Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi Serta Pembahasan Secara Lengkap

Posted on

Mungkin Anda di setiap harinya seringkali menyaksikan matahari yang bergerak dari arah timur ke arah barat. Jika Anda pernah menyaksikan fenomena tersebut, maka Anda salah jika berprediksi bahwa hal itu disebabkan karena adanya matahari yang bergerak, tetap hal tersebut dikarenakan bumi. Bumi bergeraklabat karena berputar pada porosnya dan hal tersebut yang menjadikan kita menyangka bahwa matahari seolah-olah bergerak

Tentang Rotasi Bumi

Rotasi bumi merupakan fenomena dimana terjadi suatu perputaran bumi pada porosnya. Waktu rotasi yang dibutuhkan oleh suatu benda pada porosnya disebut dengan Kala Bumi. Untuk sekali perputaran bumi maka memerlukan waktu selama 24 jam kurang 4 menit yang ma karena diakibatkan dari danya 4 menit ini makan membuat jumlah hari di bulan Februari memiliki jumlah 29 hari di tahun kabisat.

Lalu, bagaimana tanda-tanda dari terjadinya suatu rotasi bumi? Tanda tersebut bisa kita saksikan dengan melihat pergerakan dari bulan dan juga matahari yang awalnya ada di sebelah timur menjadi tepat berada diatas kita beberapa jam kemudian. Dan fenomena ini membuktikan bahwa bumi sedang berputar. Dan berikut ini merupakan akibat dari rotasi bumi yang perlu diketahui :

Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi Serta Pembahasan Secara Lengkap

1. Bergantinya siang dan malam

Dengan adanya matahari yang telah memancarkan cahayanya ke arah bumi, akan tetapi bentuk bumi yang bulat serta cahaya matahari yang telah bergerak lurus maka bisa mengakibatkan paparan sinar matahari yang tidak seimbang atau merata. Dan hal ini tentunya akan menimbulan suatu bagian bumi yang terang di bagian depan dan berhadapan langsung dengan matahari serta bagian yang gelap dari belakang bumi. Inilah yang akhirnya mengakibatkan siang atau bagian gelap bumi yaitu malam.

2. Perbedaan waktu berbagai daerah di bumi

Tentunya dengan adanya malam dan juga terang yang terjadi, maka bisa menyebabkan perbedaan waktu di beberapa tempat di mana dibeberapa tempat tersebut mengalami malam dan siang hari yang berbeda. Untuk lebih memudahkan untuk pembagian waktu yang lebih mudah maka waktu tersebut ditandai dengan adanya garis bujur dengan titik pusat berada di Greenwich atau GMT 0.

Kota di Inggris ini sendiri dilalui oleh gari bujur 0 derajat, dan setiap terjadi suatu pergeseran di 15 derajat dari Greenwic, maka hal tersebut akan menyebabkan terjadinya perbedaan waktu satu jam. Untuk 15 derajat yang diperoleh dari 360derajat dan dibagi 24 atau jumlah waktu dalam jam. Sedangkan untuk wilayah Indonesia sendiri mengalami perbedaan waktu yang cukup jauh yaitu sekitar 9 jam perbedaan waktu yang tentunya hal ini disebabkan oleh adanya rotasi bumi.

3. Peredaran matahari harian

Akibat dari adanya rotasi bumi yaitu juga ditandai dengan adanya peredaran harian semu yang merupakan pergerakan dari matahari yang seolah-olah kejadian tersebut mengelilingi bumi. Dan pergerakan ini menjadikan matahari yang awalnya di sebelah timur menjadi atas kepala kita pada beberapa waktu kemudian dalam hitungan jam. Dan ini yang dinamakan peredaran semu matahari.

4. Adanya perbedaan kecepatan gravitasi

Akibat dari rotasi bumi juga terjadinya gaya sentrifugal. Dan gaya ini terjadi dikarenakan dari perputaran suatu benda yang semakin lama akan semakin besar karena jari rotasi pada suatu benda. Gaya Sentrifugal ini juga dapat mengakibatkan bumi tepat pada bagian kutub atau garis tengah bumi di bagian kutub utara yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan bagian garis tengah bumi. Dengan adanya perbedaan garis tengah juga akan menjadikan gravitasi bumi yang cukup berbeda dan sesuai dengan hukum Newton mengenai gaya gravtasi.

