Arti Jones dan Bahasa Gaul Lain Dalam Meme

Posted on

Bagi kita yang sering mengakses situs humor 9gag atau 1cak, pastinya sudah tidak asing dengan meme. Meme adalah gambar yang disertai kalimat lucu. Seringkali gambar-gambar ini merupakan potongan film, publik figur ternama dunia, ataupun objek yang tengah viral di internet. Kalimat-kalimat yang dituliskan dalam gambar dapat berupa kalimat lucu ataupun sindiran.

Meme menjadi hiburan baru terutama di kalangan millenial yang gemar mengakses internet. Situs yang mempopulerkan meme di antaranya adalah situs komedi asal Taiwan, 9gag. Dari sinilah meme makin dikenal luas dan akhirnya sering muncul juga di media sosial seperti Facebook, Twitter hingga Instagram.

Arti Jones dan Bahasa Gaul Lain Dalam Meme

Dalam meme, kadang akan terkandung bahasa gaul yang biasa digunakan anak muda. Ini karena memang meme banyak digunakan oleh anak-anak muda dan menjadi konsumsi anak muda. Berikut adalah beberapa bahasa gaul yang digunakan dalam meme.

  • Kata pertama adalah jones. Jones merupakan singkatan dari jomblo ngenes, dan biasa digunakan untuk menyindir seseorang yang belum juga memiliki kekasih. Kata jomblo sendiri seringkali disingkat menjadi mblo.
  • Kedua ada kepo yang merupakan singkatan dari Knowing Every Particular Object. Kata ini sebenarnya memiliki kepanjangan yang positif, namun maknanya seringkali diidentikkan dengan orang yang sok tau segala hal.
  • Kemudian ada lagi japri yang merupakan singkatan dari jalur pribadi. Kata ini selain sering muncul dalam meme juga kerap digunakan dalam percakapan di grup. Artinya adalah seseorang yang ingin menghubungi orang lain melalui jalur pribadi atau personal chat, bukan melalui grup chat.
  • Kata gaul lain yang kerap muncul dalam meme adalah BTW, singkatan dari by the way yang berarti ngomong-ngomong. Bahasa gaul yang satu ini muncul saat dalam chat, kita bermaksud untuk mengetikkan kata ngomong-ngomong namun salah ketik menjadi nogomg-nogomg, sehingga untuk menghindari kesalahan atau keribetan, dipakailah singkatan btw.
  • Kata gaje juga sering muncul terutama di meme yang menggunakan bahasa Indonesia. Gaje adalah singkatan dari gak jelas. Ada pula beberapa orang yang menyingkat gaje menjadi GJ.
  • Kata berikutnya adalah ASAP, singkatan dari As Soon As Possible yang berarti secepat mungkin. Biasanya kata ASAP ini digunakan saat seseorang menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu.
  • Kita pasti tidak asing dengan kata OTW. OTW adalah singkatan dari On The Way atau lagi di jalan, yang menggambarkan seseorang tengah berada dalam perjalanan untuk mencapai suatu tempat.
  • Instagrammers pasti sering melihat hastag OOTD, terutama fashionista. Ini karena OOTD adalah singkatan dari Outfit Of The Day alias pakaian hari ini. Selain digunakan oleh para fashionsita di Instagram, kata gaul OOTD juga sering ditemukan dalam meme.
  • Kata typo juga pastinya tidak asing lagi bahkan untuk kita yang bukan penggemar meme. Typo adalah singkatan dari typhographical error atau kesalahan ketik di mesin ketik, laptop atau handphone yang menggunakan keyboard QWERTY karena mengetik huruf yang letaknya bersebelahan dengan huruf yang seharusnya. Misalnya, kita hendak mengetik kata rumah, namun yang diketik malah rumsh karena huruf A bersebelahan dengan huruf S. Kini, kata typo seringkali digunakan untuk kesalahan ketik apapun yang terjadi.
  • Kata gaul lain yang pasti sering kita dengar dan lihat di meme adalah keleus. Keleus adalah bahasa gaul untuk kali.
  • Banyak kata gaul di meme yang menggunakan bahasa Inggris, karena memang meme sendiri berasal dari negara yang menggunakan bahasa Inggris. Salah satunya adalah CMIIW, singkatan dari correct me if I’m wrong atau koreksi saya apabila saya salah. Tujuannya, tentu meminta orang untuk mengoreksi kita apabila ada kesalahan yang diperbuat.
  • Istilah haters juga seringkali terdapat dalam meme. Haters adalah pembenci, yaitu orang-orang yang membenci orang lain.
  • Ada pula bahasa gaul meme yang berasal dari film lawas Warkop DKI. Salah satunya adalah sokap, artinya sok tau.
  • LOL biasa digunakan untuk menggambarkan bahwa kita sedang tertawa, karena merupakan singkatan dari Laughing Out Loud atau tertawa terbahak-bahak.
  • Kata gaul selanjutnya adalah BRB. Selain digunakan dalam meme, seringkali kata BRB juga digunakan dalam chat. BRB digunakan saat seseorang harus pergi sebentar di tengah chat atau permainan game karena suatu urusan. BRB adalah kependekan dari be right back atau segera kembali.

