Ciri-ciri kanker serviks stadium awal mungkin memang sebagian besar orang jarang merasakannya. Hal tersebut biasanya akan lebih terasa dan terlihat nyata apabila kanker serviks telah memasuki ke tahap stadium lanjut. Kanker serviks pada umunya selalu dikenal dengan kanker leher rahim. Lokasi kanker tersebut terdapat di jaringan leher rahim (yaitu organ penghubung rahim serta vagina).

Hal itulah yang biasanya menjadi suatu pembunuh yang sangat menakutkan dan ditakuti oleh semua wanita yang ada di dunia.Kanker serviks di tahap awal memang sangat sulit untuk di deteksi, tetapi apabila seorang wanita telah diketahui bahwa ia menderita kanker serviks stadium lanjut, maka hal itu akan sangat sulit untuk ditangani.

Berikut ini beberapa faktor yang harus Anda jauhi agar terhindar dari kanker serviks, diantaranya karena berhubungan badan dengan pasangan yang berbeda,berhubungan bebas pada usia muda, melahirkan banyak anak, mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah, merokok dan menggunakan pil KB atau kontrasepsi oral.

Ciri-Ciri Kanker Serviks Stadium Awal

Ciri-ciri kanker serviks stadium awal sangat jarang dirasakan oleh orang yang menderita kanker tersebut. Bahkan bisa dibilang mustahil jika ada wanita yang merasakan dan menemukan beberapa ciri kanker serviks yang ada pada tahap stadium awal.Dikarenakan tidak adanya tanda-tanda yang terlalu berarti di tahap stadium awal ini, maka tak ada salahnya jika para wanita di sarankan melakukan berbagai macam tes rutin contohnya yaitu seperti pemeriksaan sel HPV leher rahim.

Dengan melakukan rangkaian tes yang disarankan ini maka prognosis atau kesempatan pemulihan akan lebih besar apabila sel kanker serviks lebih awal ditemukan. Berikut beberapa ciri-ciri kanker serviks stadium awal yang bisa saja anda sepelekan dan tidak diperhatikan dengan serius

1. Rasa nyeri pada mulut rahim 

Pada tahap stadium awal, ciri–ciri kanker serviks yang biasanya di derita oleh wanita yairu rasa nyeri pada mulut rahim. Rasa sakit ini tidak begitu sering dialami atau dirasakan sehingga hal tersebut masih bisa di tahan oleh si penderita. Namun apabila dibiarkan begitu saja, rasa sakit akanlebih sering terjadi serta semakin terasa sakit hingga tak dapat ditahan lagi.

2. Pendarahan yang tak normal 

Wanita yang divonis mengidap penyakit kanker serviks tahap stadium awal dapat dilihat dari adanya pendarahan yang tak normal di organ genital. Pendarahan tersebut pada umumnya terjadi diluar siklus menstruasi.

3. Keputihan abnormal 

Wanita yang mengalami keputihan abnormal harus lebih waspada. Keputihan yang ditandai dengan aroma yangtidak sedap, berwarna, serta sangat berlendir bisa dipastikan bahwa hal itu merupakan ciri mengidap kanker serviks.

4. Nyeri panggul 

Nyeri panggul bisa dirasakan dengan sakit yang sangat luar biasa serta terjadi di luar siklus menstruasi.

5. Sakit ketika berhubungan intim 

Ciri lainnya dari kanker serviks adalah merasakan sakit ketika berhubungan intim. Rasa sakit tersebut biasanya disertai dengan rasa perih.

6. Hilangnya nafsu makan 

Hilangnya nafsu makan disebabkan karena kondisi tubuh yang semakin sulit untuk menerima asupan makanan. Hal tersebut akibat adanya penyebaran sel–sel kanker.

7. Mengalami gangguan pencernaan 

Kanker serviks ternyata berdampak pula pada saluran pencernaan. Saluran pencernaan menjadi terganggu serta tak jarang orang yang menderita kanker serviks akan mengalami sembelit.

8. Sulit buang air kecil 

Kondisi yang satu ini pada umumnya disebabkan karena ketika buang air kecil orang yang mengidap penyakit kanker serviks mengalami rasa sakit. Sehingga hal tersebut mengakibatkan sulitnya buang air kecil.

9. Mudah lelah 

Rasa lelah akan muncul meskipun orang yang menderita penyakit kanker serviks tidak banyak melakukan aktivitas atau kegiatan apapun. Hal tersebut karena kondisi tubuh yang semakin melemah.

10. Pendarahan menstruasi yang lebih lama dari biasanya 

Sebagian besar orang selalu mengalami pendarahan banyak pada saat menstruasi di hari pertama. Namun hari-hari berikutnya semakin berkurang. Tetapi jika Anda mengalami pendarahan yang lebih panjang dan lebih lama dari biasanya hal ini harus Anda waspadai. Bisa saja hal tersebut karena Anda menderita kanker serviks yang berbahaya.