10 Cara Menjadi Leader Yang Baik Dalam Memanage Bawahan

Posted on

Dalam satu masa dalam pekerjaan, kita akan ditentukan oleh satu hal yang bisa dianggap penting. Dan disaat mendapatkan suatu kesempatan menempati satu posisi penting di dalam karir kita, maka tidak lain kita dianggap mampu untuk menjalankan kesempatan itu. Disini akan kita jabarkan, bagaimana tips menjadi pemimpin yang baik dalam sebuah tim di sebuah perusahaan.

Sebab peran anda di saat menjadi seorang pemimpin atau leader akan sangat berpengaruh terhadap situasi kerja dan kondisi lingkungan kerja yang anda jalankan. Oleh karena itu, ketahui beberapa tips yang bisa sekiranya anda jalankan agar anda dapat menjadi seorang pemimpin yang disegani namun juga dihormati oleh bawahan anda.

Cara Menjadi Leader Yang Baik Dalam Memanage Bawahan
1. Mencintai pekerjaan

Di sebuah system kerja yang baik, hal yang paling utama yang harus kita punya adalah kecintaan terhadap pekerjaan yang kita jalani, baik posisi apa yang sedang kita emban dan di mana kita bekerja. Dari awal kecintaan tersebutlah kita akan semakin berkembang dan kita akan sukses dalam berkarir. Kita tidak bisa menjalani suatu hal apabila kita membencinya bukan?

Dalam hal ini contohnya adalah.. anda adalah seorang yang direkrut oleh suatu perusahaan dibidang fashion, dan anda langsung mendapat posisi manager di dalamnya. Tapi passion anda bukan di fashion , tapi anda lebih suka bekerja di bidang otomotif. Mungkin anda menerimanya karena status jabatannya tersebut, tapi saya yakin dalam kurun waktu dekat anda akan beralih ke pekerjaan yang menurut anda lebih baik.

2. Mempunyai wawasan luas

Anda sudah mencintai pekerjaan yang sekarang, dan anda masuk dalam nominasi karyawan yang dipromosikan menjadi seorang supervisor. Dalam hal ini bos anda akan menilai wawasan anda dalam pekerjaan. Hal ini akan mudah apabila anda sudah menguasai hal yang mendasar dalam perusahaan anda dan hal ini akan lebih mudah lagi kalau anda mempunyai wawasan yang lebih luas,

Anda masih level staff tapi kalau anda sudah mengetahui deskripsi kerja seorang supervisor dan mungkin anda sering membantu supervisor lama anda .. maka andalah yang akan terpilih untuk menempati posisi tersebut. Dan bos anda akan semakin yakin kalau anda bisa menjalankan posisi sebagai supervisor.

3. Menjalin komunikasi dengan team dan menerima masukan

Banding kan antara hal-hal berikut ini. Pertama, anda seorang manager yang memiliki 5 orang supervisor. Dan tiap hari anda hanya menerima laporan tertulis dari supervisor anda, dan anda hanya tahu sales..sales dan sales..tapi anda tidak pernah tahu bagaimana cara kelima supervisor ini mendapatkan sales tersebut.

Kedua, anda seorang manager dan memiliki 5 orang supervisor. Setiap hari anda mengadakan meeting dengan mereka dan bertukar pendapat bagaimana caranya mencapai target hari ini. Disini anda mendapat masukan dari bawahan kalau mungkin di area supervisor A kondisi di pasar sedang bagus-bagusnya , dan seterusnya.

Dari keduaanya , mana yang anda pilih?

4. Memberikan apresiasi

Pemimpin yang baik adalah kita bisa memposisiskan bagaimana rasanya menjadi bawahan anda. Peminpin yang baik adalah bisa merasakan bagaimana rasanya bawahan anda memulai hari-harinya dalam bekerja. Pemimpin yang baik adalah kita bisa emberikan apresiasi kepada bawahan kita atas prestasi apa yang sudah mereka capai dan hasil positif apa yang sudah diserahkan kepada anda.

