Cara Membuka Mata Batin Sendiri Bagi Pemula Dengan Cepat

Posted on

Mata batin seringkali disebut sebagai indera keenam, yaitu kemampuan seseorang dalam melihat hal-hal gaib yang tidak bisa dilihat menggunakan mata lahir. Seseorang yang memiliki kemampuan seperti ini biasanya akan dikaitkan dengan orang-orang sakti ataupun linuweh. Umumnya, orang-orang yang mata batinnya terbuka akan dapat mengetahui hal-hal yang berada di luar nalar manusia.

Misalnya adalah dapat melihat masa depan ataupun melihat hal yang sudah lama terjadi pada masa lalu. Manusia dilahirkan dalam keadaan suci tanpa dosa serta noda, karena itu mata batin serta kemurnian hati sebenarnya sudah ada dalam diri manusia sejak ia dilahirkan. Hanya saja, perjalanan hidup manusia akan diwarnai aneka sifat keduniawian sehingga mata batinnya tidak lagi bersinar.

Kemampuan ini sebenarnya sudah diwarisi sejak seseorang baru dilahirkan. Untuk kembali memiliki kemurnian dan juga kesucian hati akan tergantung keinginan masing-masing serta harus ada tindakan yang tidak ringan. Ini artinya, seseorang harus kembali pada kodratnya yaitu sebagai seorang hamba. Langkah pertama dalam membuka mata batin adalah dengan melakukan ibadah secara rutin dan istiqomah.

Cara Membuka Mata Batin Sendiri Bagi Pemula Dengan Cepat

Ini akan membuat hati kembali bersih sehingga tidak akan ada halangan dalam memantulkan bayangan yang ada di dalam. Seseorang yang hatinya bersih juga akan dapat merasakan ketentraman dan kenikmatan jiwa yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Orang-orang yang terbuka mata batinnya adalah tanda dari adanya kemurnian serta kebersihan hati sehingga tercermin pada perilaku serta perbuatannya sehari-hari yang lebih terkendali. Terutama adalah dari hal-hal negatif yang ada di sekelilingnya. Mereka juga akan memiliki rasa welas asih tinggi serta lebih bijaksana. Namun memang membuka mata batin memiliki kesulitan tersendiri.

Di antaranya adalah lepas dari usaha untuk mementingkan diri sendiri, senang dalam memelihara keserakahan, ketamakan, kedengkian, kikir serta jauh dari sifat welas asih pada makhluk lain. Urusan duniawi memang hampir selalu menjadi prioritas. Ini akan membuat seseorang mengabaikan Sang Pencipta sehingga akan sulit untuk mencapai satu tingkatan batin yang terbilang bersih.

Langkah-langkah dalam membuka mata batin

Amalan ataupun bacaan khusus dalam membuka mata batin bukanlah prioritas, namun hanya sebatas sarana yang digunakan dalam mendekatkan diri pada Allah Subhanahu wa ta’ala. Menyucikan diri tanpa bacaan khusus dapat dilakukan asal sudah menjalankan ibadah yang sesuai ketentuan, maka mata batin dapat terbuka.

  • Yang pertama adalah jangan pernah meninggalkan ibadah wajib yait shalat lima waktu, bahkan dalam kondisi sakit sekalipun. Ini karena ketika umat Muslim sakit, bisa tetap menjalankan ibadah shalat dengan ketentuan tersendiri seperti shalat sambil duduk atau sambil berbaring.
  • Tumbuhkanlah rasa welas asih atau kasih sayang pada makhluk lain dan juga pada sesama.
  • Rasa kepedulian tinggi kepada orang lain juga perlu untuk dimiliki terhadap orang lain.
  • Suka menyedekahkan harta untuk orang lain yang membutuhkan.
  • Bersikap rendah hati di tiap keadaan.
  • Menghilangkan sifat-sifat buruk seperti iri, amarah dan dengki.
  • Dahulukan kepentingan orang lain di atas kepentingan diri sendiri.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang haram atau didapat melalui jalan yang haram.
  • Hindari juga memiliki prasangka buruk terhadap orang lain.

