6 Ciri Ciri Organisasi Yang Baik dan Efektif Serta Efisien

Posted on

Organisasi merupakan sebuah kata yang berasal dari Yunani yaitu Organon atau yang memiliki arti anggota suatu badan. Adapun seorang ahli bernama Max Weber mengatakan bahwa organisasi yaitu suatu hubungan struktur yang mana didalamnya memiliki tugasnya masing-masing sesuai dengan fungsinya.

Dan teori dari organisasi ini muncul di abad 19 yang berasal dari zaman revolusi Inggris dan juga lahirnya banyak perusahaan di Amerika Serikat. Dalam organisasi para anggota harus menjalankan tugas mereka sesuai dengan fungsinya serta dimana mereka di pengaruhi dan mempengaruhi orang yang berada didalamnya. Dan inilah arti dari organisasi tersebut.

Organisasi memiliki juga memiliki tujuan yang bermakna bahwa setiap orang memiliki suatu kepentingan dan dengan adanya organisasi ini maka semua orang yang terlibat didalamnya bisa menyatukan kepentingan serta tujuan mereka yang berbeda-beda untuk menjadikannya sebagai tujuan bersama.

Ciri Ciri Organisasi Yang Baik dan Efektif Serta Efisien

Dan adanya organisasi ini dapat berpengaruh untuk mengembangkan organisasi dengan baik, pencapaian yang ingin diwujudkan dalam. suatu organisasi. serta adanya perekrutan anggota. Dan itulah yang menjadikan tujuan dari organisasi ini dibuat. Berikut ini merupakan beberapa tujuan dari organisasi :

  • Dapat mengatasi kekurangan dari seseorang serta mencapai suatu tujuan bersama
  • Sebagai suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama yang lebih efektif karena dilakukan bersama.
  • Sebagai suatu wadah untuk menjadi seorang pengurus dan memiliki tugas
  • Sebagai wadah dalam mencapai keuntungan bersama
  • Tempat untuk mengelola suatu anggota badan bersama-sama
  • Sebagai salah satu cara untuk mendapatkan penghargaan.
  • Tempat untuk turut andil dalam suatu perkumpulan dan disinilah seseorang bisa mendapatkan apa yang diimpikannya
  • Untuk menambah teman dan untuk memanfaatkann waktu luang dengan hal yang positif.

Seperti yang telah dikatakan Simon pada.tahun 1997 yang mana untuk mewujudkan target sebuah organisasi maka pentingnya orang yang berada di tingkat paling bawah. Alasannya sendiri yaitu karena orang tersebut memiliki arti yang besar dalam menentukan kelangsungan dan juga teewujudnya suatu mimpi bersama.

Tentunya para anggota yang berada dalam suatu organisasi memiliki tujuan yang berbeda-beda. Namun untuk tujuan yang paling besar dalam suatu organisasi ini yaitu ingin mendapatkan penghasilan serta ingin mendapatkan jabatan tinggi. Walaupun begitu tak sedikit orang yang turut dalam suatu organisasi karena ingin menambah pergaulan.

Ciri-ciri organisasi yang baik dan efisien

Sebuah perkumpulan tentunya.memiiliki ciri-cirinya sendiri yang mana dalam mendaparkan suatu mimpi yang mereka inginkan dan juga dalam mencapai.apa yang menjadi tujuan mereka.secara bersama-sama. Dan berikut ini beberapa ciri-ciri dari organisasi yang baik dan efektif yang bisa Anda simak :

1.  Memiliki Tujuan Bersama

Dalam suatu organisasi tentunya memiliki tujuan yang ingin dicapai bersama. Dan tujuan dari organisasi tersebut harus diumumkan oleh seseorang yang layak dan pantas untuk dijadikan pemimpin. Namun tak berarti para anggota tak memiliki hak untuk menyampaikan apa yang mereka inginkan dan harapkan. Dengan adanya hal ini maka akan lebih mudah untuk organisasi mewujukan tujuan bersama.

Adapun dengan adanya organisasi ini maka suatu pencapaian yang ingin diwujudkan akan lebih mudah terpenuhi. Organisi yang baik yaitu yang memiliki tujuan yang sama antara satu dnegan yang lainnya, terlebih lagi bagi anggota baru. Seperti contoh ketika sebuah perusahaan berdiri tentunya hal yang ingin diwujudkan yaitu bagaimana untuk bisa mensejahterkan para karyawan dan untuk memneuhi kebutuhan makan dan minuma mereka dan keluarga. Dan ini yang dilakukan pemimpin dan para anggota untuk mencapai tujuan tersebut. dengan bekerja keras.