Untuk bisa memahami meme, tentu kita harus tahu mengapa potongan film atau publik figur tertentu dapat menjadi sebuah meme. Seringkali meme-meme ini juga disertai kalimat khas yang diucapkan karakter film atau publik figur tersebut.

  • Meme yang cukup populer di situs komedi adalah potongan dari film Lord of the Rings: The Fellowship of The Ring. Dalam potongan gambar ini, tampak tokoh Boromir yang tengah mengatakan “one does not simply walks into Mordor”. Namun dalam meme, kalimat walks into Mordor diganti menjadi kalimat lain. Misalnya, “one does not simply passes the exam”. Meme ini menggambarkan suatu kegiatan yang tidak mudah dilakukan, sama seperti menuju gunung berapi Mordor yang penuh bahaya.
  • Berikutnya ada pula potongan gambar dari serial TV Game of Thrones, di mana tokoh Ned Stark menancapkan pedangnya ke tanah sambil berkata, “brace yourself, winter is coming”. Kata winter yang aslinya diucapkan akan diganti dengan kata lain berupa sesuatu yang akan datang dan seseorang diminta untuk bersiap-siap. Misalnya, “brace yourself, final exam is coming”, untuk menggambarkan ujian nasional yang akan datang dan kita harus bersiap-siap.
  • Meme selanjutnya juga dapat berupa publik figur yang tengah menarik perhatian banyak orang. Salah satu di antaranya adalah Salt Bae, sebutan untuk seorang koki asal Turki yang sempat viral di internet karena gayanya yang tengah menabur garam di atas masakan tampak sangat flamboyan. Fotonya ini kemudian banyak diedit untuk dijadikan meme.
  • Dari Indonesia, ada pula meme yang sempat viral dan banyak digunakan netizen. Meme ini menggunakan foto Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dengan kata-kata khasnya, “tenggelamkan!”. Warganet kemudian menambahkan kata-kata sendiri agar terkesan lucu, misalnya, “itu yang masih pacaran tapi manggilnya ayah bunda, tenggelamkan!”

Kita juga bisa membuat meme sendiri. Membuat meme tidaklah sulit. Siapkan foto, bisa berupa foto yang biasa digunakan untuk meme atau foto biasa saja. Masukkan kata-kata di dalamnya menggunakan aplikasi edit foto. Kata-kata yang dimasukkan dapat berupa kata-kata lucu ataupun motiviasi.

Meme kini tidak sekedar sebagai sarana hiburan namun juga kritik sosial. Seringkali seorang pembuat meme bermaksud untuk menyentil pemerintah atau publik figur tertentu yang dinilai tidak pantas baik dari segi tindakan maupun ucapannya. Meme dianggap sebagai alat kritik sosial yang mudah diterima karena banyak digunakan dan maknanya bisa ditangkap dengan mudah.