Arti Haleluya Dalam Islam Adalah Berikut Ini

Posted on

Haleluya adalah suatu bentuk kata yang cukup sering digunakan dalam agama Kristen dan Katholik yang mana kata ini juga di gunakan dalam ibadah misa dan juga Pentakosta. Semua umat Kristen menggunakan kata ini yang juga sering dinyanyikan pada kidung puji-pujian, doa pribadi dan juga didalam kehidupan sehari-hari dalam umat Kristen.

Dalam mengucapkan kata Haleluya, maa tentunya kita sudah bisa menebak bahwa orang tersebut adalam orang Kristen.Seringkali juga kata ini digunakan oleh pemimpin misa atau ibadah di Gereja baik itu Pastur atau Pendeta untuk menyerukan suatu ucapan syukur atas Rahmat yang diberikan oleh Tuhan Yesus atas umatNya.Bahkan banyak pemuka agama Kristen yang mengatakan bahwa kata Haleluya merupakan kata yang berasal dari surga sehingga bisa dikatakan bahwa Haleluya merupakan kata suci bagi orang Kristen.

Dunia ini tentunya banyak terjadi intrik dan pro kontra yang mana sebagian besar orang membuat pemahamannya sendiri akan tentang sejarah agama yang mana hal ini penting untuk dicari tahu kebenarannya. Jika bagi orang Kristen, kata Haleluya merupakan kata yang berasal dari bahasa Ibrani dan Yunani yang mana memiliki arti pujian bagi Yahwe atau anak Domba Allah, maka lain halnya bagi orang Islam bahwa Haleluya disebutkan berasal dari bahasa Arab. Apakah benar adanya?

Arti Haleluya Dalam Islam Adalah Berikut Ini

Banyak orang Muslim yang merasa bahwa kata Haleluya merupakan bahasa dari Arab yang bisa diartikan dengan kata Alhamdulilah. Hal ini dibuktikan melalui beberapa kata yang diyakini memiliki kemiripan denan bahasa Arab. Namun informasi ini langsung dibantah keras oleh para pemuka agama Kristen yang mengatakan bahwa kata tersebut merupakan kata pujian orang Kristen bagi Tuhan Yesus pada saat melakukan ibadah dan sehari-hari yang intinya yaitu memuji Tuhan Yesus dan mengucap syukur atasNya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai kata Haleluya yang tentunya banyak orang yang memiliki pemahamannya sendiri-sendiri dan mencari tahu apa arti dari kata Haleluya yang sebenarnya, apakah berasal dari bahasa surga atau bahasa lainnya yang tentunya dibahas dengan sangat jelas. Dan untuk pemahaman yang dibahas yaitu menurut kacamata dari agama Islam mengenai kata Haleluya yang mereka yakini berasal dari bahasa Arab.

Arti kata haleluya dalam Islam apakah alhamdulilah?

Haleluya merupakan kata yang berasal dari bahasa Ibrani yang menggunakan kata Halal berarti yaitu berterima kasih, megucap syukur, berbangga atas nama Tuhan dan yang lainnya yang pada intinya yaitu memuji kebesaran Tuhan Yesus. Kata Haleluya sendiri juga diambil dari kata He dan Lahmed yang memiliki arti sedang mengarahkan domba kepada suatu arah yang mana dipande bersama dengan gembala yang membawa tongkat yaitu Tuhan Yesus.

Dan singkatan dari kata He dan Lamed ini akhirnya di singkat menjadi sebuah kata halelu dan tambahan kata di belakang Yah itu lebih mengarah kepada Yahwe, sehingga bisa diartikan bahwa Tuhan Yesus adalah gembala untuk domba yang tersesat yang kawanan domba tersebut adalah manusia.

Ada juga yang menyebutkan bahwa kata Haleluya merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu Alleluia yang artinya yaitu Terpujilah Tuhan Yesus.Berbeda halnya dengan orang Islam yang mengatakan bahwa Haleluya diyakini berasal dari bahasa Arab yaitu Halliluuyaa yang memiliki arti memuji Tuhan atau Alhamdulilah. Dan dari kata ini banyak yang menyimpulkan bahwa Haleluya muncul sebagai salah satu seruan kepada Tuhan atas rahmatNya.

