Asal Usul Nama Indonesia Secara Singkat dan Menurut Beberapa Ahli

Posted on

Siapa yang tidak mengenal Indonesia? Negara yang kaya akan budaya, Bahasa dan agama ini merupakan negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. Negara yang dipenuhi oleh beragam suku bangsa ini tidak akan lahir tanpa adanya pertumpahan darah yang dilakukan oleh para pejuang.

Setelah lama hidup di tanah air tercinta ini, mungkin masih banyak pihak yang belum mengetahui seluk-beluk nama Indonesia sebagai nama negara tercinta kita ini.Hal tersebut sangatlah wajar mengingat banyak kejadian atau peristiwa penting yang harus dilalui guna mendapatkan nama Indonesia sebagai nama negara yang kita huni hingga saat ini.

Bagi mereka yang belum mengetahui secara pasti akan informasi tersebut, mereka akan mendapatkan informasinya melalui penjelasan di bawah ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai alasan penamaan Indonesia sebagai nama negara dan sejarah dari pemberian nama tersebut.

Seluk-beluk Indonesia sebagai nama negara

Nama Indonesia pertama kali dikenal sejak tahun 1800. James Richardson Logan merupakan sosok pertama yang menyebutkan nama Indonesia pada buku yang ia buat. Buku dengan judul Journal of Indian Archipelago and Eastern Asia ini menjelaskan akan nama-nama wilayah yang pernah dijajah oleh bangsa Belanda. Pada saat itu, James menyebutkan jika wilayah yang pernah dijajah oleh Belanda disebut dengan Hindia-Belanda.

Asal Usul Nama Indonesia Secara Singkat dan Menurut Beberapa Ahli

Berbeda dengan James, bangsa Eropa mengenal Hindia Barat dan Hindia Timur sebagai wilayah di Hindia yang pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Hindia Barat merupakan wilayah yang pernah ditemukan oleh Christopher Columbus dan diyakini sebagai India saat ini. sedangkan Hindia Timur ditemukan oleh Vasco da Gama dan Magellan yang diyakini sebagai negara tercinta kita ini. Indonesia merupakan negara yang dicari oleh bangsa Belanda dalam mendapatkan rempah-rempah.

Wilayah nusantara kita merupakan wilayah silang budaya dimana budaya Tiongkok dan India bersatu sehingga menghasilkan budaya yang beragam. Dennis Lombard bahkan menyebut nusantara sebagai Carrefour de Civilization atau lebih dikenal sebagai silang budaya. Nusantara yang kaya akan keaneragaman ini bahkan mengundang banyak perhatian para sejarawan. Penduduk Hindia-Belanda yang pernah dijajah Belanda ini memiliki dua sebutan dan dikenal sebagai Indunesia dan Malayunesia.

Nama Indonesia sendiri semakin dkenal oleh sarjana-sarjana Belanda berkat campur tangan dari Adolf Bastian. Ia merupakan guru besar di suatu universitas di Berlin yang mengenalkan nama Indonesia kepada peserta didiknya di tahun 1826 hingga tahun 1905. Ia bahkan mengenalkan nama Indonesia ke dalam bukunya yang dicetak sebanyak lima jilid. Ia menerangkan Indonesia secara detail dengan membagi wilayah-wilayah yang ada di nusantara.

Istilah nama Indonesia menurut beberapa ahli etnologi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Indonesia memiliki daya tarik yang amat kuat bagi sebagian orang. Sebelum mengenal nama Indonesia, banyak ahli etnologi yang tertarik untuk mempelajari negara tercinta kita ini. hal tersebut dibuktikan dengan campur tangan mereka dalam memberi nama atau istilah bagi negara kita ini. Berikut ini merupakan beberapa ahi etnologi yang memberikan pendapatnya dalam memberi istilah bagi negara tercinta kita ini:

  • James Richardson Logan
    Ia menyebutkan bahwa penduduk yang berada di di wilayah kepulauan Melayu dikenal sebagai Indonesians dan Melayunesians.
  • Maxwell
    Ahli etnologi lainnya yang memberikan istilah bagi nusantara adalah Maxwell. Ia menciptakan sebuah buku yang diberi judul “ The Island of Indonesia”. Buku tersebut berisikan dengan pulau-pulau yang ada di Indonesia dan memiliki kaitan dengan ilmu bumi.
  • Adolf Sebastian
    Pada tahun 1884, Adolf Sebastian semakin memperkuat nama Indonesia di dunia dengan ulasan-ulasannya akan Indonesia.

