10 Cara Melatih Otak Kanan Pada Anak yang Harus Orangtua Ketahui

Posted on

Bagi orangtua, memiliki anak yang pintar adalah suatu hal yang sangat membanggakan. Sayangnya, anak yang pintar secara akademik di sekolah belum tentu memiliki masa depan yang sukses atau cerah. Agar bisa sukses di masa depan, anak harus dilatih sedini mungkin. Tak hanya dari nilai akademik, anak juga harus didik untuk bisa bersosialisasi dan berorganisasi dengan baik. Pasalnya nilai saja tidak cukup untuk menghadapi persaingan yang ketat di dunia kerja yang keras.

Berdasarkan analisa yang dilakukan oleh para ahli, otak bagian kiri berfungsi untuk melakukan analisa logika, analisa angka, analisa bahasa, dan juga intelektual.Lain halnya dengan fungsi otak kanan. Otak bagian kanan berfungsi untuk mengendalikan aktivitas yang sifatnya imajinasi, divergen (meluas), kreativitas, ide-ide, musik, emosi, intuisi, abstrak, spiritual, simultan, bebas, daya cipta, inovasi, kebahagiaan, keikhlasan, keuletan, keindahan, kejujuran, spirit dan lain-lain.

Otak kanan memiliki kemampuan untuk merekam ingatan dengan cepat sekaligus menyimpan ingatan tersebut di dalam memori dalam jangka waktu yang lama dalam otak. Otak bagian kanan juga bisa mengatur segala masalah pemikiran yang berkaitan dengan imajinasi dan kreativitas. Bagi Anda yang ingin anak berkembang kemampuan otak kanannya, maka wajib mengetahui  cara melatih otak kanan pada anak.

Cara Melatih Otak Kanan pada Anak yang Harus Orangtua Ketahui

Anak yang otak kanannya lebih mendominasi bisanya suka dengan hal-hal yang sifatnya abstrak, seni dan acak. Otak kanan memudahkan manusia untuk mempelajari semua bagian secara keseluruhan, menyukai gambar, menyukai grafik, bagan, menyukai sistem keseluruhan bahasa, dan hal-hal baru lainnya. Tahukah Anda bahwa anak yang otak bagian kanannya lebih dominan, biasanya sangat pandai bergaul dan bersosialisasi.

Hanya saja mereka sulit belajar tentang hal-hal yang bersifat teknis dan analisis. Tapi di jaman yang serba modern ini, pintar saja tidak cukup untuk bisa sukses. Anak-anak harus pintar bersosialisasi, kreatif dan membawa diri dengan baik agar bisa bersaing dengan anak lainnya. Berikut ini adalah bagimana cara melatih otak kanan pada anak yang bisa Anda coba agar anak semakin kreatif dan inovatif.

1. Memutar musik dinamis 

Car melatih otak kanan yang pertama adalag dengan mengajarkan anak tentang kepekaan seni. Caranya, cobalah Anda putar musik dinamis pada pagi hari lalu musik dengan tempo yang lebih tenang pada siang hari supaya anak bisa beristirahat. Dengan cara ini, anak busa mempunyai kepekaan terhadap irama musik.

2. Rangsang kemampuan anak untuk mengontrol diri 

Otak kanan berkaitan dengan intuisi dan emosi. Latihlah anak untuk bisa menstabilkan emosi. Salah satunya adalah dengan memberikan pengertian terhadap anak ketika keinginannya tidak bisa terpenuDengan memberikan pengertian seperti itu, anak bisa belajar beradaptasi dan mentoleransi pada rasa kecewa. Selain itu, latihlah anak dengan memberikan sedekah pada orang yang membutuhkan sehingga anak memiliki rasa empati terhadap sesama.

3. Thumb game 

Cara lain untuk meningkatkan ketajaman otal kanan adalah dengan thumb game. Caranya, Anda acungkan jempol tangan sebelah kiri bersamaan dengan kelingking tangan kanan. kemudian Anda ajak anak untuk menyorongkan kedua tangan ke sebelah kanan. Lalu sebaliknya, Anda acungkan kelingking tangan kiri dan jempol tangan kanan ke arah kiri. Lakukan latihan mengasah otak kanan ini selama beberapa kali secara kontiniu. Sekedar informasi, latihan ini bisa menyeimbangkan antara syaraf motorik kiri serta syaraf motorik kanan. Untuk hasil yang maksimal, cobalah untuk melakukan latihan ini setiap hari selama dua menit.