2.  Memiliki tugasnya masing-masing

Setiap anggita dalam suatu organisasi pastinya memiliki tugasnya masing-masing sesuai dengan kemampuan setiap anggota. Dengan adanya tugas yang diberikan pada setiap anggota serta memiliki kemampuannya sendiri maka akan lebih mudah untuk menujudkan suatu tujuan organisasi. Selain itu juga dengan adanya pembagian tugas yang telah diatur sedemikian rupa, maka dapat tercipta sebuah hubungan kerja sama yang baik dan merata secara professional.

3.  Saling kerjasama satu sama lain

Ciri-ciri dari organisasi yang baik dan efektif tentunya yaitu kerjasama. Dalam suatu organisasi sangat dibutuhkan suatu kerjasama yang baik. Dengan tidak adanya kerjasama yang baik dalam suatu organisasi tentunya sangat sulit untuk bisa mencapai suatu target yang diinginkan. Dalam suatu organisasi anggota yang dibutuhkan tentunya lebih dari dua orang. Hal ini tentunya baik untuk bisa mewujudkan suatu pencapaian yang diinginkan, dan ini perlu kerjasama yang baik dari setiap anggotanya.

4.  Peraturan yang jelas

Dalam suatu organisasi yang baik maka diperlukan peraturan yang jelas. Untuk peraturannya sendiri biasanya di buat ketika sebuah organisasi sudah terbentuk. Adapun alasan peraturan ini dibuat sebagai suatu alat untuk mengatus setiap anggotanya untuk saling bekerja sama dalam membantu satu sama lain agar lebih efisien, bertanggung jawab serta lebih efektif. Adanya peraturan ini dibuat agar setiap anggotanya ini tahu apa yang baik dan salah untuk dilakukan dalam suatu organisasi.

5.  Memiliki anggota yang jelas

Ciri-ciri dari organisasi yang baik dan efektif yang selanjutnya yaitu yang memiliki jumlah anggota yang jelas. Dalam suatu organisasi diperlukan anggota yang jelas dan memiliki tugasnya masing-masing. Minimal anggota dalam sebuah organisasi yaitu minimal dua orang . Untuk perekrutan anggota sangat penting untuk memilih yang terbaik yang mana hal ini dilakukan dengan melakukan sejumlah uji tes kelolosan, agar bisa mendapatkan anggota yang jelas sesuai dengan apa yang diinginkan oleh sebuah organisasi. Selain itu juga organisasi yang baik tentunya memiliki identitas yang jelas baik itu dari latar belakang, tujuan dan juga fungsinya sendiri. Dengan adanya hal ini maka akan semakin mudah suatu organisasi dalam mewujudkan suatu tujuan.

6.  Adanya struktur organisasi yang jelas dan terarah

Organisasi yang baik yaitu memiliki struktur yang jelas dan terarah. Dalam hal ini yaitu adanya pembagian tugas yang jelas pada setiap anggotanya seperti ketua, bendahara, sekretaris, serta divisi lainnya yang sudah memiliki tugasnya masing-masing. Sehingga dengan begitu akan jelas bagaimana organisasi terkoordinasi dan juga lebih terarah.

Tentunya dengan adanya ciri-ciri organisasi yang baik dan efektif yang telah diberikan bisa menjadi salah satu hal yang dapat mewujudkan keinginan dan tujuan bersama. Tak hanya itu saja, suatu organisasi akan lebih baik jika dilakukan secara bersama-sama yang mana hal ini bisa menjadi salah satu senjata yang dapat membantu untuk memperoleh suatu pencapaian.

Suatu organisasi tidak akan bisa berjalan tanpa adanya kerja keras dan juga kerjasama yang terjalin, dan hal ini yang perlu di ketahui bahwa setiap anggota yang memiliki tugasnya masing-masing tahu apa fungsi dari jabatan yang dimiliki dan hal ini memiliki hubungan yang erat antara anggota yang nantinya bisa menjadi salah satu hal yang membantu untuk memperoleh suatu pencapaian yang menguntungkan bagi setiap anggota dan organisasi.