Asal Usul Dajjal dan Imam Mahdi Serta Ciri Ciri & Kemunculannya Kelak

Posted on

Sebagian dari anda yang merupakan umat muslim tentunya sudah mendengar sebuah kisah akhir yang sering diceritakan dan diperbincangkan. Menjelang akhir zaman akan ada dua sosok yang sangat berpengaruh bagi umat Islam. Dua sosok tersebut adalah Imam Mahdi dan juga Dajjal. Diceritakan bahwa kedua sosok ini saling bertentangan satu sama lain. Dajjal merupakan sosok yang akan memberikan kesesatan kepada manusia sedangkan Imam Mahdi akan menyelamatkan umat manusia dari segala bentuk kesesatan.

Loading...

Cerita dari kedua sosok ini dijelakan dalam salah satu surat yang ada pada Al Qur’an. Namun sering menjadi suatu pertanyaan bagaimanakah asal usul dajjal dan imam mahdi ini? Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai kedua sosok yang akan muncul di akhir zaman.Roda kehidupan teruslah berputar dan akan selalu seperti itu hingga ajal menjelang. Namun banyak sebagian dari kita yang masih terlena akan kenikmatan dunia yang sesaat dan kurang mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

image by http://ainvasion.com/trials-of-judgement-day/

Padahal kehidupan yang sedang dijalani akan mendekati akhir dari sebuah zaman. Hanya kesadaran diri yang akan membuat kita terselamatkan baik di dunia maupun akhirat. Diceritakan diakhir zaman akan terjadi berbagai hal yang tentunya berada di luar akal kita. Namun satu hal yang pasti adalah kehadiran dari kedua sosok berpengaruh ini yaitu Imam Mahdi dan Dajjal. Berikut adalah informasi mengenai asal usul dajjal dan imam mahdi:

1. Dajjal

Menurut cerita, Dajjal adalah seorang manusia yang berumur sangat panjang. Diyakini sosok ini sudah hidup sangat lama yaitu semenjak zaman Nabi Ibrahim masih hidup. Dajjal masih hidup sampai saat ini karena Allah SWT sudah menanggalkan kematian sosok ini sehingga sampai saat ini Dajjal masih bernafas dan belum diketahui keberadaannya. Berikut ini adalah beberapa hal mengenai Dajjal yang harus anda simak:

Loading...

a. Asal Usul Dajjal dan Keluarga

Menurut informasi dari beberapa hadist yang sudah dipelajari, Dajjal merupakan seorang keturunan Yahudi yang memiliki nenek moyang dengan sejarah kelam. Diketahui bahwa sosok ini dilahirkan dari seorang berpostur tinggi dan bertubuh besar serta memiliki hidung yang sangat  mancung dan menjuntai seperti layaknya paruh burung. Imam Al Barzanji menjelaskan beberapa hal mengenai Dajjal melalui pendapat bahwasanya nenek moyang  dari sosok ini merupakan salah satu dukun Yahudi yang menikahi sosok wanita yang merupakan keturunan jin. Nenek moyang Dajjal sudah hidup sejak zaman Nabi Sulaiman masih hidup. Namun karena menyebar kesesatan terhadap umatnya, maka nenek moyang Dajjal dan sang istri ditangkap lalu dipenjarakan oleh  Nabi Sulaiman. Informasi mengenai asal usul Dajjal yang ada masih sangat terbatas dan sangat misterius karena hadist-hadist yang membahas tentang sosok ini juga terbatas.

b. Ciri-ciri Dajjal

Dalam suatu hadist shahih yang diriwayatkan oleh muslim diketahui bahwa menurut sabda Rasulullah, Dajjal memiliki mata kiri yang buta, rambut keriting yang lebat dan tebal, tubuh tinggi dan juga besar, serta memiliki warna kulit yang agak kemerahan. Dengan ciri-ciri tersebut, maka siapapun yang melihatnya dari belakang akan nampak seperti sebuah pohon dengan daun yang sedang rimbun. Adapun pendapat mengenai ir-ciri dari Dajjal ini yang terkandung dalam hadist At-Tabrani bahwa ciri-ciri fisik yang dimiliki sosok ini adalah memiliki mata kiri yang buta dengan mata kanannya yang menonjol keluar. Pada bagian dahi Dajjal terdapat susunan kata ka-fa-ro yang apabila dibaca dalam tulisan akan menjadi sebuah kata kafir. Tulisan tersebut hanya dapat dibaca oleh mereka yang memang kemurnian islamnya tinggi.

