10 Cara Meredakan Nyeri haid Alami Dengan Cepat dan Aman

Posted on

Haid merupakan siklus bulan yang dialami oleh setiap wanita, haid terjadi karena telur yang ada pada wanita tidak dibuahi, dan darah haid juga merupakan darah kotor yang keluar dari dalam tubuh wanita. Dalam siklus haid setiap orang merasakan dan mengalami hal yang berbeda- beda, biasanya haid juga disertai nyeri yang dialami oleh setiap wanita, hanya saja wanita mengalami nyeri yang berbeda- beda.

Ada yang mengalami nyeri yang sangat perih hingga mengganggu aktifitas, bahkan ada juga yang sampai pingsan, dan ada juga yang mengalami nyeri namun tidak mengganggu aktifitas sama sekali.Untuk anda yang terbiasa nyeri ketika haid maka wajib mengetahui cara meredakan nyeri haid alami dengan cepat dibawah ini. Nyeri yang terjadi pada wanita haid disebabkan adanya kontraksi dengan dinding rahim, kondisi kontraksi semakin hebat jika sedang menstruasi akibat dari meluruhnya dinding rahim.

Dan rasa nyeri disebabkan juga rahim kurang suplai oksigen sehingga rahim akan melepaskan bahan kimia prostaglandin. Bahkan bahan kimia prostaglandin mampu memicu beberapa gejala berikut ini diare, mual setelah meminum kopi, bahkan sakit kepala.

Seseorang yang mengalami menstruasi memiliki tingkat emosi yang tidak stabil dan cenderung mudah marah, dan lebih parahnya lagi bagi seseorang yang mengalami nyeri akibat menstruasi biasanya memiliki gejala lainnya seperti mual, pusing, dan tubuh terasa lemah dan mudah lelah. Untuk anda yang saat ini sering mengalami nyeri akibat haid maka perlu mengetahui cara cara meredakan nyeri haid alami dengan cepat dan pastinya aman.

Cara Meredakan Nyeri haid Alami Dengan Cepat dan Aman

1. Atur asupan makanan 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah perhatikan asupan makanan sehari- hari. penuhi gizi yang seimbang, mulai dari kalsium, magnesium, omega 3 seperti ikan salmon, vitamin D dan E. Perbanyaklah asupan sayur dan buah- buahan seperti pisang, brokoli, nanas, dan sayur lainnya. dan ada juga makanan lainnya yang dilarang, misal saja gorengan, makanan cepat saji, makanan yang dipanggang, serta minuman seperti alcohol, kopi, dan soda.

2. Sebaiknya beristirahat 

Pastikan tidak begadang diwaktu malam, jika nyeri semakin menjadi maka segera berbaring dan beristirahat, bisa juga perut dikompres agar ketegangan otot pada perut bisa mengendor. Pastikan juga rileks dan tidak memikirkan hal- hal atau masalah yang berat dahulu.

3. Konsumsi ramuan tradisional kunyit asam 

Anda juga bisa menggunakan cara tradisional dan alami dari bahan- bahan disekitar kita, yaitu kunyit. Kuntit ini merupakan tumbuhan herbal yang memiliki anti inflasi, sehingga sangat membantu dalam mengurangi nyeri.

4. Gunakan pakaian yang nyaman beraktifitas dan bergerak 

Ketika nyeri datang, maka sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman, jauhi pakaian yang terlalu ketat, yang hanya akan menekan bagian perut rahim.

5. Olahraga ringan 

Kita tahu bahwa olahraga memiliki manfaat yang sangat banyak, dengan rajin berolahraga maka dijauhkan dari segala penyakit. begitu juga dengan nyeri yang dialami saat haid bisa mereda jika kita sering melakukan olahraga.

6. Minum air hangat

Kita tahu bahwa mengkonsumsi air hangat akan membuat rileks tubuh dan pikiran kita, begitu juga dengan seseorang yang sedang haid dilarang meminum es dan sangat dianjurkan meminum air hangat.

7. Mandi air hangat 

Dan cara lainnya adalah dengan melakukan mandi air hangat, hal ini untuk membuat pikiran dan badan anda nyaman. anda juga bisa menambahkan aroma terapi yang disukai.

8. Lakukan pijatan

Cara lainnya adalah dengan melakukan pijatan, anda bisa memijat sendiri dengan lembut didarah area pinggang, perut dan pusar. Pastikan diri anda rileks.

9. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi 

Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi, karena zat ini mampu mengganti sel darah merah yang keluar bersama darah menstruasi.

10. Cara yang terakhir adalah pergi kedokter 

Disana anda akan mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut jika dibutuhkan.

Dengan mengetahui sepuluh cara meredakan nyeri haid alami dengan cepat diatas maka anda bisa melakukannya dalam aktifitas sehari- hari anda, khususnya ketika datang bulan atau haid, dengan begitu maka nyeri akan segera hilang.