Jika sudah dapat menjalankan aneka hal tersebut di atas, maka dalam waktu yang tidak lama lagi kita akan merasakan manfaat luar biasa. Di antaranya ialah ketenteraman dan juga kenikmatan yang sebelumnya tidak pernah dirasakan. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam membuka mata batin ialah dengan mengasah kemampuan diri dan juga mempertahankan kemurnian hati. Ini agar ketajaman dari mata batin bisa terpelihara dalam diri. Doa-doa dan bacaan khusus dapat dipanjatkan sebaga sarana untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Membuka mata batin untuk pemula

Pengetahuan mata batin sangat penting untuk membantu membuka mata batin terutama bagi pemula. Pengetahuan mata batin sendiri adalah satu pengetahuan di bidang spiritual yang harus diamalkan sehingga seseorang akan memiliki kemampuan dalam membaca dan juga mengerti isi hati bahkan pikiran orang lain.

Kemampuan lainnya yang bisa dimiliki dengan mata hati yang terbuka adalah berkomunikasi serta melihat makhluk gaib, memperkirakan hari esok, melakukan penerawangan hingga mengerti isyarat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Pengetahuan ini akan membuka indra keenam serta mata batin seseorang. Bukan tidak mungkin seseorang yang mengamalkannya akan bisa mengetahui sesuatu hal yang bahkan belum berlangsung.

Seseorang dengan mata batin yang terbuka juga dapat bersahabat atau berkomunikasi langsung dengan makhluk gaib serta mempengaruhi orang-orang yang ada di sekitarnya. Indera keenam memang seringkali diidentikkan dengan kekuatan agar dapat melihat makhluk halus, walau sebenarnya kemampuan dari seseorang dengan indera keenam jauh melebihi itu. Indera keenam akan tampak seperti intuisi, namun lebih tajam. Bedanya jika intuisi merupakan hasil dari pengalaman, maka indera keenam ini tidak mengenal adanya pengalaman.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, maka pengamal dari pengetahuan mata batin akan memperoleh banyak kemudahan dalam mencapai keberhasilan hidup, menyelesaikan aneka masalah yang dihadapi serta mewujudkan harapan yang dimilikinya.

Pengetahuan mata batin ini juga dapat diamalkan oleh orang-orang untuk kebutuhan yang lebih luas. Dengan adanya indera keenam serta mata batin yang telah terbuka, kita akan memiliki perpanjangan tangan dalam memberi bantuan untuk mereka yang membutuhkannya. Kita juga akan memiliki peluang yang lebih besar dalam menolong sesama pada jalan kebaikan.

Cara-cara pembukaan mata batin

Berikut adalah cara-cara dalam membuka mata batin yang bisa kita lakukan. Cara-cara ini terutama bisa dipraktekkan oleh pemula.

  • Duduk tegak dengan posisi bersila, atau bisa juga duduk di bangku
  • Letakkan tangan dalam posisi terbuka dan letakkan di atas lutut
  • Pusatkan diri pada bagian dada sebelah kiri
  • Pusatkan diri juga pada mata ketiga yang letaknya ada di antara kedua alis
  • Tersenyumlah sejenak dan ucapkan niat bahwa kita telah siap dalam menerima pembukaan mata batin atau mata ketiga.
  • Nikmati sensasi yang datang. Proses ini akan memakan waktu selama kurang lebih lima belas menit. Apabila sudah lewat dari lima belas menit maka lanjutkan dengan meditasi selama sepuluh menit agar proses bisa selesai.

Cara meditasi yang diperlukan adalah sebagai berikut.

  1. Satukan kedua telapak tangan dan posisikan di depan dada.
  2. Niatkan untuk menyelaraskan mata batin yang ada dalam badan.
  3. Rasakan daya yang mengalir pada kedua telapak tangan dan perlahan akan menyebar pada semua badan.
  4. Jangan lupa untuk berdoa sebelum pembukaan mata batin dilakukan.
  5. Lakukan langkah-langkah di atas secara niat dan ikhlas.
  6. Pusatkan pembukaan mata ketiga pada antara dua alis mata. Setelahnya kita cukup merasakan sensasi yang datang dari pembukaan ini. Demikian adalah langkah-langkah lengkap dari pembukaan mata ketiga untuk pemula, dimana setelahnya anda harus mempelajari cara membuka mata batin seperti berikut ini.

Ketahui bagaimana cara membuka mata batin dengan cara berikutnya