10 Cara Mengatasi Bintilan di Mata Secara Alami Tanpa Dampak Membahayakan

Posted on

Mata bintilan menjadi salah satu keadaan yang membuat penderita merasa kurang nyaman ketika melihat. Pandangan terganggu dan mata terlihat menyipit merupakan dampak dari mata yang bintilan. Mereka yang mengalami mata bintilan biasanya menggunakan obat berbahan kimia agar bintilan tersebut dapat hilang. Padahal, penderita mata bintilan dapat menggunakan bahan alami guna menghilangkan mata bintilan tersebut.

Bahan alami yang digunakan tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh. Bahan alami tersebut dapat dilengkapi dengan beberapa cara mengatasi bintilan di mata secara alami agar mata bintilan dapat hilang dengan lebih cepat.

Mata bintilan dapat terjadi akibat kebiasaan mengucek mata, kotoran atau debu yang menempel di mata dan kurangnya menjaga kebersihan di area mata. Mata bintilan dapat terjadi di bagian kalenjar zeis, moll atau meibom. Benjolan di mata itulah yang menandakan bahwa penderita menderita mata bintilan. Untuk mengatasi bintilan tersebut, ada sepuluh cara mengatasi bintilan di mata secara alami tanpa menimbulkan dampak yang tidak diinginkan. Berikut penjelasannya:

Cara Mengatasi Bintilan di Mata Secara Alami

1. Mengompres area mata dengan menggunakan air yang hangat 

Cara paling aman dan mudah dalam mengatasi mata bintilan adalah dengan mengompres mata dengan menggunakan air yang hangat. Rasa gatal dan pembengkakan pada mata dapat hilang dengan cepat akibat menggunakan cara tersebut.

2. Mengoleskan mata bintilan dengan menggunakan bawang putih 

Bawang putih yang merupakan antibiotic alami dapat mengatasi bintilan di mata dengan baik. Bakteri yang timbul di area mata dapat dihilangkan dengan menggunakan bawang putih yang telah dihaluskan.

3. Membersihkan area mata bintilan dengan menggunakan rebusan air daun sirih 

Sama halnya dengan bawah putih, daun sirih yang merupakan antibiotic alami dapat membunuh bakteri penyebab mata bintilan. Daun sirih yang telah direbus dan diambil airnya dapat digunakan untuk membasuh mata bintilan.

4. Tidak menekan area mata bintilan 

Cara alami lain yang dapat digunakan dalam mengatasi mata bintilan adalah dengan tidak menekan-nekan mata yang bintilan. Mata bintilan akan semakin buruk kondisinya jika disentuh dan ditekan dengan menggunakan tangan yang kotor.

5. Menggunakan tetes mata 

Tetes mata dapat digunakan untuk membersihkan mata dari kotoran. Obat mata tersebut juga dapat digunakan untuk menghilangkan mata yang bintilan. Meskipun demikian, obat mata bukan merupakan pilihan utama untuk menghilangkan bintilan pada mata.

6. Mengompres mata bintilan dengan menggunakan kantung teh 

Mata bintilan dapat pula dihilangkan dengan menggunakan kantung teh. Hanya dengan menempelkannya selama 10 menit, mata bintilan dapat dihilangkan.

7. Selalu menjaga kebersihan mata dengan baik 

Mata yang sehat dan jauh dari kotoran tentunya akan terhindar dari segala jenis penyakit mata. Mata bintilan tidak akan terjadi jika kita menjaga kebersihan mata dengan baik.

8. Membersihkan mata dengan menggunakan teh hijau 

Teh hijau merupakan salah satu jenis minuman yang mengandung antioksidan yang tinggi. Teh hijau juga dapat mengurangi pembengkakan dan dapat menghilangkan infeksi. Mata bintilan dapat dihilangkan dengan menggunakan teh hijau tersebut.

9. Mencuci mata bintilan dengan campuran biji ketumbar dan air 

Campuran air dan biji ketumbar dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan mata bintilan. Pembengkakan dan rasa nyeri di area mata dapat hilang dengan menggunakan campuran air ketumbar tersebut.

10. Menggunakan kunyit sebagai obat

Kunyit yang dihaluskan dan ditambah dengan 2 gelas air dapat digunakan untuk menghilangkan mata bintilan. Oleskan mata dengan menggunakan air perasan kunyit secara teratur akan membuat mata bintilan dapat hilang tanpa menimbulkan efek samping.

Cara alami yang dilakukan untuk menghilangkan mata bintilan yang dijelaskan di atas tidak akan menimbulkan dampak yang membahayakan kesehatan tubuh. Hal tersebut disebabkan oleh bahan alami yang digunakan untuk menghilangkan mata yang bintilan tersebut. Mereka yang menggunakan cara cara mengatasi bintilan di mata secara alamitersebut akan mendapatkan hasil yang diharapkan jika cara tersebut dilakukan secara teratur. Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi mata yang bintilan secara alami. Semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan dengan baik.