Arti Freelance Jobs dan Contoh Pekerjaannya Yang Pasti

Posted on

Mungkin dari sebagian orang pernah mendengar mengenai pekerjaan freelance. Namun tak sedikit diantaranya mengerti dengan jelas bagaimanakah kerja freelance tersebut. Freelance adalah suatu pekerjaan lepas atau pekerjaan paruh waktu. Istilah tersebut biasanya digunakan bagi orang yang ingin memiliki pekerjaan dengan cara bekerja dengan tidak berkomitmen dalam jangka panjang terhadap perusahaan ataupun pemilik perusahaan. Dalam hal freelance tidak terikat dengan aturan-aturan perusahaan.

Orang yang bekerja dengan pekerjaan freelance ini biasa disebut freelancer. Perusahaan-perusahaan yang biasanya memperkerjakan pekerja lepas pada umumnya menawarkan bidang pekerjaan di bidang menulis, musik, desain grafis, desain web, bidang penjualan (sales, marketing, SPG/SPB), fotografi, editing, dan sebagainya. Untuk menjadi seorang freelancer, biasanya tidak ada persyaratan khusus yang telah ditentukan oleh suatu perusahaan.

Beberapa orang diantaranya mungkin memang memiliki latar belakang pendidikan formal seperti jurnalisme maupun pemrograman. Atau mungkin ada juga yang memiliki latar belakang pendidikan dengan gelar sarjana atau master. Jadi bagi Anda yang ingin mencoba untuk menjadi seorang freelancer tak usah ragu untuk mendaftarkan diri ke perusahaan yang sedang membutuhkan pekerjaan paruh waktu. Namun apabila Anda ingin mengetahui beberapa persyaratan yang biasanya harus dimiliki oleh seorang freelancer, simaklah informasi yang dimuat pada artikel ini.

arti freelance job dan contoh pekerjaannya

Persyaratan menjadi freelancer

Menjadi seorang freelancer memang tak perlu memiliki persyaratan khusus, namun persyaratan dibawah ini juga merupakan beberapa hal yang harus dimiliki oleh freelancer.

a. Pengalaman

Untuk pekerja paruh waktu terkadang suatu pengalaman selalu dipertimbangkan oleh pihak perusahaan. Namun bagi Anda yang belum memiliki pengalaman dibidang pekerjaan freelance ini sebaiknya Anda mencoba terlebih dahulu untuk mendaftar sebagai freelancer karena tak menutup kemungkinan beberapa perusahaan tidak terlalu mempertimbangkan pengalaman kerja.

b. Adaptasi yang baik atau fleksibel

Keuntungan menjadi seorang freelancer salah satunya yaitu bisa bekerja dimana saja. Seorang freelancer tak mesti bekerja di dalam kantor ataupun perusahaan, oleh karena itu para pekerja paruh waktu bisa bekerja di rumahnya. Selain itu juga freelancer tak terbatas oleh waktu sehingga mempunyai kebebasan untuk menentukan jadwal bekerjanya sendiri. Fleksibilitas serta mudah untuk beradaptasi inilah yang merupakan syarat umum menjadi seorang freelancer.

c. Memahami dunia internet

Pada umumnya pihak perusahaan bisa menemukan serta menyewa freelancer ini secara online melalui internet. Nah apabila Anda berminat untuk menjadi seorang freelancer sebaiknya Anda memahami dunia internet atau online dengan baik.

d. Mampu memanage waktu

Meskipun pekerjaan paruh waktu ini tak terikat dengan aturan atau komitmen dengan perusahaan, namun pekerjaan tersebut juga mempunyai tenggang waktu yang sudah ditentukan oleh para pemilik perusahaan yang mempekerjakan Anda.

Contoh jenis pekerjaan freelance

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis pekerjaan freelance yang mungkin saja sebenarnya anda sendiri sudah alami.

1. Penulis

Apabila Anda memiliki bakat dalam bidang menulis, maka sebaiknya Anda jangan menyia-nyiakannya dengan begitu saja. Karena pada saat ini menulis sudah merupakan salah satu pekerjaan paruh waktu atau freelance yang sangat dibutuhkan dan paling banyak dibutuhkan. Selain itu juga pekerjaan menulis ini biasanya sangat diminati oleh sebagian besar orang. Nah jika Anda bisa mengekspresikan segala sesuatu dengan apa yang ada di pikiran kemudian disusun melalui kata-kata, sangat disarankan untuk menjadi freelancer di bidang penulis. Selain karena pekerjaan ini adalah pekerjaan yang tak memakan tenaga dan waktu, Anda juga bisa menyalurkan hobi Anda. Menulis freelance ini sangat cocok bagi Anda yang berprofesi sebagai mahasiswa, ibu rumah tangga, ataupun pensiunan.

