerang kulit kemaluan, atau biasa disebut juga dengan herpes genital.Ciri ciri penyakit herpes kulit ini memang sangat umum dan sulit dikenali pada awal awal anda terserang virus penyebab herpes. Karena ciri ciri herpes kulit yang terjadi hanya seperti iritasi kulit biasa pada awalnya. Anda harus mengenal tanda tanda atau ciri ciri penyakit herpes ini untuk menghindari penyakit herpes menular ke bagian lain atau ke orang lain.

Ciri-Ciri Penyakit Herpes Kulit Yang Harus Segera Diobati

Agar ha tersebut tidak terjadi, anda wajib mengetahui gejala awal jika terserang penyakit herpes ini. Dalam menyerang kulit, penyakit ini memang tidak permanen. Tetapi jika menyerang bagian bagian kulit yang sensitif seperti bagian wajah dan daerah kelamin tentu akan sangat mengganggu. Bahkan untuk herpes yang menyerang bagian kelamin, diperlukan penanganan serius dan juga cepat sebelum virus menyebar. Berikut ini ciri ciri penyakit herpes kulit yang harus anda perhatikan :

1. Kulit gatal 

Gejala yang satu ini memang sangat sulit untuk mengetahui apakah gatal yang kita rasakan karena gejala penyakit herpes. untuk itu anda tidak boleh menghiraukan begitu saja rasa gatal pada kulit anda. untuk penyakit herpes, rasa gatal yang terjadi biasanya menyerang titik yang sama dan jangka waktunya agak lama.

2. Mengalami ruam merah

 Setelah timbul rasa gatal pada kulit yang berkelanjutan, biasanya akan disusul permukaan kulit mengalami ruam merah yang menandakan kulit anda mulai terkena peradangan yang disebabkan virus herpes. untuk itu sebaiknya anda memberikan obat gatal dan tidak menggaruknya karena dapat menyebabkan peradangan bertambah parah.

3. Muncul bintik bintik merah 

Bintik kecil ini berwarna merah seperti setelah digigit nyamuk. Namun untuk gejala herpes, biasanya bintik ini berjumlah banyak dan hampir merata pda satu area kulit yang mungkin terkena herpes. Obat atau bedak gatal masih direkomendasikan untuk mencegah perkembangan virus lebih jauh lagi.

4. Kulit menggelembung berisi cairan 

Setelah rasa gatal yang semakin hebat ditambah dengan munculnya bintik bintik merah, biasanya permukaan kulit anda akan mulai menggelembung dan di dalam kulit yang menggelembung tersebut biasanyaterdapat cairan. Jika sudah terjadi gelembung gelembung air pada kulit ini sebaiknya jangan anda pecahkan. Disamping dapat menimbulkan bekas luka yang sulit dihilangkan, hal tersebut dapat membuat virus semakin berkembang.

5. Kulit terbakar 

Bagian kulit yang terserang herpes biasanya akan timbul rasa gatal yang luar biasa dan ditambah dengan adanya gelembung gelembung berisi cairan. Jika dibiarkan saja maka penyakit herpes ini bisa semakin parah dan dapat menimbulkan rasa kulit seperti terbakar.

6. Demam 

Salah satu gejala herpes yang sering dialami adalah demam pada tubuh.

7. Menggigil 

Rasa menggigil ini juga dapat terjadi pada anda yang terkena herpes karena daya tahan tubuh yang menurun.

8. Sakit kepala atau pusing 

Pusing memang gejala umum setiap penyakit, namun seringkali penyakit herpes ini juga menyebabkan sakit kepala atau pusing.

9. Flu

Karena memang mengganggu daya tahan tubuh maka anda akan lebih mudah terserang flu.

10. Batuk pilek 

Batuk pilek pada herpes juga disebabkan oleh menurunya daya tahan tubuh akibat virus herpes.

Demikian tadi ciri ciri penyakit herpes kulit yang harus anda ketahui agar dapat mencegah penyakit herpes menyebar ke bagian kulit lain atau bahkan kepada orang lain. Mengingat herpes dapat dengan mudah menular melalui sentuhan kulit ke kulit.