10 Cara Melatih Otak Kanan dan Otak Kiri Agar Seimbang Sejalan

Posted on

Agar otak bisa berfungsi dengan baik hingga tua nanti, sangat dianjurkan untuk Anda mengasah kemampuan otak dari kecil. Jika Anda memiliki anak, maka cobalah untuk mempetajam otak Anda dengan berbagai latihan mengasah otak. Seperti yang diketahui, otak secara umum dibagi menjadi dua yakni otak kiri dan otak kanan. Banyak orang yang penasaran dengan cara menyeimbangkan fungsional otak sehingga wajar saja jika mereka mencari informasi tentang bagaimana cara melatih otak kanan dan otak kiri agar seimbang.

Otak kiri berfungsi untuk mengatur kemampuan manusia terkait dengan bahasa, tulisan, logika, berhitung, penalaran. Daya ingat yang dimiliki otak kiri pada dasarnya hanya mampu bertahan dalam jangka waktu yang pendek atau sering dikenal dengan istilah short term memory. Tak heran jika banyak anak-anak yang sering melupakan pelajaran sekolah setelah beberapa waktu.

Apabila terjadi kerusakan di bagian otak kiri maka sudah pasti akan terjadi gangguan secara signifikan dalam hal fungsi berbahasa, matematika dan berbicara. Untuk bisa mempertahankan kapasitas dan kemampuan otak kiri Anda, maka latihan yang bisa dilakukan adalah melakukan permainan puzzles. Berbeda jauh dengan otak kiri, fungsi otak kanan sebenarnya adalah menangani proses berpikir, inovasi dan kreatifitas manusia. Nah, otak bagian kanan diidentikkan dengan khayalan, kreatifitas, emosi, warna dan bentuk atau ruang. Para seniman, biasanya lebih sering menggunakan otak bagian kanan.

Cara Melatih Otak Kanan dan Otak Kiri Agar Seimbang

Daya ingat yang dimiliki otak kanan siatnya panjang atau long term memory. Manusia yang otak kanannya dominan cenderung tidak bisa memikirkan hal-hal secara teknis dan mendetail. Cara kerjanya juga tidak terstruktur. Jika terjadi kerusakan di bagian otak kanan seperti tumor otak, stroke dan lain-lain, maka kemampuan otak yang akan mengalami gangguan adalah emosi dan visual. Agar fungsional otak kanan teta terjaga dan tajam, maka latihlah kerajinan tangan dan bernyanyi. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya mengoptimalkan kecerdasan anak?

Hal yang bisa Anda lakukan adalah menyeimbangkan antara fungsi otak kanan dengan otak kiri. Sebagai orang tua, Anda harus bisa mengajarkan pada anak tentang cara mengambil keputusan, membuat strategi, mencetuskan ide, perbendaharaan kata-kata, mindmapping, bermain, berpikir kritis dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar kerja otak kanan dan kiri bisa seimbang.

Kenapa harus menyeimbangkan antara kerja otak kiri dengan otak kanan? Dengan otak yang bekerja secara seimbang, maka anak bisa menulis secara kreatif, mengingat, mengeja, mengeja, berpikir, dan mendengar dengan baik sehingga bisa unggul dibandingkan dengan anak lainnya. Menyeimbangkan kerja otak bagian kiri dan kanan bisa diasah melalui kebiasaan. Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara melatih otak kanan dan otak kiri agar seimbang.

1. Latih kemampuan memori 

Cara melatih otak agar bisa seimbang fungsionalnya adalah dengan melatih kemampua memori. Anda pastinya masih mengingat masa-masa saat masih kecil bukan? Di masa tersebut, tentunya Anda sering menghafal. Ketajaman otak dalam mengingat akan semakin meningkat apabila Anda rajin melatih kemampuan memori otak dalam menyimpan informasi. Agar otak kanan dan kiri Anda bisa seimbang, lakukan berbagai kegiatan sosial. Sebab aktivitas sosial dapat membantu otak untuk bekerja lebih aktif dan dinamis.

