10 Cara Terbaik Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat Tanpa Resiko

Posted on

Cegukan adalah salah satu hal yang sangat mengganggu bila tidak segera diatasi. cegukan biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti masuk angin, kebanyakan minum minuman beralkohol, makan terlalu banyak, dan makan terlalu cepat. Jenis cegukan sendiri berdasarkan lama nya ada dua macam, yaitu cegukan ringan dan cegukan keras yang berkelanjutan.

Jika anda mengalami cegukan yang keras dan berkelanjutan, anda harus berhati-hati karena itu artinya anda mengalami gangguan kesehatan, seperti penyakit kronis, gangguan otak, infeksi, gangguan obat-obatan, atau penyakit lainnya.Oleh karena itu jika anda mengalami cegukan sebaiknya segera diatasi agar tidak berkelanjutan. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan cegukan secara efektif.

Memang tidak nyaman kalau kita sedang mengalami cegukan, apalagi kalau kita sedang berada di tempat umum, tentu suasana menjadi semakin tidak enak. Jika anda mengalami cegukan, berikut adalah beberapa cara terbaik menghilangkan cegukan dengan cepat :

Cara Terbaik Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat Tanpa Resiko

1. Tahan nafas

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan cegukan adalah dengan menahan nafas. Hal ini akan meningkatkan kadar karbondioksida di dalam tubuh kita, dan membuat cegukan kita berhenti.

2. Minum air hangat/air biasa 

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan yaitu dengan cara minum air hangat ataupun air biasa, karena air dapat membuat oksigen dan peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar.

3. Gula batu/gula pasir 

Gula dapat membuat otot diafragma menjadi terangsang dan bisa berkontraksi secara teratur, caranya yaitu dengan menghisap gula seperti mengemut permen.

4. Minyak kayu putih 

Sama seperti mengatasi mual atau sakit perut, minyak kayu putih dapat dipakai untuk menghentikan cegukan, yaitu dengan cara diusapkan pada bagian perut dan juga leher.

5. Jeruk nipis 

Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis memiliki khasiat menghilangkan impuls pada syaraf vagus, makanya jeruk nipis bisa dipakai untuk menhilangkan cegukan. Caranya adalah dengan memotong jeruk nipis lalu dikunyah.

6. Mendongakkan leher dan memakan gula pasir 

Cara lain untuk menghentikan cegukan adalah dengan cara memasukkan gula pasir ke mulut tanpa ditelan dengan posisi leher didongakkan. Lalu telan air ludah yang terbentuk karena gula pasir tadi sampai semua gulanya larut, setelah itu minumlah air putih.

7. Selai kacang 

Tekstur selai kacang yang agak lengket akan membuat irama pernapasan berubah, sehingga dapat menghentikan cegukan.

8. Memijat langi-langit mulut 

Letakkan jari kita ke di bagian langit-langit mulut, setelah itu pijat dengan pelan pada bagian itu. Jika masih belum berhenti, maka coba dengan cara yang lainnya.

9. Tahan nafas di kantong 

Selain delapan acara diatas kamu juga bisa mencoba cara ini untuk menghentikan cegukan. Caranya yaitu dengan menahan nafas didalam kantong kertas, lalu tahan nafas selama kurang lebih 10 detik, kemudian bernafas dengan normal. Ulangi langkah di atas sampai cegukannya hilang.

10. Air es

Kamu juga bisa menggunakan air es untuk mencoba menghentikan cegukan yang sedang kamu alami, acaranya adalah meminum tetesan es yang diletakkan diatas dagu. Jangan langsung meminum es tersebut, karen hal itu justru akan berdampak buruk.

Jika setelah anda mencoba satu cara di atas, namun cegukan masih belum berhenti, cobalah cara lainnya. Terkadang cegukan tidak bisa langsung berhenti dengan hanya satu cara. Atau ulangi cara tersebut berulang kali. Kondisi saat kita cegukan memang bisa jadi sangat menggangu, terlebih kalau kita sedang ada di acara penting dan mengharuskan kita berbicara atau menjawab pertanyaan orang lain, hal ini tentu akan sangat menggangu. Oleh karena itu semakin cepat cegukan dihentikan, maka akan semakin baik. Sebaiknya juga hindari beberapa hal penyebab cegukan tadi seperti makan dengan cepat dan minum minuman beralkohol misalnya, karena makan dengan cepat dan minum alkohol sama-sama tidak baik untuk kesehatan. Semoga informasi mengenai cegukan di atas bermanfaat.