10 Ciri-Ciri Diabetes Basah Yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Posted on

Diabetes di lingkungan masyarakat mempunyai penyebutan yang berbeda beda dalam kaitannya dengan jenis penyakit ini. Di mana diabetes dibedakan menjadi dua yakni diabetes kering dan diabetes basah. Berikut ini akan dibahas mengenai diabetes basah. Ciri-ciri diabetes basah ini sangat berbeda jauh dengan diabetes kering.

Diabetes kering digambarkan dengan keadaan dari penderita yang tidak ada infeksi atau luka.Sedangkan diabetes basa itu sebaliknya, penderita biasanya disertai dengan luka yang itu sembuh dalam waktu yang tidak sebentar atau dapat dikatakan lama penyembuhannya.

Diabetes basah bisa terjadi lantara kadar gula yang terdapat di dalam tubuh penderita begitu tinggi. Sehingga ketika menderita sebuah luka harus segera mendapatkan penanganan agar tidak menghasilkan infeksi yang berlebihan dan akhirnya terjadi pembusukan luka.Ketika terjadi pembusukan pada luka, itu lantaran penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin.

Ciri-Ciri Diabetes Basah Yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Di mana untuk ciri-ciri diabetes basah ini hampir sama tetapi ada beberapa perbedaan kalau dibandingkan dengan diabetes kering.Bisa dikatakan bahwa diabetes basah ini merupakan penyakit yang mempunyai level keparahan lebih dahsyat dibandingkan dengan diabetes kering.

Makanya apa bila tidak dilakukan penanganan bisa berdampak serius bagi tubuh penderitanya. Penyakit ini sangat minim berdampak pada kematian seperti kanker. Tetapi, dalam proses penyembuhan memakan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu berikut akan diulas mengenai ciri dari diabetes basah :

1. Mudah menguap dan mengantuk 

Pertama, orang yang mempunyai diabetes akan mudah sekali ngantuk. Meskipun anda tidak begadang tetapi saja esoknya anda tetapi akan menguap dan mengantuk. Jadi berhati-hatilah bagi anda yang mudah ngantuk.

2. Kerusakan pada gusi 

Kerusakan pada gusi juga menjadi tanda kehadiran dari diabetes. Gusi yang bengkak, terkena iritasi dan berbagai gangguan lainnya pada gusi akan muncul.

3. Gangguan pada kulit 

Rasa gatal akan sering muncul untuk anda yang menderita diabetes. Tetapi, jika anda sudah mengalami diabetes basah, maka rasa gatal ini kecenderungannya akan berdampak terhadap iritasi. Hal ini pulalah yang kemudian memicu terjadinya luka baru yang lama proses penyembuhannya.

4. Mudah lelah 

Hampir sama dengan diabetes kering, diabetes basah penderitanya juga akan mudah lelah dan loyo. Energi yang diperoleh dari glukosa tidak terlalu maksimal diubah menjadi insulin. Sehingga hal ini akan membuat produksi lemak menjadi lebih meningkat dan kecenderungan kekurangan energy yang dipergunakan tubuh dalam beraktivitas

5. Sering merasa kehausan 

Dehidrasi adalah ciri yang selanjutnya dari penyakit diabetes basah ini.Cairan yang masuk di dalam tubuh semuanya digunakan untuk memenuhi kerkurangan glukosa yang terjadi. Sehingga anda akan mudah sekali merasakan kehausan atau biasa disebut dengan dehidrasi.

6. Infeksi 

Berbahayanya diabetes basah ini ialah resiko yang akan ditimbulkan dengan mudahnya terinfeksi jamur. Sistem metabolism tubuh yang sangat lemah membuat rentan terhadap infeksi otot, syarah, dan kulit karena munculnya bakteri seperti clostridium dan sejenisnya.

7. Sering buang air kecil 

Tidak hanya diabetes basah, rupanya diabetes kering juga mengalami masalah sering kencing atau buang air kecil. Hal ini ada hubungannya dengan dehidrasi dan akan membuat penderita minum dengan porsi yang banyak. Otomatis itu akan berpengaruh terhadap seringnya buang air kecil.

8. Luka sulit sembuh

Hanya mengalami masalah sepele seperti gatal ringan pada kulit, bisa menjadi luka yang akan susah disembuhkan. Banyak riwayat penyakit diabetes basah yang seperti ini.Umumnya ini terjadi karena tidak ada penanganan yang baik terhadap luka yang dialami oleh penderita.Bahkan beberapa kasus sampai mengalami pembusukan dan berakhir dengan amputasi.

9. Berat badan menurun drastis 

Berat badan yang mengidap diabetes basah akan cepat menurun. Meskipun bisa dibilang nafsu makannya bertambah banyak dan asupan makanannya begitu baik.

10. Pegal pada otot 

Penderita diabetes basah cenderung mengalami dehidrasi dan membuatnya mudah sekali buang air kecil. Saat malam tubuhnya akan mengalami pegal-pegal yang ini juga bisa dialami oleh seorang dengan diabetes kering.

Demikitan tadi ciri-ciri diabetes basah yang bisa ditemukan.Bila anda mendapati beberapa ciri tersebut dalam diri anda maka sebaiknya berhati-hati dan segera memerikannya pada yang lebih ahli. Bukan bermaksud menakut-nakuti, namun dengan apa yang disampaikan ini anda bisa lebih waspada dengan kesehatan anda. Diabetes ini adalah penyakit yang sepele tetapi kalau sudah sampai tahap akut bisa sangat berbahaya.