10 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Pada Ibu Hamil Yang Harus Dipahami

Posted on

Kolesterol tinggi adalah salah satu yang begitu dihindari khususnya untuk ibu hamil.Memang pada kenyataanya kolesterol ini begitu dibutuhkan oleh tubuh, namun kadarnya tentu sesuai dengan kebutuhan. Apabila terjadi peningkatan kolesterol dampaknya akan sangat buruk karena rentang mengalami sakit jantung.

Wanita hamil memang sangat mudah terjadi perubahan tidak hanya pada kadar kolesterol tetapi juga hormone yang ada pada tubuh. Hal ini terjadi secara alami saat sedang dalam masalah kehamilan.Untuk itu, anda harus memahami ciri kolesterol tinggi pada ibu hamil.Hal ini sangat dibutuhkan khususnya untuk ibu hamil agar bisa terus berada pada kondisi kesehatan yang terbaik.

Bila kolesterol ini menyerang ibu hamil maka ini akan sangat berbahaya dan mengancam kehamilan. Beberapa hal yang bisa timbul akibat dari kadar kolesterolnya yang tinggi pada ibu hamil diantaranya seperti sesak napas, mudah sekali lelah, menghambat aliran darha, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya bisa muncul.

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Pada Ibu Hamil Yang Harus Dipahami

Itu semua dampaknya tentu saja terhadap kandungan atau janin.Makanya penting untuk menjaga kondisi kesehatan ibu hamil. Tujuannya agar kehamilan selalu sehat dan anak bisa lahir dalam keadaan normal dan sehat.Bagi anda yang sedang hamil wajib tentunya mengenali gejala atau ciri kolesterol tinggi pada ibu hamil.

Hal ini bisa dijadikan sebagai acuan agar anda bisa melakukan langkah antisipasif sebelum bahaya kolseterol tinggi seperti yang disebutkan tadi datang. Ciri-cirinya diantaranya :

1. Rasa berat pada tengkuk 

Terkadang gejala atau ciri awal anda tidak akan mengalami rasa sakit di kepala. Akan tetapi lebih sering merasakan beban berat pada tengkuk atau pegal pada pundak.Ini bisa terjadi lantaran oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh tidak bisa maksimal.Terjadi karena adanya penyempitan bagian pembuluh darah akibat kolesterol yang menumpuk.

2. Cepat ngantuk 

Penyempitan pada pembuluh dara membuat terjadinya penutupan yang menghambat masuknya oksigen ke dalam tubuh untuk sampai otak.Hal ini lantas memberikan dampak ngantuk yang berkepanjangan.Segera periksakan bila kedapatan mengalami lelah, lesu dan letih.

3. Mudah capek atau lelah 

Kolesterol dengan kadar yang tinggi ternyata bisa menggangu organ vital lainnya. Sehingga mudah sekali merasa lelah, bahakan setelah bangun tidur anda masih bisa merasakan kelelahan.

4. Sakit kepala 

Kolesterol tinggi juga menyebabkan pembuluh darah mengalami pengerasan. Di mana akan membuat ibu hamil sering merasa sakit kepala.

5. Sering kesemutan 

Tidak hanya ibu hamil, semua orang yang punya kolesterol tinggi akan mudah sekali mengalami kesemutan. Oksigen yang kurang aliran darah yang tidak lancar kemudian membuat anda mengalami kesemutan.

6. Nyeri di bagian dada 

Ibu hamil yang mempunyai kolesterol tinggi akan rentan terhadap rasa nyeri di dada. Tidak lain ini dikarenakan lemak menumpuk di arteri yang membuat darah masuk ke jantung sedikit terhambat.

7. Susah nafas 

Gangguan pernapasan bisa dialami akibat dari kolesterol dengan level yang tinggi. Kenyataan ini sama halnya dengan nyeri bagian dada tadi bahwa ada penumpukan di arteri. Jantung tidak bisa bekerja dengan maksimal dan oksigen yang masuk menjadi terbatas. Ini sangat sering dialami ibu hamil dengan kadar kolesterol yang tinggi.

8. Sakit pada bagian tangan dan kaki 

Tidak hanya di dada atau tengkuk yang kedapatan timbul rasa sakit. Mengalami kolesterol tinggi juga membuat baikan anggota tubuh lainnyayakni tangan dan kaki menjadi sakit.

9. Tidak stabil/ kehilangan keseimbangan

Tidak seimbang disini dimaksudkan pada kondisi tubuh penderita kolesterol tinggi. Ibu hamil yang punya masalah kolesterol ini cenderung akan membuat tubuhnya tidak berada pada posisi stabil. Dan akan mengalami dampak yang buruk apabila tidak segera ditangani.

10. Mengalami kram yang sering 

Pendarahan yang tidak lancar membuat pembuluh tersumbat kemudian dampaknya adalah berupa kram.Makanya ibu hamil sangat disarankan untuk sering melakukan olahraga, meskipun itu hanya sekedar olahraga ringan saja.

Demikian tadi beberapa ciri kolesterol tinggi pada ibu hamil.Lebih baik anda melakukan pencegahan agar tidak bertambah dengan berbagai gangguan lainnya. Ibu hamil harus selalu waspada akan kolesterol tinggi yang terbilang sangat rentan dihadapi. Ini akan sangat penting untuk bisa menjaga kehamilan dan janin agar selalu sehat. Sebab banyak kasus yang telah terjadi bahwa kolesterol pada ibu hamil bisa berdampak pada serangan jantung. Semoga apa yang diberikan bisa memberikan manfaat bagi pembaca khususnya ibu hamil.