10 Cara Mengatasi Kembung pada Bayi dan Anak Secara Aman Alami

Posted on

Kembung sendiri sebenarnya bukan sebuah penyakit yang membahayakan. Banyaknya gas atau udara di perut merupakan alasan di balik terjadinya perut kembung. Perut kembung juga dapat terjadi jika anak atau bayi tidak mengunyah makanan mereka dengan baik atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi.

Jika anak atau bayi Anda merasakan perut yang kembung, ada beberapa cara mengatasi kembung pada bayi dan anak yang dapat Anda lakukan.Kebiasaan cara makan yang salah bukan menjadi satu-satunya penyebab perut kembung. Mengkonsumsi makanan yang mengandung gas merupakan penyebab lain yang dapat menimbulkan perut kembung.

Kubis, brokoli, bawang, apel, lobak dan kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang dapat menyebabkan perut kembung pada anak dan bayi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Jika anak atau bayi Anda terserang perut yang kembung, Anda dapat menggunakan sepuluh cara mengatasi kembung pada bayi dan anak berikut ini:

Cara Mengatasi Kembung pada Bayi dan Anak

1. Menaruh bantal pemanas pada bagian perut 

Bantal pemanas yang telah diisi dengan menggunakan air hangat dapat digunakan untuk menghilangkan kembung pada anak dan bayi. Gunakan bantal pemanas tersebut di area perut dan berikan asupan air minum yang cukup agar anak dan bayi tidak terserang dehidrasi selama pengobatan.

2. Mengindari minuman bersoda dan makanan dengan pemanis buatan 

Minuman bersoda serta makanan yang kaya akan pemanis buatan dapat menimbulkan perut kembung pada anak. Sebagai orang tua, Anda harus pintar-pintar menjauhkan makanan dan minuman yang kurang menyehatkan tersebut.

3. Mengurangi pemberian jus buah 

Jus buah merupakan jenis minuman yang menyehatkan. Meskipun begitu, jus buah yang dikonsumsi secara berlebih justru dapat menimbulkan perut kembung pada anak dan bayi. Hal tersebut disebabkan oleh sistem pencernaan anak dan bayi yang belum berkembang dengan baik.

4. Mengurangi dan memilih sumber makanan yang dikonsumsi oleh buah hati 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada beberapa bahan makanan yang mampu menimbulkan perut kembung pada anak dan bayi. Pilihlah bahan makanan yang tepat dan dapat dikonsumsi dengan baik oleh anak dan bayi Anda.

5. Memberi arahan kepada anak untuk mengunyah makanan dengan baik 

Makanan yang dikunyah dengan baik dapat menghindarkan anak Anda dari perut yang kembung. Beri arahan kepada anak untuk mengunyah makanan hingga makanan tersebut terasa halus di mulut.

6. Mengurangi asupan lemak 

Membatasi jumlah lemak yang dikonsumsi dapat membantu anak dan bayi terhindar dari perut yang kembung.

7. Mengkonsumsi air putih yang cukup 

Air putih memang bukan menjadi alat yang mampu menghilangkan gas pada perut anak dan bayi. Meskipun demikian, air putih dapat membantu sistem percernaan agar berjalan dengan baik. Perut tidak akan terasa penuh jika sistem pencernaan berjalan dengan baik dan lancar.

8. Menggosok perut dengan menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih 

Cara menghilangkan perut kembung pada anak dan bayi dengan menggunakan minyak telon atau minyak putih merupakan cara biasa yang dilakukan oleh para orang tua.

9. Mengoleskan perut dengan menggunakan bawang merah 

Bawang merah yang telah dihaluskan dan dicampur dengan menggunakan minyak telon dapat mengurangi jumlah gas di dalam perut dengan cukup baik.

10. Mengelap perut anak atau bayi dengan menggunakan air yang hangat 

Cara ini merupakan cara termudah yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk menghilangkan perut kembung pada buah hati mereka. Penjelasan akan  cara mengatasi kembung pada bayi dan anakdi atas dapat digunakan oleh para orang tua yang merasa bingung untuk menentukan bagaimana cara menghilangkan perut kembung yang dialami oleh buah hati mereka. Jika buah hati Anda mengalami perut yang kembung, Anda dapat menggunakan cara mengatasi perut kembung yang telah dijelaskan di atas.