10 Ciri-Ciri Kanker Usus Besar dan Lambung Stadium Awal

Posted on

Salah satu penyakit mematikan di dunia yang juga banyak memakan korban di Indonesia adalah penyakit kanker. Kanker ini dikenal sebagai penyakit yang memang sangat berbahaya hingga menyebabkan kematian jika lambat ditangani. Penyakit kanker sendiri menyerang berupa sel sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh. Sel sel kanker ini muncul karena pertumbuhan sel sel jaringan tubuh kita yang tidak normal.

Jenis penyakit kanker sendiri ada banyak yang sering kita dengar. Mulai dari kanker kulit, kanker hati, kanker rahim, kanker payudara, hingga kanker otak.Selain jaringan pada organ organ di atas, jenis kanker yang juga berbahaya adalah kanker yang menyerang organ pencernaan kita seperti kanker usus besar dan lambung.Kanker ini memang sangat sulit untuk dideteksi tanpa pemeriksaan dokter.

Karena jika sampai penyakit kanker ini berlanjut dan memasuki stadium yang lebih parah maka pengobatan akan semakin sulit dilakukan dan kemungkinan untuk menghilangkan sel sel kanker ini juga sangat kecil.Penyakit kanker memang sangat berbahaya karena sel sel kanker ini menggerogoti jaringan jaringan dalam usus besar dan lambung serta menyerang sel sel jaringan lain yang berguna untuk melawan kanker itu sendiri,

Ciri-Ciri Kanker Usus Besar dan Lambung Stadium Awal

Oleh sebab itu pencegahan dan pengobatan kanker sangat diperlukan untuk membunuh dan menghentikan perkembangan sel sel kanker. Berikut ini ciri ciri kanker usus besar dan lambung yang harus anda waspadai :

1. Perut kembung dan sering bersendawa

Ciri ciri yang paling awal dari penyakit kanker usus besar dan lambung ini adala kembung yang menyebabkan sering bersendawa. Meski hal ini wajar, tapi frekuensi tinggi terjadinya gejala tersebut bisa saja merupakan gejala dari kanker usus besar dan lambung.

2. Nyeri dan juga kram pada perut

Rasa sakit pada perut berupa nyeri kram atau nyeri yang muncul tanpa adanya sebab yang jelas ini bisa saja merupakan gejala kanker usus besar dan lambung. Jika rasa kram atau nyeri ini muncul disebabkan oleh kegiatan seperti olah raga yang berlebihan anda tidak perlu khawatir.

3. Rasa mual

Rasa mual memang gejala dari banyak macam penyakit. Rasa mual ini ternyata juga salah satu gejala yang dialami penderita kanker yang menyerang pencernaan tubuh kita seperti kanker usus besar dan lambung ini.

4. Muntah

Karena rasa mual yang terus menerus maka kemungkinan besar akan mengalami muntah muntah, muntah dengan disertai cairan atau lendir yang berlebihan juga merupakan salah satu tanda tanda penyakit kanker usus besar dan lambung.

5. Tubuh cepat merasa lelah

Jika anda sering kali merasa lelah padahal tidak melakukan pekerjaan yang berat maka anda sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter. Bisa jadi hal tersebut salah satu gejala dari kanker usus besar dan lambung yang dapat menyerang anda.

6. Adanya darah pada tinja 

Jika organ organ pencernaan pada tubuh sudah mulai terserang kanker seperti kanker usus besar dan lambung, bisa saja saat uang air besar kotoran akan bercampur darah.

7. Pendarahan pada anus

Pendarahan pada anus ini dapat saja terjadi akibat proses pencernaan yang sudah tidak normal lagi.

8. Nafsu makan yang menurun

Karena rusaknya sel sel penghasil berbagai hormon dalam perut, maka akan sangat mempengaruhi nafsu makan.

9. Menurunya berat badan

Penyakit kanker memang sangat identik dengan menurunya berat badan penderita secara drastis.

10. Muncul gangguan pada pencernaan

Gangguan pencernaan seperti frekuensi buang air besar dan juga diare. Buang air besar yang terlalu sering dan kepadatan kotoran yang tidak normal.

Itulah beberapa ciri ciri kanker usus besar dan lambung yang dapat terjadi pada semua orang. Meskipun gejala gejala tersebut merupakan gejala umum yang biasa terjadi pada manusia, namun anda harus tetap waspada saat mengalami gejala gejala tersebut apalagi jika sering mengalami ciri ciri di atas.