Arti Haleluya Menurut Alkitab Perjanjian Lama dan Baru

Posted on

Hallelujah, Hallelujah, Hallelujah, mungkin bagi sebagian orang yang telah mendengar lagu dari Jeff Buckley yaitu seorang kontestan American Idol tentu sangat terpana dengan lagu ini. Namun nyatanya masih banyak orang yang tidak tahu apa arti kata Halleluya yang mana kata ini biasa disebut oleh orang Kristen. Seringkali kata ini digunakan oleh sesama orang Kristen ketika berkunjung ke rumah seseorang yang juga beragama Kristen, atau ketika bertemu dengan seseorang di jalan yang juga beragama Kristen yang gunanya untuk menyapa.

Selain itu juga Halleluya juga dijadikan seruan saat ibadah di Gereja yang artinya adalah memuji Tuhan dan bersyukur atas rahmatNya. Tak hanya Kristen Protestan saja, tetapi Kristen Katholik juga menyebut kata ini yang maknanya pun sama.Lalu apakah itu arti dari Halleluya menurut alkitab?

Bagi orang Kristiani tentunya tahu penggunaan kata Halleluya yang sering diucapkan pada hal-hal tertentu. Namun nyatanya banyak yang belum memahami apa arti dari kata tersebut yang terdapat didalam Alkitab dan disebut melalui kisah para nabi. Alkitab menyebutkan adanya arti dari kata Halleluya, yang mana kata ini diambil dari bahasa Ibrani.

Dan didalam Alkitab, maka bisa lita temukan banyak kata Halleluya dalam kitab Mazmur di ayat pertama yang mana menjawab arti kata Halleluya tersebut. Dan untuk penjelasan lebihnya akan dibahas dalam artikel ini mengenai kata Halleluyah dalam Alkitab orang Kristiani.Kata Halleluya sendiri bagi orang Islam bisa disama artikan maknanya seperti Alhamdulilah, dan kata ini sering disalah artikan berasal dari Arab yang tentunya tidak ada kaitannya sehingga banyak.kontroversi mengenai asal mula dari kata Halleluya.

Arti Haleluya Menurut Alkitab Perjanjian Lama dan Baru

Dan pada akhirnya ditemukan fakta bahwa kata ini berasal dari bahas Ibrani yang mana harusnya ada tambahan huruf H di belakang kata Halleluya. Dan akan Haleluya sendiri akar dari kata tersebut yaitu halall yang mana terdapat kalimat He Was Praised dan juga Yah yang merupakan singkatan kata dari kata Yahwe dan ditambahkan prounounce u pada tengah-tengah kata sehingga bisa.diartikan bahwa kalimat yang tepat untuk arti dari Halleluyah yaitu Terpujilan Tuhan Yesus atau Yahwe.

Arti haleluya menurut Alkitab perjanjian lama dan perjanjian baru

Dalam kata Haleluya bisa diartikan lebih mengarah kepada kata ajakan bagi para umat untuk memuji Tuhan Yesus dan juga mengucapkan akan harapan atau berkah dari Tuhan Yesus. Dan dalam pengucapan kata ini disebutkan pada saat misa atau ibadah di Gereja yang mana pemimpin umat mengucakan Terpujilah Tuhan Yesus dan secara serentak semua umat akan ikut memuji Tuhan Yesus yang merupakan pencipta langi dan bumi sera Juru Slamat bagi umat manusia.

Dan Dengan hadirnya kata ini.maka secara terus menerus kata ini jadi sering digunakan ketika ingin memuji Tuhan Yesus dan bukan hanya digunakan sebagai ajakan dia Gereja. Disebutkan bahwa dalam perjanjian lama.setidaknya ada 23x disebutkan kata Haleluya yang kata tersebut ada di dalam Kitab Mazmur. Namun kata ini juga muncul di kitab lainnya yang mana sebelum kitab Perjanjian Baru di tia dan menyebutkan bahwa orang Yahudi selalu menggunakan kata ini pada saat mereka melakukan ibadah. Sedangkan pada Perjanjian Baru kata Halleluya disebut sebanyak 4 X yang mengatakan bahwa kata ini juga di gunakan dalam ibadah umat Kristen.