Berikan pujian untuk memberikan nilai plus bagi karyawan anda, dan apabila mencukupi.. berikan gift/ bonus kepada mereka sebagai wujud apresiasi atau ucapan terimakasih anda untuk mereka. Dalam hal ini anda akan mendapatkan bawahan atau karyawan yang loyal kepada anda dan loyal kepada perusahaan.

5. Adil dan jujur

Kalau karyawan anda mempunyai nilai plus berliah sesuai point no 4. Kalau karyawan anda tidak benar, berlilah sangsi yang sesuai untuk mereka. Sebagai seorang pemimpin yag baik, kita harus benar-benar bisa memilah antara pegawai satu dengan yang lainnya.

Jangan menyembunyikan hal yang salah dihadapan bos anda , kesannya pekerjaan anda dan bawahan anda benar dimata bos. Padahal anda menyimpan segerombolan penyakit. Sampaikanlah hal benar kalau memang benar, dan sampaikanlah hal yang salah apabila memang benar-benar salah. Saya jamin team anda akan sukses.

6. Berfikiran positif dan optimis

Anda memimpin sebuah rapat, dan disana dihadiri oleh staff-staff anda. Disitu anda membahas mengenai prosuk baru yang akan diluncurkan kepasaran bulan depan. Anda mempresentasikan produk itu ke staff anda, tapi di tengah jalan anda merasa tidak yakin dengan keberhasilan peluncuran produk tersebut.

Maka seluruh orang yang ada diruangan tersebut akan berfikiran sama dengan anda, karena anda sebagai pemimpin pun merasa tidak optimis dengan hal itu. Maka, apabila anda menjadi seorang pemimpin.. bawalah suasana yang postif dan selalu optimis dengan kapal yang anda nahkodai sehingga kuat dalam menerpa badai di lautan.

7. Disiplin

Ciptakanlah suasana kerja yang disiplin, apabila anda memberikan kelonggaran untuk staff anda berikan juga batasan-batasan nya. Jangan sampai staff anda bekerja seenaknya tanpa ada batasan. Selalu berikan deadline untuk setiap pekerjaan, agar karyawan anda menghargai sebuah waktu dalam bekerja. Berikan batasan gerak karyawan anda, TAPI bukan berarti anda menjadi seorang dictator dimata karyawan anda.

8. Akui kesalahan apabila berbuat salah

Mintalah ke bawahan anda untuk mengoreksi diri anda sendiri, apakah ada yang kurang atau salah pada diri anda selama anda menjadi atasan mereka. Mintalah mereka untuk menegur anda apabila anda melakukan kesalahan. Ini akan menjadi salahsatu jalinan komunikasi diantara karyawan, tidak ada rasa disbanding-bandingkan. Jangan menjadi seorang pemimpin yang dibilang arogan, sok menjadi orang yang benar dimata anak buah.

9. Bertanggung jawab

Jadilah atasan yang bertanggung jawab atas segala yang terjadi di wilayah anda memimpin, jangan pernah mencari kambing hitam untuk segala sesuatu kesalahan. Tunjukkan kepada bawahan anda bahwa anda siap menerima resiko apabila planning anda gagal. Anak buah anda akan lebih menghargai anda dan anda akan dianggap menjadi seorang pemimpin yang baik.

10. Mempunyai ide-ide segar

Di setiap situasi pastikan anda mempunyai jalan kjeluar, termasuk apabila anda dimandati memimpin sebuah team. Tunjukan kalau anda masih berrestasi dengan menunjukkan ide-ide yang baru dan bisa mengembangkan masa depan perusahaan. Tidak salah apabila anda anak buah anda menemui jalan buntu untuk suatu hal, pasti anda yang akan menjadi tumpuan mereka.

Itu adalah sebagian tips menjadi pemimpin yang baik dalam memanage anak buah atau bawahan, mungkin anda bisa mengambil sisi positif dari artikel yang saya buat. Dalam hal ini saya yakin anda lebih pintar mengelola jabatan yang anda emban sekarang.. kalau tidak, mana mungkin sekarang anda berada diposisi yang bagus. Benar tidak? Salam sukses !