5. Terjadinya pembelokan arah angin

Tentunya seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa udara yang bergerak dari daeraha dengan tekanan yang rendah menuju ke daerah yang memiliki tekanana tinggi. Dan hal ini yang dapat membuat terjadinya suatu pergerakan udara, akan tetapi dikarenakan dengan terjadinya gaya dari semua yang muncul dikarenakan rotasi bumi dan bergerak secara katif pada bumi, maka angina juga akan berbelok yang tentunya hal itu tidak akan sama seperti bergerak ke arah gradient .

Revolusi Bumi

Revolusi bumi yaitu suatu perputaran bumi yang mengelilingi matahari. Pada sekali revolusi, maka diperlukan waktu sebanyak 365 6 jam 10 mneit dan 10 detik bagi bumi untuk melakukannya atau biasa disebut dengan satu tahun pada penanggalam Masehi. Terjadinya suatu revolusi tersebut tak bisa kita rasakan begitu saja, akan tetapi bisa kita lihat dengan terjadinya beberapa fenomena berikut ini :

 

Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi Serta Pembahasan Secara Lengkap

1. Terjadinya perbedaaan waktu siang dan malam

Tentunya sebagian dari Anda pernah mendengar bahwa di kutub waktu siang lebih cepat dibandingkan dengan waktu malam. Dan hal ini terjadi dikarenakan pada setiap bagian bumi memang berbeda yang karena ketika berveolusi posisi pada bumi tidak dapat tegak dengan lurus dan selalu berubah posisinya menjadi lebih miring. Dan ketika miring ini, maka seringkali kutub utara menjadi lebih miring ke arah matahari.

Karena hal ini kahirnya mengakibatkan kutub utara menjadi siang lebih cepat. Dan dikarenakan adanya posisi kutub utara yang lebih condong ke mana mtahari berarah, maka waktu siang menjadi lebih cepat dibandingkan malam hari. Dan pada kutub selatan yang mana membelakangi matahari menyebabkan waktu malam menjadi lebih lama dibandingkan dengan siang hari dan begitupun sebaliknya.

2. Terjadinya gerakan semu matahari

Dikarenakan posisi pada bumi yang tak lurus pada ekliptika makan dapat berakibat pada matahari yang seolah matahari tersebut bergerak tak lurus. Yang dimaksud dengan matahari yang tidak lurus disini yaitu matahari yang terbitnya tidak tepat dari timur ke barat dan melainkan agak melenceng jauh, seperti misalnya tenggelam di barat daya atau juga terbitnya di timur laut.

3. Terjadinya perubahan musim

Posisi bumi yang tidak lurus dan lebih condong ke arah miring dapat menyebabkan terjadinya perubahan iklim dan musim.Dan di tanggal 23 September hingga tanggal 21 Maret maka kedudukan matahari akan ada di posisi belahan bumi selatan dan lebih dekat ke matahari langsung.

Dan karenanya hal itu akan mengakibatkan di bumi akan mengalami suatu musim panas dan siang akan menjadi lebih lama dibandingkan dengan malam hari. Sementara untuk tanggal yang sama di belahan bumi di bagian utara \, maka hal tersebut akan menyebabkan seolah-olah bumi berada pada posisi yang sangat jauh dari matahari dan hal itu akan mengakibatkan bagian utara akan mengalami suatu musim dingin dan waktu malam menjadi lebih lama.

4. Terjadinya perubahan rasi bintang

Revolusi bumi juga mengakibatkan terjadinya perubahan rasi bintang yang mengakibatkan terjadinya kemiringan bumi dan mengakibatkan pengamat berada di posisi yang tak sama.

5. Adanya penanggalan kalender masehi

Revolusi bumi mengakibatkan penanggalam masehi yang telah disempurnakan oleh kaisar Julius atau yang dikenal dengan nama Julius Caesar yang berasal dari Roma. Untuk kalendar ini didasari dengan adanya perputaran bumi yang telah mengelilingi matahari yaitu sebanyak 365 hari.