10 Ciri-Ciri Flu Singapura Pada Anak Anak, Bayi dan Balita

Posted on

Salah satu penyakit yang sedang banyak diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia adalah flu singapura. Penyakit ini diberi nama flu singapura karena wabah penyakit ini pernah berada di singapura, sehingga banyak sekolah serta berbagai fasilitas umum ditutup karena penyakit tersebut, sehingga penyakit tersebut disebut sebagai flu singapura.

Flu singapura sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus sehingga menyebabkan adanya luka seperti misalnya sariawan yang banyak muncul di bibir serta mulut di bagian dalam, adanya luka lepuh yang muncul di bagian tangan, kaki, serta biasanya pada bagian bokong, pada anak-anak biasanya muncul pada daerah popok.

Penyebab dari flu singapura sendiri adalah virus sehingga penyakit ini menjadi sangat mudah untuk menular. Penyakit tersebut dapat menular melalui air liur, tinja, dan berbagai cairan tubuh lainnya. ada berbagai ciri-ciri flu singapura pada anak yang harus diketahui oleh para orang tua. Berikut adalah ciri-ciri yang harus diketahui orang tua :

Ciri-Ciri Flu Singapura Pada Anak
1. Demam 

Demam biasanya dikarenakan virusnya telah terinfeksi di tubuh. Biasanya anak-anak akan demam pada malam serta siang hari. Suhu tubuh mereka bisa lebih dari 38 sampai 39 derajat sehingga anak-anak menjadi rewel. Pada tahapan ini, biasanya belum adanya luka di bagian mulut, tangan atau juga kaki.

2. Sakit tenggorokan 

Sakit tenggorokan adalah gejala lain dari flu singapura. Karena sakit tenggorokan, biasanya anak-anak menjadi tidak napsu makan. Mereka akan mengaalmi kesulitan pada saat makan atau juga minum. Pada saat kondisi tersebut, virus telah berkembang pada bagian mulut anak. gejalanya akan lebih cepat berkembang pada bagian tenggorokan, biasanya akan ada bercak merah serta keputihan terlihat seperti sariawan pada bagian dalam tenggorokan.

3. Badan menjadi tidak nyaman 

Infeksi yang berasal dari virus coxsackievirus a menjadikan badan menjadi tidak terasa nyaman. kondisi tersebut biasanya akan membuat anak-anak menjadi lemas dan tidak banyak bergerak.

4. Sariawan 

Ciri selanjutnya adalah sariawan yang biasanya sebagai tanda awal dari infeksi flu tersebut. biasanya sariawan yang muncul disertai demam atau juga badan menjadi tidak terasa nyaman. sariawan yang muncul di bagian bibir, mulut dalam, atau juga gusi. Setelah 24 jam, virusnya akan berkembang dan menjadikan lebih banyak lagi sariawan yang muncul. Biasanya sariawannya muncul dalam jumlah yang banyak dan juga adanya luka di bagian kaki serta tangan.

5. Luka di gusi 

Luka di gusi biasanya akan muncul setelah dua hari virusnya menginfeksi tubuh. Luka yang muncul seperti bisul yang kecil dengan warna putih kemerahan pada seluruh bagian gusi. Hal ini biasanya akan membuat anak-anak menjadi sulit makan serta minum. Lukanya tidak saja perih tetapi juga menjadi sakit pada saat berbicara. Anak-anak menjadi rewel.

6. Luka pada bagian lidah 

Setelah tubuh terinfeksi, akan muncul adanya bercak putih yang merata pada bagian lidah. Selanjutnya, akan ada lingkaran yang kecil dengan warna merah terlihat seperti sariawan di bagian lidah.

7. Luka pipi 

Biasanya luka yang muncul pada pipi bersama dengan luka yang ada pada langit-langit. Luka biasanya akan terjadi di bagian pipi dalam serta luar. Lukanya akan seperti sariawan atau juga jerawat yang jumlahnya banyak.

8. Telapak kaki yang menjadi ruam 

Biasanya telapak kaki akan terlihat ruam merah. Biasanya akan terus menyebar ke seluruh bagian kaki. Yang telah terluka akan membuatnya melepuh.

9. Telapak tangan menjadi ruam 

Ruam yang muncul sama seperti dengan yang muncul pada bagian telapak kaki. Lukanya akan kemerahan yang biasanya diawali dengan luka yang tipis

10. Luka di pantat 

ciri-ciri flu singapura pada anakselanjutnya adalah adanya luka yang ada di bagian pantat, lukanya seperti bekas ruam merah seperti bulatan kecil.