10 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Dengan Stategi Yang Tepat

Posted on

Pada saat ini semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyak pula pundi-pundi bisnis yang mulai bermunculan. Hal ini sebenarnya sudah banyak dilirik oleh pebisnis-pebisnis kecil-kecilan bahkan yang sudah besar. Apalagi di Indonesia termasuk salah satu Negara yang banyak melakukan bisnis di media social.

Bisa dilihat waktu awal-awal dulu saat facebook atau twitter masih booming, beberapa friendlist atau follower kita pasti ada yang berbisnis lewat media tersebut. Bahkan facebook ads sekarang ini mejarai menjadi advertiser terbesar karena fiturnya yang begitu sangat luar biasa. Jika anda ingin mencoba menjual produk secara online namun belum tahu caranya, maka beberapa hal ini yang perlu kita perhatikan saat memulai bisnis online tersebut.

Cara Memulai Bisnis Online Yang Paling Tepat dan Benar

1. Niat 

Yup, sesuatu hal yang ingin dilakukan pasti membutuhkan niat. Kalau kita tidak mempunyai niat, walau sudah punya modal gedhe pun ya nggak bakalan terlaksana.

Kita kumpulkan niat dulu untuk berbisnis online, ingat.. bisnis online sekarang sudah banyak diisi oleh pebisnis besar. Kalau kita tidak ada niat bulat dan tekat yang kuat pastilah kita bakal tergusur oleh para big bos tersebut.

2. Tentukan tema bisnis / produk anda 

Setelah terkumpul niat yang bulat pastikan kita juga sudah menentukan tema bisnis atau produk yang akan kita jual. Jangan sampai kita udah prepare matang-matang, ehhh kita belum menentukan ide bisnis kita.

Mungkin bisa saja anda mentukan barang yang ingin di jual adalah baju.. atau sepatu .

Yang perlu digaris bawahi adalah.. passion anda di mana? Atau keahlian anda dalam bidang apa? Yahhh boleh saja sih kalau keahlian anda di bidang menjahit tapi jualannya jam tangan.. tapi lebih tertarget lagi kalau keahlian anda menjahit dan anda berjualan baju, atau hijab.. hmmmm pasti  anda bakal cepat menguasai medan.

Dan dalam hal ini saya pastikan anda sudah menguasai.

3. Modal 

Loh.. katanya ada bisnis online yang tanpa modal??? Eh, tunggu dulu.. sesuatu hal pasti membutuhkan modal!! Menurut om bob sadino dengkul kita pun juga salah satu modal usaha lohh..

Disini modal yang kita butuhkan paling minim adalah smartphone dan jaringan internet yang lancar. kita ga mau dong lagi asyik-asyik nya nego sama customer eh tiba-tiba koneksi atau sinyal handphone kita terputus..

Modal selanjuatnya bisa dilihat dari isi dompet masing-masing.. 🙂

Atau bisa saja anda menganut system dropship? Hmmm bisa saja sih.. tapi anda tidak akan bisa mempunyai kebijakan tersendiri untuk customer-customer anda.

Dan kelebihan untuk mempunyai produk sendiri adalah anda bisa menentukan brand anda sendiri, mengembangkannya dan lalu mematenkannya.

4. Tentukan target pasar anda 

Menengok pada point nomor 2, setelah anda memilih tema bisnis anda.. pastikan anda juga sudah menentukan target dari produk anda tersebut.

Dalam hal ini contohnya adalah anda memilih jualan baju.. kemudian tentukan target umur nya, apakah untuk anak-anak atau remaja mungkin bisa saja untuk ibu-ibu.

Dan lebih spesifik lagi kalau anda sudah memilih target pasar remaja contohya detailakan lagi apakah jenis produk anta termasuk model junior ( youth) atau larinya ke contemporer atau bisa jadi ke casual ( anda butuh belajar lagi kalau dalam hal ini ).

Semakin tertarget, semakin besar peluang brand anda terkenal di pasaran.