2. Guru les privat

Jika Anda memiliki kemampuan atau menguasai suatu bidang ilmu tertentu sebaiknya Anda mencoba pekerjaan freelance sebagai guru les privat. Selain Anda mendapatkan pahala karena telah membagikan ilmu yang bermanfaat kepada orang, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan setiap harinya. Seperti yang Anda ketahui bahwa hingga sekarang ini banyak anak-anak SMA yang selalu membutuhkan pelajaran tambahan dengan mengikuti berbagai macam les privat. Hal ini bisa menjadi salah satu peluang bagi Anda untuk menjadi seorang freelancer.

3. Pemandu pariwisata

Apabila Anda memiliki latar belakang pendidikan dari jurusan pariwisata, mungkin pekerjaan paruh waktu sebagai tour guide atau pemandu wisata bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat cocok. Atau apakah Anda bukan merupakan seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan pariwisata? Tentu saja tidak apa-apa jika memang Anda menyukai jenis pekerjaan seperti itu. Selain mendapatkan pendapatan yang lumayan di setiap harinya tentu Anda juga bisa mendapatkan pengalaman dengan berjalan-jalan gratis.

4. Reporter/kontributor

Jika Anda memiliki latar belakang pendidikan di jurusan jurnalistik maupun setidaknya Anda memiliki minat di bidang jurnalistik, cobalah mulai sekarang Anda bekerja freelance sebagai reporter. Karena seperti yang Anda ketahui bahwa menjadi seorang jurnalis saat ini tak harus bekerja di kantor secara full time. Berkat adanya internet, banyak para citizen jurnalis telah mampu dalam memberikan kontribusi dalam memberitakan suatu informasi kepada media. Untuk mendapatkan pekerjaan freelance ini Anda bisa melamar dengan membuka lowongan kerja part time yang terdapat di daerah lokal.

5. Proofreader

Jika Anda memiliki ketelitian yang cukup tinggi terhadap bidang editing, tentu Anda bisa mendaftarkan diri sebagai seorang freelancer di bidang proofreading untuk berbagai macam karya tulisan. Hal tersebut karena hingga sekarang ini ada beberapa penerbit maupun media yang membutuhkan para pekerja paruh waktu sebagai proofreader. Tugas yang bisa Anda lakukan hanya mengecek serta mengoreksi naskah-naskah yang diberikan oleh atasan Anda supaya naskah tersebut menjadi benar. Maka dari itu pekerjaan ini sangat membutuhkan kejelian yang sangat tinggi.

6. Internet marketer

Untuk jenis freelance ini adalah yang paling populer saat ini, sebab mencari penghasilan lewat on line. Dimana banyak sekali tipe internet marketer seperti blogger maupun berjualan lewat toko online, baik dari website maupun dari facebook yang bisa dikatakan cukup fenomenal saat ini untuk mencari suatu penghasilan tambahan yang cukup besar. Sebab pada zaman sekarang ini memenuhi kebutuhan lewat pembelian jasa maupun barang secara on line adalah yang paling marak seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju.

Itulah pekerjaan-pekerjaan yang hingga saat ini selalu membutuhkan para pekerja paruh waktu atau freelance. Jika Anda memiliki pengalaman dibidang yang sesuai dengan jenis pekerjaan-pekerjaan seperti diatas, maka tak ada salahnya untuk mencoba melamar dan bekerja sebagai freelancer. Jika Anda melakukan pekerjaan freelance tersebut pastinya bukan hanya Anda mendapatkan pendapatan yang lumayan di setiap harinya, Anda juga bisa menyalurkan bakat atau hobi yang Anda miliki.

Apabila Anda telah memahami mengenai pekerjaan part time atau freelance, maka sudah saatnya Anda mengetahui beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pekerjaan tersebut. Manfaat dari freelance ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan upah
    Manfaat yang satu ini memang merupakan suatu hal yang sangat umum bagi orang yang bekerja. Upah dari pekerjaan freelance ini bisa Anda dapatkan jika Anda telah menyelesaikan pekerjaan yang telah ditentukan ataupun dibayar setiap bulan berdasarkan banyaknya pekerjaan yang telah Anda kerjakan.
  • Mendapatkan pengalaman baru
    Jika sebelumnya Anda belum pernah mendapatkan pengalaman kerja di suatu perusahaan, maka dengan mencoba menjadi seorang freelancer Anda bisa mendapatkan pengalaman kerja dan mungkin bisa menjadi nilai tambah untuk mendapatkan pekerjaan tetap.
  • Mengasah keahlian
  • Menjadi pandai dalam mengatur waktu
  • Memperbanyak jaringan kerja atau kenalan