Cara Membuka Mata Batin Menurut Islam Dengan Cepat

Posted on

Dewasa ini semakin banyak orang yang berkeinginan membuka mata batinnya. Hal ini dikarenakan hausnya manusia untuk memenuhi kebutuhan spiritual. Karena jauh di dalam diri hati seseorang, mereka ingin memiliki kehidupan yang lebih baik. Tujuan membuka mata batin adalah agar manusia dapat lebih peka dengan dunia ghaib dan lingkungan sekitar. Mata batin disebut juga sebagai indra ke enam yakni kemampuan seseorang untuk bisa melihat sendiri hal-hal ghaib yang umumnya tidak bisa dilihat oleh orang lain menggunakan mata lahir. Untuk mereka yang mempunyai kemampuan tersebut, biasanya identik dengan orang sakti.

Karena umumnya mereka mampu mengetahui hal-hal yang tidak bisa ditangkap oleh nalar manusia. Saat dilahirkan, semua umat manusia dalam keadaan yang fitrah tanpa dosa dan juga noda. Oleh karenanya, kemurnian hati dan mata batin sebenarnya sudah ada dalam diri manusia sejak dirinya dilahirkan.Namun karena perjalanan hidup manusia yang penuh dengan sifat keduniawian, mata batin tersebut tertutup dan tidak lagi bersinar. Berbeda dengan bayi yang masih lahir, dimana ia terlihat sangat murni dan bersih. Kemampuan yang telah diwarisi sejak lahir oleh setiap insan tersebut, bisa dibuka kembali.

Tentu saja dengan ketulusan dan kesucian hati yang mantap. Kemurnian hati tersebut bisa diperoleh tergantung dari keinginan dan niatnya masing-masing. Tujuan untuk membuka mata batin haruslah benar dan baik. Dimana seseorang harus bisa kembali kepada fitrah dan kodratnya sebagai manusia yang hanya seorang hamba Allah. Yang mana menjalankan segala perintahnya dan menjauhi semua larangannya. Bagi Anda yang berkeinginan untuk membuka mata batin, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan menurut agama Islam.

Cara Membuka Mata Batin Menurut Islam Dengan Cepat

1. Membuka mata batin menggunakan surah Al Ikhlas

Cara pertama untuk membuka mata batin menurut Islam dan sesuai dengan ajaran Islam adalah dengan membaca surah Al ikhlas. Tidak asal-asalan, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam membaca surah ini. Pertama, siapkan fisik dan juga mental Anda untuk memulai proses membuka mata batin. Mantapkan pula niat dalam hati Anda agar proses ini bisa sesuai dengan keinginan. Selanjutnya, usahakan agar Anda selalu bangun sebelum matahari tinggi setiap hari setidaknya jam 6 kurang. Dengan begitu, Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dari arah ufuk timur. Saat melihat matahari terbit tersebut, bacalah surat Al-Ikhlas berkali-kali sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan menargetkan berapa jumlah yang dibaca.

Karena esensi dari cara ini adalah rasa ikhlas yang tulus dari dalam hati. Pada sore hari, sebelum matahari terbenam bacalah Surat Al-Ikhlas seperti saat matahari terbit. Lakukan hal ini setidaknya satu tahun supaya mata batin Anda semakin tajam dan baik. Hal yang perlu Anda ingat adalah jangan pernah membicarakan tentang amalan ini kepada siapapun sebelum mata batin Anda benar-benar terbuka. Jika sudah membaca surat Al-Ikhlas selama setahun, cobalah menguji mata batin Anda. Saat malam hari, jika mata batin sudah terbuka Anda akan bisa mendengar suara alam yang merdu dan keras. Tapi jika belum terbuka sepenuhnya, Anda hanya akan mendengar suara alam yang lirih dan sulit dibedakan.

2. Amalan wajib

Dalam Islam, ada beberapa amalan wajib yang harus dilakukan untuk bisa membuka mata batin. Sebenarnya, amalan wajib ini selalu diamalkan oleh umat muslim yang memang taat beragama agar bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Amalan yang dimaksud disini adalah selalu shalat wajib 5 waktu dalam keadaan apapun, sholat malam tidak pernah ditinggalkan dalam kondisi apapun, menanamkan rasa welas asih kepada diri sendiri, menumbuhkan kasih sayang antar sesama makhluk Allah, memiliki rasa kepedulian terhadap sesama manusia, bersikap rendah hati, suka bersedekah, hilangkan hawa nafsu berupa amarah, dengki dan iri, mengutamakan kepentingan orang lain dibandingkan dengan kepentingan pribadi, tidak mengkonsumsi makanan yang haram, tidak berprasangka buruk, dan lain sebagainya yang sifatnya menyebar kebaikan.

