10 Ciri-Ciri Jantung Lemah Pada Wanita dan Jangan Dianggap Remeh

Posted on

Jantung, organ vital yang perannya sangat penting dalam membantu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh manusia.Organ tubuh satu ini sangat kecil, tetapi fungsinya begitu besar dalam sistem tubuh manusia.Tidak heran, gangguan terhadap organ satu ini sangat dihindari dan tidak ingin diperoleh.Akan tetapi, gangguan itu bisa datang kapan saja, dan tidak ada yang mengetahuinnya.

Resiko jantung lemah bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada wanita. Dari situlah sebagai seorang wanita tentu harus tahu dan mengenali ciri atau gejala jantung lemah tersebut. Untuk itu penting diketahui, ciri-ciri jantung lemah pada wanita.Ini merupakan keadaan di mana jantung tidak bekerja dengan maksimal. Dimana kemampuan dalam memompa dan menyalurkan oksigen dan darah ke seluruh tubuh menurun.

Ketika jantung mulai dalam keadaan lelah maka darah yang seharunya dipompa jutru kembali ke pembuluh darah.Hal ini kemudian membuat nafas menjadi terganggu dan bisa beresiko sesak nafas. Sering ditemukan kasus di mana ketika sedang asik berolahraga kemudian mengalami kondisi sesak nafas. Selain itu hal yang bisa terjadi saat sedang dalam posisi tidur.

Ciri-Ciri Jantung Lemah Pada Wanita

Ada berbagai gejala atau ciri ciri jantung lemah pada wanita. Semuanya itu tentunya harus diwaspadai agar tidak berdampak pada hal yang tidak diinginkan seperti serangan jantung. Posisi kelelahan adalah kunci yang harus dipegang, karena jadi faktor penentu anda mendapatkan jantung lemah. Selain itu, berikut adalah ciri –ciri jantung lemah pada wanita :

1. Nafas menjadi pendek 

Jantung lemah akan membuat nafas menjadi pendek. Dalam berbagai aktivitas anda akan merasakan hal ini. Dikarenakan kondisi kontraksi pada jantung yang tidak bisa memompa darah sesuai fungsinya.Sehingga membuat sesak organ pernapasan yakni paru-paru.

2. Sering batuk 

Batuk bisa disebabkan oleh berbagai hal.Namun kalau anda punya batuk yang itu terjadi dalam waktu yang lama.Anda patut mencurigai dan segera periksakan kepada ahli.Bisa jadi itu menjadi ciri dari jantung lemah.

3. Sakit kepala 

Jantung tugasnya memompa darah dan menyalurkan oksigen.Jika terjadi jantung lemah maka oksigen yang masuk ke otak menjadi berkurang. Dampaknya anda akan mengalami pusing atau sakit kepala.

4. Mudah lelah 

Kelelahan memang bisa menimbulkan berbagai masalah.Nah, salah satunya adalah jantung remah.Lantaran oksigen tidak bisa disalurkan dengan maksimal.

5. Detak jantung tidak karuan 

Secara medis ini disebut dengan aritma.Jantung yang detaknya tidak karuan menujukkan anda punya jantung yang lemah. Segera cari cara untuk mengatasinya agar tidak beresiko.

6. Kaki bengkak 

Jantung yang lemah ternyata juga akan menggagu organ lain seperti ginjal. Sehingga banyak menumpuk garam dan air. Hasilnya kaki akan menjadi bengkak karena darah yang terhambat.

7. Tekanan darah menjadi tinggi/ rendah

Penyakit yang menyarang jantung sangat berkaitan erat dengan darah tinggi.Akan tetapi, sebetulnya jantung lemah yang menyarang wanita ini lebih dekat dengan darah rendah. Jantung yang memompa dengan lemah akan berbanding lurus dengan lemahnya tekanan darah.

8. Dada sakit layaknya ditindih 

Setelah beraktivitas bila anda mengalami jantung lemah maka akan seperti terjadi tekanan di bagian dada. Ini sering terjadi dan sebaiknya diwaspadai karena bisa menjadi awal dari penyakit lain seperti jantung coroner.

9. Bunyi jantung mendesir 

Menderita jantung lemah akan merasakan jantungnya seperti berbuyi mendesir. Ini akan sangat terasa bila anda mencoba mendengarkannya menggunakan stetoskop.

10. Berkurangnya nafsu makan 

Kebanyakan orang yang menderita jantung lemah tidak mempunyai berat badan yang proposional.Lantaran, keadaan yang mana membuat nafsu makan menjadi sangat sedikit. Jadi penderita akan mempunyai kesan seperti kenyang padahal hanya makan sedikit. Ini gangguan yang ditimbulkan dari jantung lemah.

Jangan pernah menyepelekan gangguan yang terjadi di tubuh anda. Jantung lemah ini dampaknya bisa lebih parah dan berujung serangan jantung atau jantung koroner.Jika diketahui ciri ciri seperti di atas, lebih baik segera berkonsultasi pada dokter yang lebih ahli. Mengatasi gangguan pada jantung tidak mudah tanpa dengan pendampingan dari ahlinya.