Asal Usul Lagu Nina Bobo Yang Mengandung Misteri Horor Seram

Posted on

Lagu apa yang paling sering dinyanyikan untuk mengantarkan anak-ana untuk tertidur? Nina Bobo jawabannya. Ya, lagu Nina Bobo memaang sangat terkenal di Indonesia. Banyak ibu-ibu yang menyanyikan lagu tersebut untuk segera menidurkan anak mereka. Karena banyak orang yang percaya bahwa lagu tersebut bisa membuat anak tertidur pulas.

Pada kenyataannya lagu Nina Bobo sudah sangat melegenda di dunia. Lagu ini juga sangat sering dinyanyikan oleh para ibu yang ingin melihat anaknya tidur pulas. Beberapa versi yang disebutkan berikut ini juga bukan satu-satunya kisah yang mencoba untuk menguak darimana asal-asul lagu Nina Bobo dan siapa yang menciptakannya. Diluar dari cerita tragis atau menakutkan yang melatarbelakangi terciptanya lagu Nina Bobo, sebenarnya menyanyikan lagu pengantar tidur untuk anak dapat menjadi stimulus pada otak serta alam bawah sadar anak. Hal inilah yang kemudian akan mempengaruhi perilaku dan kejiwaan anak nantinya.

Asal Usul Lagu Nina Bobo Yang Mengandung Misteri Horor

Aneka versi tentang asal usul lagu nina bobo

Bagi masyarakat Indonesia, Nina Bobo adalah lagu yang sudan tidak asing lagi. Karena lagu ini sudah didengarkan sejak turun temurun. Bahkan sampai dengan generasi sekarang ini, lagu Nina Bobo masih dinyanyikan oleh banyak orang. Liriknya yang sederhana dan nadanya yang simpel membuat lagu ini sangat mudah teringat dan dikenal oleh masyarakat. Meskipun liriknya sederhana, makna dari inti lagunya sangatlah mendalam. Dimana seorang ibu menjaga dan menidurkan anaknya agar bisa lelap dalam tidurnya. Sementara sejarah mengenai terciptanya lagu Nina Bobo ini masih sangat simpang siur. Ada banyak versi yang menceritakan bermulanya lagu Nina Bobo di Indonesia.

Asal usul lagu Nina bobo jika dilihat dari berbagai versi cerita memang terkesan berbau mistis dan seringkali membuat bulu kuduk menjadi merinding. Meskipun demikian, lagu tersebut masih sering dinyanyikan oleh para ibu meskipun sampai saat ini belum diketahui dari mana asal-usul lagu Nina Bobo yang sangat terkenal itu. Mendengar liriknya yang terkesan unik, nyatanya mampu membuat anak tertidur dengan lelap.

Lagu Nina Bobo memang sangat melegenda. Bahkan lagu ini sudah dikenal hingga mendunia. Namun tahukah Anda bahwa jika ada banyak sekali asal usul tentang penciptaan lagu Nina Bobo ini. Bahkan kebanyakan versi mengarah pada ha-hal yang gaib dan berbau mistis. Banyak pula versi yang menceritakan sejarah menyeramkan dari lahirnya lagu nina bobo. Seperti apa kisahnya? Ini dia ulasan lengkapnya.

1. Versi Wikipedia

Versi tentang penciptaan lagu nina bobo juga dituliskan dalam Wikipedia. Di halaman tersebut, dijelaskan bahwa lagu nina bobo beradal dari Indonesia. Hal ini dikarenakan kosa katanya yang bermakna meninabobokan atau lagu pengantar tidur. Lagu ini sebenarnya fokus pada kata Bobo yang memiliki pengertian tidur. Tak hanya di Indonesia, lagu nina bobo juga sangat terkenal di Belanda karena dinyanyikan oleh Wieteke Van Dort dan Anneke Gronloh menggunakan bahasa Belanda. Lagu Nina Bobo mulai populer hingga mendunia pada tahun 60 an saat dinyanyikan oleh seorang penyanyi cantik asal Indonesia – Belanda yakni Anneke Gronloh. Wanita yang bernama lengkap Johanna Louise Gronloh ini lahir di pada 7 Juni 1942 di Sulawesi Utara. Gronloh adalah seorang penyanyi terkenal yang karyanya sudah sampai ke Mancanegara seperti Singapure dan Brunei.