Selain itu, amalan yang bisa digunakan untuk mempertahankan ketulusan hati dan mengasah diri adalah dengan memanjatkan doa-doa baik sebagai sarana untuk mendekatkan diri sekaligus berkomunikasi dengan Allah SWT. Bacaan yang bisa mendekatkan diri Anda kepada Sang Maha Pencipta adalah membaca istighfar 100 kali, Alfatihah 100 kali, shalawat 100 kali setiap kali selesai sholat malam. Amalan khusus tersebut sebenarnya bukan prioritas, hanya saja sangat berguna untuk Anda yang ingin memurnikan hati dan mendekatkan diri dan hati kepada Allah SWT. Dengan mengikuti amalan dan bacaan yang dijelaskan tadi, dengan sendirinya Anda dapat melihat alam dari dimensi yang berbeda karena mata batin akan dibukakan oleh Allah SWT.

3. Istiqamah dan kontiniu

Melakukan amalan selama beberapa hari tentunya tidak akan menyulitkan, tapi melakukan ibadah secara istiqamah dan konitinue adalah suatu hal yang sangat sulit dilakukan. Bukannya tidak mungkin, tapi hanya segelintir orang saja yang mampu melakukannya. Melakukan ibadah secara istiqamah merupakan cara terbaik membuka mata batin. Dengan begitu, hati dan pikiran Anda akan kembali suci layaknya bayi yang baru lahir. Seseorang yang memiliki hati suci dan bersih tidak hanya mampu melihat hal-hal yang sifatnya ghaib tapi juga bisa merasakan kenikmatan ketenangan dan ketentraman jiwa dalam hidup yang selama ini tidak pernah dirasakan. Mereka yang mempunyai mata batin ditandai dengan kemurnian dan kebersihan hati sehingga sikap, sifat dan tingkah laku perbuatannya akan selalu bisa dikendalikan, khususnya untuk hal-hal yang bersifat negatif dan duniawi.

Namun yang seringkali menjadi kendala dalam membuka mata batin adalah sulitnya usaha untuk terlepas dari keduniawian. Dimana sifat manusia yang sudah terpengaruh oleh lingkungannya seperti kedengkian, keserakaan, kikir, sombong, ketamakan dan sifat negatif lainnya sangat sulit dihilangkan. Oleh karena itulah mengapa poin paling utama dari membuka mata batin adalah tidak memprioritaskan urusan duniawi dan selalu menyerahkan segala permasalahan dalam hidup kepada Allah SWT. Meskipun demikian, bukan maksudnya Anda hanya harus berdoa dan berdoa tanpa usaha. Karena sejatinya, Allah SWT selalu menyuruh umatnya untuk berikhtiar sebagai manusia. Hasil akhir, tinggal Allah SWT yang menentukan. Karena apa yang direncanakan manusia, belum tentu baik untuk dirinya. Sementara Allah SWT, akan selalu memberikan yang terbaik kepada seluruh umatnya.

Dengan menanamkan sifat welas asih kepada sesama manusia dan makhluk lainnya, orang yang sudah terbuka mata batinnya akan selalu memprioritaskan Allah dibandingkan dengan urusan duniawi. Karena menurutnya, sang pencipta adalah penentu dan sandaran terbaik untuk manusia dalam menjalani kehidupan. Apabila hati masih diwarnai dengan semua hal yang berkaitan dengan duniawi, maka akan sangat sulit bagi Anda untuk membuka batin seperti yang diinginkan.

Setelah mata batin terbuka, maka tinggal keistiqamahan Anda lah yang menentukan apakah mata batin tersebut akan tetap terbuka dan memberikan hal-hal yang posifit dalam hidup atau sebaliknya. Demikianlah informasi mengenai cara membuka mata batin jika dilihat dari kacamata islam. Perlu diingat bahwa sebelum Anda membuka mata batin, maka persiapkanlah diri dengan matang dan niat yang baik. Karena ada beberapa risiko yang akan dirasakan saat Anda membuka mata batin. Salah satunya adalah bisa melihat atau merasakan keberadaan makhluk-makhluk ghaib. Baca selengkapnya di sini : resiko jika membuka mata batin sendiri