4. Eight game 

Cara melatih kemampuan otak kanan anak selanjutnya adalah bermain eight game. Cobalah Anda ajak anak membayangkan menulis simbol atau angka delapan menggunakam tangan kanan dan tangan kiri secara bersama-sama di udara, meja atau lantai. Latihan ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan otak kanan sekaligus otak sebelah kiri. Lakukan latihan ini selama dua menit tiap hari setelah sarapan.

5. Specific crawl 

Cara yang ke lima adalah melakukan gerakan spesific crawl. Caranya, Anda ajak anak untuk menggerakkan tangan sebelah kanan bersamaan dengan kaki sebelah kiri. Selanjutnya, balaslah dengan menggerakkan tangan kiri bersamaan dengan kaki kanan. Agar hasilnya terlihat lebih jelas, usahakan agat siku tangan bisa menyentuh lutut. Agar anak semakin tertarik, lakukan gerakan ini dengan iringan lagu favorit anak. Tak hanya bisa mengasah kemampuan otak kanan, anak juga akan semakin terbuka pikirannya terhadap hal-hal yang menyenangkan dan seru. Latihlah anak dengan gerakan ini setidaknya 10 menit dalam sehari.

6. Left-handed 

Latihan mengasah otak kanan selanjutnya adalah left handed. Bantulah anak untuk membuat tanda tangan menggunakan tangan kiri pada kertas kosong. Lakukan kebiasaan ini setidaknya 5 kali dalam sehari. Dengan kebiasaan ini, anak bisa menggunakan fungsional otak kanannya secara optimal. Selain tanda tangan, Anda juga bisa melatih anak dengan cara memegang gagang pintu lalu bukalah pintu tersebut menggunakan tangan kiri. Lakukan latihan ini setiap hari.

Cara lain adalah dengan mengajarkan anak cara menggosok gigi menggunakan tangan kiri. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa juga mengajarkan anak untuk menulis namanya sendiri dengan tangan kiri. Dengan melakukan kebiasaan ini secara rutin maka Anda bisa melihat sendiri keajaiban yang akan dirasakan oleh anak. Dimana ia, bisa lebih kreatif dan berinovasi dalam melakukan berbagai hal yang disukai.

7. Pattern game 

Latihan yang ketujuh adalah pattern game. Ajaklah anak Anda menggambar pola pola tertentu yanh menarii di atas sehelai kertas yang kosong. Tidak hanha menggunakan tangan kanan, bantu anak untuk menggambat dengan menggunakan tangan kiri dan kanan secara bersamaan ke arah atas, bawah, luar dan dalam.

Tujuan dari latihan ini adalah mengasah kemampuan syaraf otak kanan dan juga otak kiri. Selain itu, anak juga bisa menggali potensi visual lebih dalam lagi. Cobalah untuk melakukan latihan ini setiap hari selama dua menit setidaknya 14 hari.

8. Specific posturing 

Cara selanjutnya, ajak anak untuk bermain sambil bertumpu di lantai menggunakan tangan kanan dan lutut kiri. Sementara itu, posisikan agar tangan kiri di arahkan lurus ke depan dan kaki kanan lurus ke belakang. Posisi ini dapat mengaktifkan syaraf-syaraf tertentu pada otak kanan. Supaya hasilnya optimal, lakukan latihan ini setiap hari selama 10 menit minimal 14 hari secara kontiniu.

9. Specific relaxing 

Agar kemampuan otak kanan anak semakin maksimal, Anda bisa mengajaknya melakukan gerakan spesific relaxing. Caranya adalah bantu anak untuk mempertahankan posisi setengah tengkurap seperti sedang relaksasi. Biasakan posisi ini saat anak sedang sakit sembari di peluk oleh Anda. Dengan posisi ini, otak anak akan berada pada posisi alpha sehingga ia akan merasa sangat damai dan nyaman.

10. Ajak bermain aktif 

Cara meningkatkan kemampuan otak kanan anak selanjutnya adalah ajak anak bermain aktif. Temanilah anak-anak bermain sepeda, olahraga, dan lain sebagainya agar anak semakin aktif bergerak. Ajak anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya dan melakukan permainan anak yang menyenangkan. Permainan yang bisa mengasah otak kanan anak diantaranya adalah petak umpet, menggambar, mewarnai, dan lain sebagainya.