8 Tahap Cara Memulai Usaha Dengan Modal Kecil Yang Paling Tepat

Posted on

Di dalam kehidupan sehari-hari, kita pastinya pernah terbesit pikiran untuk memulai atau membuat sebuah usaha sendiri. Mungkin pemasukan dari pekerjaan kantoran kita tidak mencukupi atau bahkan anda memang ingin memulai usaha dari Nol. Tapi, apabila ditelusuri pastilah yang dipikirkan di benak kita adalah modal.. yup, modal. Banyak sekali info di internet yang mengatakan bahwa dalam memulai sebuah usaha bahkan bisa dengan iming iming tanpa modal sekalipun, bisakah hal itu terwujud? Tidak.. biasanya hal itu adalah bohongan…

Ingat, dalam membangun sebuah bisnis atau peluang usaha kecil kecilan pun, tidak akan lepas dari yang namanya sebuah modal. Tentu saja yang membedakan adalah modal yang dikeluarkan untuk membangun sebuah usaha anda. Banyak juga yang mengatakan bahwa jika hanya dengan menggunakan modal yang sedikit, maka hasil yang didapat juga akan sedikit pula.Bukanlah seperti itu, jika berpikiran seperti itu, maka mindset nya adalah anda hanya menginginkan sebuah usaha kilat dan cepat kaya. Padahal faktanya banyak yang justru akan berakhir dengan penipuan dan gagal cepat pada saat membuka peluang usaha anda.Untuk itu setidaknya anda harus memahami dulu beberapa poin dasar penting berikut ini. Disini kita akan membahas beberapa cara untuk memulai usaha dengan bermodal kecil.

Tahap Cara Memulai Usaha Dengan Modal Kecil Yang Paling Tepat

1. Pantau sekeliling anda

Pertama-tama adalah jangan memikirkan terlampau jauh dulu. Lihat disekeliling anda, atau carilah teman-teman anda yang sudah membuka usaha terlebih dahulu. Silahkan diloby untuk melakukan bisnis dropship. Kita tidak perlu menyediakan barang tentunya, semua sudah tersedia di tempat lain.

Anda tinggal memasarkannya saja. Banyak pengusaha-pengusaha sukses yang berawal dari bisnis dropship, tugas anda hanya mencari customer saja. Untuk pengepakan dan pengiriman sudah di urus oleh orang lain.

2. Pilih bisnis sesuai bakat anda

Anda akan lebih senang menjalankan bisnis apabila bisnis tersebut sesuai dengan bakat anda, dan sebaliknya anda akan malas atau bahkan berpusing-pusing ria apabila anda berbisnis tanpa anda memahami usaha bisnis anda itu. Simple bukan?

Seperti artikel saya sebelumnya, hoby pun bisa menjadi lahan bisnis. Dan anda tidak akan mengeluarkan banyak modal disini, anda mungkin banyak mempunyai relasi di bidang ini . dan anda bisa memanfaatkan teman-teman anda bukan?

3. Memilih partner

Tidak ada salahnya apabila anda mempunyai seorang partner dalam memuali sebuah usaha, mungkin teman-teman anda juga mempunyai tujuan yang sama dan impian yang sama namun juga memiliki modal yang pas-pasan juga? Silahkan berinvestasi bersama, apabila ada kerugian tentuanya tidak anda tanggung sendiri bukan?

Tetapi anda harus menegaskan untuk pembagian keuntungan dari awal, jangan sampai ada kericuhan di ujung cerita karena ketidak adilan dalam pembagian hasil usaha.

4. Pilih yang bisa dilakukan dirumah

Kalau anda tidak mau melakukan dropship, bisa saja anda membuka sebuah lapak dirumah. Cobalah membuka usaha kuliner yang murah-meriah.jual gorengan atau anda bisa saja jual pulsa dirumah. Selain tidak ribet, anda juga terbebas dari biaya sewa tempat usaha.
adapun beberapa contoh usaha rumahan adalah sebagai berikut :

  • Membuka sebuah warung makan
  • Membuka loundry
  • Jual pulsa
  • Jual es juice
  • Jualan kue
  • Usaha angkringan
  • Jasa setrika
  • Dsb

Memulai usaha dirumah banyak sekali penjabarannya, usaha online juga bisa anda lakukan dirumah bahkan dimana saja. Apalagi sekarang kita dituntut untuk lebih mengenal teknologi, kalau pemikiran kita masih tradisonal dan kolot kita tidak akan bisa mengejar kemajuan jaman.

5. Jangan mencari modal lewat pinjaman

Mungkin ini sering dilakukan oleh sebagian orang, meminjam ke sebuah bank untuk memulai sebuah usaha. Saya rasa ini tidak perlu, anda sebaiknya memaikai dan tabungan anda yang seadanya. Selain lebih aman, kita juga tidak akan mempunyai tanggungan apabila usaha kita tersebut gagal ditengah jalan.

Atau tiba-tiba kita terlibat kredit macet. Anda akan pusing dua kali disini, berbeda apabila modal tersebut hasil dari tabungan anda sendiri, dan anda akan lebih menghargai perputaran uang tersebut.

6. Lampaui limit kemampuan

Anda ingin bisnis yang sukses tapi anda mudah menyerah? Jangan harap bisa! Lemburlah selagi anda bisa, berfikirlah kedepan dimana anda harus bisa membayar karyawan atau berfikirlah bagaimana anda balik modal. Tentulah ini akan menyiksa, tapi ingatlah.. semua usaha dan kerja keras anda akan terbayar nantinya.

7. Jangan bersaing harga

Ini yang sering kita temui, bayak orang yang sedang memualai usaha.. usaha kecil tentunya. Dia banyak saingan diluar sana dan strategi pasarnya adalah menjual barang dengan harga yang sangat murah, selain akan merusak pasar maka orang tersebut pasti akan mudah gulung tikar.

Bersainglah dengan kualitas barang, anda bisa menjual sebuah produk atau barang dengan harga tinggi tetapi anda harus mengingat juga untuk kualitasnya. Walaupun itu anda buat dengan modal usaha yang kecil, tapi ingatlah.. bisnis anda akan stabil dan terus berjalan.

8. Jadilah yang terbaik

Berfikirlah untuk optimis bahwa dengan modal kecil itu, anda bisa membuat perubahan besar dalam hidup. Berfikirlah anda kelak akan mempuyai banyak karyawan, mempunyai banyak cabang dimana-mana. Itu tidak mustahil! Banyak perusahaan besar yang dimulai dari modal kecil-kecilan, banyak orang sukses berawal dari bisnis kecil.

Nah itu adalah sebagian cara memulai sebuah usaha dengan bermodal dana kecil, kita tidak akan mengetahui sebuah akhir cerita yang indah apabila kita tidak memulainya. Kita tidak akan mendapat sesuatu yang kita anggap berharga apabila kita tidak berusaha mendapatkannya. Tidak usah banyak berfikir dan merumuskan, silahkan action!