Indonesia sendiri berasal dari potongan dua kata, indus dan nesos. Indus yang berarti Hindia dan nesos yang berarti pulau. Jika disatukan, Indonesia memiliki arti pulau-pulau yang ada di Hindia. Indonesia yang dikenal sebagai nusantara memiliki arti yang yang hampir sama jika menggunakan Bahasa Jawa.

Nusa yang berarti pulau dan antara yang berarti hubungan menjelaskan jika nusantara merupakan pulau-pulau yang salin terhubung. Rangkaian dari pulau-pulau merupakan arti lain yang dapat mengartikan dari kata nusantara tersebut. Jika ditelisik lebih jauh, istilah Indonesia dan nusantara tidak jauh dari kata pulau yang saling terhubung. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan yang saling berkaitan dan membentuk satu negara.

Istilah Indonesia di dunia politik

Nama Indonesia merupakan istilah yang digunakan oleh para tokoh kemerdekaan. Nama Indonesia sendiri memiliki makna politik yang nantinya akan digunakan sebagai identitas bangsa Indonesia. Karena istilah Indonesia yang penuh akan makna politik, Belanda selalu bersikap waspada saat mendengar kata Indonesia. Bung Hatta pun turut serta menjelasakan nama Indonesia di salah satu tulisannya. Nama Indonesia merupakan nama tepat yang dapat digunakan sebagai identitas bangsa daripada menggunakan istilah Hindia.

Istilah Hindia akan mengundah pemahaman yang salah. Hindia sendiri lebih menjerumus ke negara India daripada negara Indonesia. Nama Indonesia dikenalkan bukan hanya bertujuan politik saja, istilah Indonesia mampu mewakili cita-cita bangsa Indonesia di masa depan dengan segala kemampuan yang bangsa Indonesia miliki. istilah Indonesia di dunia politik semakin banyak ditemukan akibat banyaknya organisasi yang menggunakan istilah Indonesia di dalam nama organisasi yang mereka jalankan.

Tahun 1939, beberapa tokoh perjuangan Indonesia mengajukan mosi terhadap pemerintah Belanda agar mereka mau mengubah nama Nederlandsch-Indie menjadi Indonesie. Permintaan tersebut pada akhirnya ditolak secara terang-terangan oleh pemerintah Belanda. Nama Hindia-Belanda sendiri akhirnya hilang dengan datangnya bangsa Jepang ke tanah air.

Republik Indonesia akhirnya lahir dengan berakhirnya masa pemerintahan Jepang di tanah air. Berakhirnya masa pemerintahan Jepang dan Belanda membuat nama Indonesia terkenal hingga saat ini. Nama Indonesia kini menjadi nama negara yang dikenal oleh seluruh dunia. Tidak hanya dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah, negara Indonesia juga dikenal sebagai negara yang dipenuhi oleh rakyat yang mencintai negaranya. Hal tersebut dibuktikan dengan besarnya perjuangan warga negara yang ingin dikenal sebagai warga negara Indonesia.

Sejarah yang telah disebutkan di atas membuktikan kepada kita bahwa nama Indonesia tidak begitu saja muncul dipermukaan tanpa adanya sebab. Banyak sejarah yang pernah terjadi dan membuat nama Indonesia terkenal hingga saat ini. Pengorbanan para pejuang dalam memperjuangkan nama Indonesia harus diberikan apresiasi. Nama Indonesia tidak akan dikenal tanpa adanya pengorbanan yang harus mereka lakukan. Karena itulah, mencintai negara Indonesia tercinta merupakan hal wajib yang harus dilakukan.

Menjaga martabat bangsa menjadi hal lain yang harus dilakukan agar nama baik negara Indonesia tidak tercoreng oleh negara lain. Jangan sampai kita mengabaikan pengorbanan para pejuang yang telah bekerja keras untuk mendapatkan pengakuan nama negara dari negara lain. Mencintai negara, menjunjung tinggi nama baik negara dan membela negara atas desakan negara lain merupakan wujud bela negara yang dapat kita lakukan.