Jika melihat dari sejarah Firman Allah SWT yang telah diwahyukan pada nabi-nabi yang telah diutus oleh Allah mulai dari Adam As hingga Muhammad SAW yaitu menggunakan bahasa Aram dan juga bahasa yang dirasa paling mirip dengan bahasa logatnya dengan bahasa Arab, yang tentunya Alquran menggunakan bahasa Aram. Dan nabi yang dikatakan menggunakan bahasa Aram yaitu nabi Ibrahim As

Yang pada akhirnya banyak yang menyebutkan bahwa nabi Ibrahim adalah orang yang berasal dari Aram dan juga seorang pemimpin dari semua agama yang dinamakan Samawi dan juga Monotoisme atau agama yang menganut kepercayaan pada satu Tuhan yaitu Islam, Yahudi dan Nasrani. Namun ada beberapa skeptik yang mengatakan bahwa arti kata Haleluya bagi agama Islam yaitu sebagai berikut:

  • Segala Puji Bagi Tuhan
  • Puji Memuji
  • Segala Puji Bagi Alloh
  • Tuhan
  • Tentang Tuhan
  • Puji Memuji
  • Tuhan
  • Mengaku Tuhan
  • Tuhan Semesta Alam dan lainnya.

Ada juga yang mengatakan bahwa kata Haleluya juga merupakan arti dari kata Alhamdulilah atau ucapan syukur bagi Tuhan atau Allah. Namun hal ini masih menjadi perdebatan bagi banyak orang yang mengatakan bahwa kata tersebut bukanlah arti dari kata Alhamdulilah. Meskipun begitu dalam surat Alquran disebutkan mengenai nabi Ibrahim As yang mana tertulis mengenai kebenaran dirinya sebagai pemimpin semua iman seperti beberapa surat berikut ini :

● Al Baqarah :124

Maka Ingatlah kamu bahwa saat Ibrahim diuji oleh Tuhannya oleh beberapa kalimat perintah dan larangan, dan Ibrahim melaksanakannya maka Allah berfirman : “Engkau akan kujadikan imam dari semua iman di seluruh manusia di bumi”.

● Al Baqarah 1:36

Maka katakanlah pada orang-orang mukmin bahwa barangsiapa yang beriman hanya kepada Allah dan juga apa yang diturunkannya pada kami, baik itu Ibrahim, Yakub, Ishaq, Ismail, Isa dan Musa juga pada nabi-nabi lainnya, maka kami tidak pernah membedakan seorang siapapun diantara mereka dan kami hanya patuh hanya KepadaNya.

Dan hal tersebut yang menimbulkan banyak pemikiran dan pemahamannya sendiri yang mengatakan bahwa kata dari Haleluya merupakan kata lain dari Alhamadulilah serta menganggap bahwa apapun bahasa yang digunakan oleh semua iman dan kepercayaan memiliki arti yang sama.

Namun tentunya hal ini belum bisa diterima oleh semua agama yang menganggap bahwa hal ini merupakan sebuah kebohongan yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Dan jika melihat dari sisi kristiani sendiri tak disebutkan bahwa Ibrahim adalah salah satu nabi dari orang Kristiani, dan itu tertuang dalam kitab Wahyu dan juga Mazmur.

Namun meskipun diakui sebagai puji-pujian bagi Tuhan Yesus, namun lain halnya dengan agama Muslim yang mengatakan bahwa hal ini dikarenakan adanya kitab yang telah dirubah yang dari Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru yang tentunya orang Kristen berpatuh pada Perjanjian Baru yang saat ini digunakan, sehingga hal ini lah yang menjadikan banyak umat Muslim yang menganggap bahwa Haleluya itu belum dipastikan kebenarannya dan masih menjadi perdebatan hingga kini.

Dengan adanya pembahasan mengenai arti kata Haleluya bagi orang Islam ini tentunya bisa memberi info serta wawasan mengenai arti kata asing dalam agama Kristen dan agama Islam yang diharapkan tidak menjadi suatu konflik dan bisa menjadikan kita untuk lebih beriman akan perintah serta ajaran yang berlaku dalam agama masing-masing.