c. Kemunculan Dajjal

Dajjal memang sudah hidup semenjak zaman Nabi Ibrahim namun dikurung karena perbuatannya yang merusak akidah manusia. Sosok ini dipenjara dan diasingkan di sebuah pulau yang belum diketahui serta dijaga oleh sesosok makhluk besar bernama Al Jassasah. Hal tersebut dilakukan agar Dajjal jauh dari keramaian umat manusia dan tidak merusak akidahnya. Atas izin dari Allah SWT, sosok ini akan dilepaskan menjelang akhir dari zaman dan akan muncul dengan berbagai fitnah serta kesesatan sampai manusia di zaman tersebut percaya bahwa Dajjal adalah tuhan. Bagi sebagian umat muslim yang kuat imannya akan menentang ajaran yang dibawa oleh Dajjal meskipun harus meregang nyawa sekalipun. Sedangkan bagi mereka yang lemah imannya, maka akan mempercayai dan menuruti ajaran sosok ini sehingga mereka menjadi pengikut Dajjal. Diceritakan bahwa sosok ini dipenjara dan diasingkan di bagian bumi belahan timur.

2. Imam Mahdi

Imam Mahdi merupakan salah satu sosok yang akan muncul di akhir zaman dan dipercaya sebagai penyelamat umat manusia dari segala kebatilan dan kezaliman yang disebabkan oleh Dajjal. Mahdi merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Agar anda dapat lebih memahami tentang Imam Mahdi, maka simaklah penjelasan berikut ini:

a. Asal Usul Imam Mahdi dan Keluarga

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, Imam mahdi merupakan kerutunan dari Allah SWT bernama Muhammad atau Ahmad dengan ayah bernama Abdullah. Dikatakan bahwa Imam Mahdi akan memimpin dunia selama 7 tahun. Selama kepemimpinan Imam Mahdi, kaum muslimin akan diselimuti kedamaian dan kemakmuran. Berbagai kelompok islam yang terpecah akan dipersatukan kembali. Dengan adanya Mahdi, maka islam akan berdiri tegak dibawah satu bendera dan satu komando.

b. Ciri-ciri Fisik

Dalam beberapa hadist diceritakan bahwa Imam Mahdi memiliki ciri-ciri fisik seperti kulinya yang berwarna coklat, hidungnya mancung dan sangat indah untuk dilihat. Giginya yang putih bersih berkilauan bagai cahaya cemerlang. Imam Mahdi dikabarkan berjenggot tebal dan memiliki sebuah tahi lalat pada pipinya. Postur tubuh Imam Mahdi dikatakan tinggi dengan ukuran tubuh yang ideal atau tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus.

c. Kemunculan Imam Mahdi

Bagi para penganut Syiah, Imam Mahdi diketahui sudah ada semenjak tahun 356 H dan disembunyikan oleh Allah SWT untuk menghentikan kezaliman yang ada di akhir zaman. Mendekati akhir zaman, Imam Mahdi akan muncul dan membuat beberapa kaum muslimin bangkit dari keterpurukan. Tanda akan semakin dekatnya hari akhir adalah turunnya Nabi Isa yang akan memabantu Imam Mahdi dalam memerangi Dajjal. Diceritakan bahwa nantinya pasukan Yahudi yang dipimpin oleh Dajja akan dapat dikalahkan oleh pasukan umat muslim yang dipimpin oleh Imam Mahdi.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai asal usul dajjall dan imam mahdi serta berbagai hal mengenai kedua sosok ini. Kita sebagai umat muslim memang harus mempercayai akan kehadiran dari kedua sosok ini. Namun setelah membaca informasi ini, alangkah baiknya anda sebagai umat muslim segera membenahi diri dan mulai mendekatkan diri kepada Sang Khalik. Hal ini harus dilakukan karena waktu yang terus berputar dan semakin dekat dengan puncak dari suatu zaman. Mari saling mengingatkan dalam kebaikan agar hidup yang anda jalani mendatangkan berkah.

 

Loading...