5. Persiapkan barang jual 

Kalau anda sudah menyiapkan brand sendiri untuk produk anda maka segera siapkanlah barang yang ingin anda jual. kalau anda menjual baju , maka siapkan desain baju yang bagus selanjutnya photo produk anda dengan kualitas yang bagus pula. Persiapkan hal yang unik untuk setiap produk yang ingin anda pasarkan. Customer lebih suka barang yang unik dengan harga yang terjangkau, terkadang customer pun rela mengeluarkan kocek yang lebih besar untuk membeli produk yang unik dan tidak pasaran.

Apabila photo produk anda bagus dan menarik, maka makin banyak juga customer yang tertarik.. bandingkan saja antara penjual yg satu dengan yang lain, sama-sama menjual kacamata contohnya.. penjual A alakadarnya mendokumentasikan produk jual dengan menaruh nya dimeja tanpa hiasan apapun.. sedangkan penjual B dengan kreatifnya mendokumentasikan produknya dengan dihias pernak-pernik yang unik serta memadu padankan dengan produk jualnya yang lain, maka lebih jelas customer memilih produk dari penjual B karena lebih eye catching.

6. Siapkan media pemasaran 

Kalau semua sudah dipersiapkan, tinggal dengan media apa produk ingin anda jual. Apakah dengan smartphone saja, media social , atau dengan blog / web gratisan, atau bahkan dengan web e-comerse resmi? Tentukan dari point nomor 3.

Sering – sering lah beriklan, banyak kok cara untuk beriklan.. bahkan anda tulis komentar di postingan instagram artis-artis terkenal saja itu sudah termasuk iklan.

Kalau anda sudah serius ingin berkecimpung di dunia online yaaa silahkan sewa domain dan hosting, banyak yang menyediakan jasa tersebut.

7. Carilah mentor yang siap membantu 

Anda tidak bisa hidup sendiri, anda masih butuh banyak bimbingan.. ingat di atas langit masih ada langit. Cari orang yang anda anggap mahir dalam bidangnya, sehingga ada yang meluruskan anda kalau anda sedikit berbelok.

Atau anda bisa mencari tempat bimbingan atau seminar-seminar tentang pemasaran online.. atau hal sejenis.

8. Jualan ! 

Iyaa jualan.. mulailah jualan, sedikit bersabar akan membuahkan hasil. Sekali jualan anda laku dan anda mendapat testimony yang sangat bagus karena customer anda sangat puas dengan pelayanan dan produk anda, maka orderan semakin banyak bermunculan.

Maka muncullah point dibawah ini …

9. Bangun jaringan 

Ada seorang pedagang di pasar klewer menjual dagangannya dengan harga 10.000 rupiah untuk setiap produknya, dan dia memposting produk tersebut di instagram. Muncul reseller yang ingin bekerjasama menjualkan produknya dan bisa saja reseller tersebut mempunyai reseller lagi. Itulah jaringan , dan anda bisa memberi aturan-aturan untuk jaringan anda tersebut.semakin lama anda berkecimpung , semakin besar pula jaringan yang anda miliki.. asallll anda menerapkan point dibawah ini …

10. Focus 

Tidak ada hal yang tidak mungkin, tetaplah focus dengan bisnis yang anda jalankan.. jangan terbawa arus. Memang sema bisnis itu ada pasang surutnya, tapi kalau anda focus dengan produk anda.. maka semakin kuat produk anda dipasaran. Mungkin anda kurang puas dengan produk yang anda jual karena hanya itu0itu saja pendapatannya, berarti ada yang salah dengan system anda.. bukan barang dagangannya. Orang bisa sukses hanya jualan arang, itu karena orang tersebut focus dan bersabar dengan produknya itu..

Nah itu adalah sekelumit cara memulai bisnis online, sukses atau tidaknya suatu usaha itu berawal dari kita sendiri. Ketekunan akan suatu usaha itu akan membuahkan hasil, mungkin hari ini kita hanya bisa mengantongi beras satu genggam saja.. tapi esok kita akan membawa beras satu karung dengan perasaan yang bahagia.

Salam sukses!