Sedangkan dalam kitab Wahyu kata Haleluya disebut sebanyak 19 kali yang berulang-ulang seperti lagu-lagu refrain yang tentunya kata ini juga yang dijadikan sebuah lagu. Sedangkan di bagian Wahyu 19 menandakan penutup dari kitab yang mana para jemaat pada saat itu menyanyikan kemenangan bagi Tuhan Yesus atau Anak Domba Allah dan seluruh dunia menyerukan secara bersama-sama Haleluya terpujilah Yahwe! Dan berikut ini merupakan beberapa arti kata Haleluya yang dijelaskan melalui ayat-ayat dalam Alkitab Kristiani :

Seperti yang telah diucapkan oleh Agustinus pada tahun 430 M atau yang merupakan Bapa Gereja yang paling di hormati yang menjawab semua pertanyaan atas pujian altar yang di kidungkan sesaat setelah pembacaan pertama dari kotab suci Kristiani. Ungkapan pujian bagi Tuhan inu ada di pendahuluan dari ke sebelas Mazmur yaitu Mzm. 146-150 yang juga kadang ditambahkan pada bagian akhir yang pujian ini juga dinyanyikan saat Sinagoga.

  • Dalam Kitab Wahyu ( Why. 19″1-16) Perjanjian Baru disebutkan bahwa arti kata dari Haleluya ini digunakan untuk ibadah Gereja yang merupakan bentuk dari pujian akan Tuhan Yesus yang mana kata ini ditemukan fakta yang mengungkapkan bahwa ini merupaka kidung akam Tuhan Yesus bagi orang Kristen.
  • Dalam Wahyu yang mana terdapat dalam kita Wahyu ( why 19 :1,3,4,6 ) disebutkan bahwa Haleluya digunakan ibadah orang Kristen. Dan tidak digunakan oleh orang Yahudi.
  • Dalam Mazmur 113-118 kita Perjanjian Lama menyebutkan bahwa Hallel Mesir yang sering dinyanyikan pada saat hari raya Paskah dan Pentakosta serta pada saat hari raya besar Mesir lainnya Mzm 113:114 yang dilakukan sebelum makan.
  • Mzm 135-136 Perjanjian Lama dikatakan bahwa seruan untuk kata Haleluya serta kidung pujian bagi Tuhan di lakukan pada hari sabat.
  • Mzm 146-150 Perjanjian Lama disebutkan bahwa kata Haleluya diserukan pada saat Kebaktian pagi.

Meskipun banyak pro kontra yang menyebutkan bahwa kata Haleluya merupakan sebuah kata yang memuji Tuhan didalam kebaktian Allah yang diduga setelah melakukan pembuangan Tuhan Yesus, namun kata Haleluya lebih bersifat kepada rasa terima kasih pada Tuhan Yesus atau kebaikanNya. Sehingga dalam hal ini yang bisa kita artikan dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru Alkitab menyebutkan bahwa Tuhan Yesus merupakan anak Allah yang menjadi penghormatan bagi mereka yang menyembah atas keselamatan, kebaikan, kemuraha hati dan juga pengampunan yang diberikan.

Dan karenanya tak heran apabila Haleluya disebut dalam sebuah pujian dan juga lagu yang disebut secara berulang kali dalam lagu Kristen yang mengartikan baha kasih Tuhan Yesus sungguh besar atas mereka. Meskipun banyak pro kontra atas arti kata Haleluya, namun satu hal yang bisa dipetik yaitu adanya satu hal yang dapat djadikan sebagai pedoman dan juga bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta, sehingga hal ini yang patut untuk diteladani.

Selain itu adanya pemahaman dari kata Haleluya yang telah di bahas secara detail ini bisa memberikan wawasan akan kata Haleluya dari Alkitab yang merupakan kitab suci bagi orang Kristen yang tentunya semakin mengimani umat agar lebih mengerti mengenai kisah para Nabi serta nubuat dan juga perjanjian Tuhan Yesus akan umat setiaNya dalam melakukan kebaikan dan juga ucapan syukur sehingga umat tidak lupa akan Penciptanya dan lebih senantiasa selalu bersyukur atas rahmat dan berkat yang diberikan oleh Tuhan Yesus pada mereka yang selalu berjalan bersamaNya.