2. Versi Nina Mijk

Selain dari Wikipedia, ada lagi versi lain yang menjelaskan tentang lahirnya lagu Nina Bobo. Lagu pengantar tidur ini dibuat oleh seorang gadis asal Belanda bernama Nina Mijk. Nina terlahir dari keluarga musisi Belanda yang ingin mengembangkan musiknya di Indonesia. Pada suatu malam ketika hujan lebat dan petir menyambar, Nina tiba-tiba kesurupan. Badannya bisa melipat lentur sembari mengeluarkan kata-kata kasar yang sedang mengumpat. Nina selalu saja kesurupan hampir setiap malam. Hal tersebutlah yang membuat sang ibu merasa sedih dan khawatir. Karena setiap kali kesurupan, Nina harus dipasung dan diikat supaya tidak bisa melukai dirinya sendiri. Karena kejadian tersebut, ayahnya pergi meninggalkan Nina berdua dengan ibunya.

Bahkan satu persatu pembantu yang bekerja juga pergi meninggalkan rumah tersebut karena ketakutan. Hingga akhirnya, tersisa lah Nina dan ibunya di dalam rumah yang sudah tidak terawat. Pada suatu malam, anehnya Nina tidak lagi menjerit-jerit. Saat ibunya sedang mengintip, ia melihat bahwa Nina sedang duduk sambil menangis di atas kasur. Pada malam itu, Nina terlihat seperti Nina yang normal. Lalu, ibunya masuk dan memberikan pelukan kepada Nina yang menangis. Dalam pelukan ibunya tersebut, Nina meminta kepada ibunya untuk menyanyikannya sebuah lagu pengantar tidur. Nina berkata bahwa dirinya sudah sangat lelah. Kemudian, terciptalah lagu Nina Bobo. Setelah dinyanyian, Nina tertidur dan tidak pernah bangun kembali.

3. Versi Helenina

Versi ini dimulai ketika sebuah keluarga kecil diketahui memiliki anak kecil cantik bernama Helenina. Anak yang biasanya dipanggil dengan nama Nina ini berdarah campuran antara Jawa dan Belanda. Dimana ibunya adalah orang Jawa sementara ayahnya adalah Belanda. Helenina lahir pada tahun 1871. Setiap malam, Nina seringkali sulit tidur. Oleh karena itulah mengapa ibunya yakni Mustika sering sekali menyanyikan lagu pengantar tidur untuk Nina. Hingga akhirnya, Nina tidak bisa tidur jika tidak dinyanyikan lagu ini. Lalu atas saran ayah Nina yakni Van Rodjnik, dibuatkanlah lirik lagu untuk senandung pengantar tidur tersebut. Hampir setiap malam, sang ibu pasti akan menyanyikan lagu ini untuk membuat Nina Tidur. Hingga akhirnya, Nina menderita sakit parah akibat Malaria lalu meninggal dunia. Padahal usianya baru saja 6 tahun.

Setelah kepergian Nina, Van Rodjnik dan Mustika seringkali merasa sedih. Hingga suatu waktu, Mustika terlihat sedang menyanyikan lagu kesukaan Nina tersebut. Saat Van Rodjnik bertanya mengapa ia menyanyikannya, Mustika menjawab bahwa ia selalu mendengar bahwa anaknya Nina menangis dan selalu meminta untuk dinyanyikan lagu kesukaannya yaitu Nina Bobo. Oleh karena itulah mengapa Mustika selalu menyanyikan senandung pengantar tidur tersebut setiap malam hingga akhirnya ia pun meninggal dunia.

Sesudah Mustika meninggal dunia, sang ayah mendapat giliran untuk menyanyikan lagu Nina Bobo. Sang ayah dihantui oleh anaknya sendiri yang meminta untuk menyanyikan lagu pengantar tidur Nina. Hal ini tentu saja membuat Van Rodjnik merasa sedikit terganggu. Ia tidak mau menyanyikan lagu Nina Bobo tersebut berulang-ulang hingga akhirnya ia pun meninggal dunia. Berdasarkan cerita yang beredar di tengah-tengah masyarakat, saat ada yang menyanyikan lagu pengantar tidur Nina Bobo untuk menidurkan anak, maka arwah Nina akan mengunjungi anak tersebut dan menjaganya selama ia tertidur nyenyak. Versi inilah yang membuat lagu Nina Bobo ini terkesan mistis dan gaib.

Wah, banyak cerita di balik lagu Nina Bobo bukan? Entah versi mana yang benar,  Daripada memikirkan cerita dibalik lagu Nina Bobo, ada baiknya jika Anda memilih lagu-lagu pengantar tidur yang bermakna positif dan disertai dengan doa-doa yang baik. Sehingga anak akan merasa tenang dan juga nyaman. Dan alangkah lebih baiknya jika senandung lagu tersebut dinyanyikan sendiri oleh ibu dan ayahnya, bukan dari rekaman musik atau audio. Hal ini dilakukan agar anak mengenali suara ayah dan ibunya dengan baik dan semakin dekat dengan kedua orang tuanya tersebut. Jadi, masih tetap akan menyanyikan lagu Nina Bobo kepada anak Anda?