Selain itu, sosialisasi juga dapat melatih kemampuan memori Anda. Kenapa? Karena saat bertemu dan berhubungan dengan banyak orang, maka otak akan bekerja agar bisa mengingat nama-nama oranh yang sudah Anda temui. Jadi, jika Anda ingin agat otak kanan dan kiri seimbang maka lakukanlah berbagai macam aktivitas sosial yang menyenangkan. Otak yang aktif berpikir akan menghindarkan Anda dari kemunduran kerja otak.

2. Melakukan sejumlah kegiatan sembari mata tertutup. 

Agar otak kanan dan kiri bisa bekerja bersama sama secara optimal, maka cara yang bisa Anda lakukan adalah melakukan berbagai kegiatan sembari menutup mata mulai dari menebak angka, membaca, dan lain sebagainya. Untuk bisa melakukan hal tersebut, maka Anda benar-benar harus melatih kefokusan otak. Kegiatan ini selain berguna untuk melatih otak juga bisa berfungsi untuk membangkitkan karakter positif dan potensi diri.

3. Bermain game imajinatif 

Cara menyeimbangkan antara otak kanan dan kiri selanjutnya adalah melakukan hal-hal yang imajinatif. Saat sedang istirahat atau ada waktu luang, cobalah untuk berpura-pura menulis angka satu sampai dengan 10 menggunakan tangan kanan dan juga tangan kiri secara bersamaan. Lakukan latihan ini sebanyak mungkin. Tujuan permainan ini pada dasarnya adalah untuk menyeimbangkan antar saraf motorik otak kanan sekaligus saraf motorik kiri. Dengan melakukan cara ini secara teratur, Anda akan merasakan kemampuan otak yang semakin meningkat.

4. Bermain pola 

Latihan selanjutnya adalah bermain pola. Cobalah Anda menggambar pola-pola tertentu dengan kedua tangan pada selembar kertas secara bersamaan. Dengan melakukan latihan ini, saraf motorik kanan dan kiri otak Anda akan semakin tajam.

5. Permainan jari 

Cara menyeimbangkan kemampuan otak selanjutnya adalah dengan permainan jari. Caranya,Anda acungkan jempol kiri serta kelingking tangan kanan sembari mengarahkan kedua tangan ke arah kiri. Lakukam cara tersebut pada tangan sebaliknya. Hanya saja sekarang sorongkan tangan ke arah kiri. Permainan jari ini sangat bagus untuk menyeimbangkan antara saraf motorik kanan dan kiri agar bisa seimbang dan bekerja secara optimal.

6. Gerakan lantai 

Untuk bisa mengaktifkan saraf-saraf pada otak, hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah gerakan lantai. Caranya, Anda letakkan tangan kanan dan lutut sebelah kiri ke atas lantai. Selanjutnya posisikan tangan kiri untuk lurus ke arah depan dan kaki kanan berada di belakang sambil di luruskam. Dengan begitu, saraf-saraf otak akan semakin terasah.

7. Gerakan kombinasi 

Cara menyeimbangkan otak selanjutnya adalah melakukan gerakan khusus yang dikenal dengan sebutan spesific crawl. Caranya, Anda gerakkan tangan sebelah kanan bersamaan dengan kaki kiri. Lalu, balaslah gerakan tersebut dengan kaki kanan dan tangan kiri.

8. Rotated reading 

Cara yanh ke delapan adalah rotated reading. Caranya, Anda balikkan sebuah tulisan dengan posisi atas ke bawah. Kemudian, bacalah secara perlahan bacaan tersebut setidaknya dua menit dalam sehari.

9. Gerakan tengkurap 

Cara menyeimbangkan otak yang ke sembilan adalah melakukan gerakan tengkurap. Posisi ini bisa membuat tubuh terasa lebih santai dan damai. Pasalnya tubuh yang diposisikan tengkurap membuat otak berada pada posisi alpha sehingga dapat memberikan efek damai dan nyaman pada tubuh.

10. Left handed signing dan writing 

Cara nenyeimbangkan kinerja otak kanan dan kiri selanjutnha adalab menulis dam tanda tangan dengan tangan kiri. Lakukanlaj cara ini minimal 14 hari secara berturut-turut. Melakukan cara ini, dijamin kemampuan otak Anda akan semakin meningkat dan tidak mudah lupa.