Air terjun kerap menjadi pilihan lokasi wisata yang menarik di suatu tempat. Ini karena suasananya yang tenang serta pemandangan di sekitarnya yang tampak indah. Kegiatan yang bisa dilakukan di air terjun di antaranya adalah berenang, arung jeram sampai jauh ke dasar sungai di lereng atau lembah hingga sekedar berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah. Dari sekian banyak air terjun yang ada di dunia ini, terdapat bermacam air terjun tertinggi di dunia yang mencapai ratusan meter tingginya.

Tentunya kesepuluh air terjun ini memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri dari segi ketinggiannya yang luar biasa. Tidak heran apabila air terjun di bawah ini juga menjadi tujuan wisata bagi yang menggemari wisata alam maupun olahraga ekstrem. Sebagian besar air terjun tertinggi ini ada di Amerika Selatan, sementara sisanya tersebar di Hawaii, Afrika, Eropa hingga Selandia Baru dan Kanada. Semuanya memiliki ketinggian di atas 800 meter sehingga tentunya menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah dan mengagumkan.

1. Air Terjun Angel

air terjun angel

Rekor air terjun tertinggi di dunia saat ini masih dipegang oleh air terjun Angel atau Angel Falls di Taman Nasional Canaima, Venezuela, Amerika Selatan. Air terjun yang berlokasi di Sungai Rio Caroni ini memiliki ketinggian 3212 kaki atau sama dengan 979 meter.

2. Air Terjun Tugela

Air Terjun Tugela

Tugela Falls di Taman Nasional Natal, Afrika Selatan menjadi air terjun tertinggi kedua. Ketinggian air terjun di sungai Tugela ini mencapai 3110 kaki atau sekitar 948 meter. Air terjun Tugela sekaligus menjadi air terjun tertinggi di Afrika.

3. Air Terjun Cataratas las Tres Hermanas

Air Terjun Cataratas las Tres Hermanas

Nama internasional untuk air terjun Cataratas las Tres Hermanas adalah Three Sisters Falls atau air terjun Tiga Saudari. Lokasinya ada di Ayacucho, Peru, Amerika Selatan. Ketinggiannya sekitar 3000 kaki atau sama dengan 914 meter.

4. Air Terjun Olo’upena

Air Terjun Olo’upena

Air terjun tertinggi di dunia tidak hanya terdapat di Amerika Selatan, namun juga di Amerika Serikat. Salah satunya adalah air terjun Olo’upena yang ada di Molokai, Hawai, Amerika Serikat. Ketinggiannya sekitar 2953 kaki atau sama dengan 900 meter. Air terjun ini menjadi air terjun paling tinggi di Amerika Utara.

5. Air Terjun Yumbilla

Air Terjun Yumbilla

Air terjun tertinggi selanjutnya lagi-lagi berasal dari Amerika Selatan. Kali ini adalah air terjun Yumbilla atau Yumbilla Falls di daerah Amazon, Peru, Amerika Selatan. Ketinggiannya tak kurang dari 2938 kaki atau sekitar 896 meter.

6. Air Terjun Vinuufossen

air terjun Vinnufossen

Daftar 10 air terjun tertinggi di dunia berikutnya datang dari Benua Biru, Eropa. Namanya adalah air terjun Vinuufussen atau Vinuufossen Falls. Lokasi tepatnya ada di Sundall, More Og Romsdal di negara Norwegia. Air terjun ini termasuk sangat tinggi karena ketinggiannya mencapai 2822 kaki atau sama dengan 860 meter.

7. Air Terjun Balaifossen

Air Terjun Balaifossen

Masih dari Eropa dan tepatnya Norwegia, kali ini ada air terjun Balaifossen. Lokasinya ada di Ulvik, Hordaland. Ketinggiannya mencapai 2788 kaki atau sama dengan 850 meter.

8. Air Terjun Pu’uka’oku

Air Terjun Pu’uka’oku

Air terjun tertinggi berikutnya kembali datang dari Molokai, Hawai, Amerika Serikat. Ketinggian air terjun satu ini mencapai 2756 kaki atau sama dengan 840 meter.

9. Air Terjun James Bruce

Air Terjun James Bruce

Kanada juga memiliki salah satu dari sepuluh air terjun paling tinggi di dunia. Namanya adalah air terjun James Bruce atau James Bruce Falls. Lokasinya ada di Princess Louisa Provincial Marine Park. Ketinggian James Bruce Falls ini mencapai 2755 kaki atau sama dengan 840 meter. Sama tingginya dengan air terjun Pu’uka’oku di Molokai, Hawaii di atas.

10. Air Terjun Browne

Air Terjun Browne

Selandia Baru juga memiliki salah satu dari sepuluh air terjun paling tinggi di dunia. Namanya adalah air terjun Browne atau Browne Falls. Lokasi tepatnya ada di Taman Nasional Fiordlands, South Islands, New Zealand. Ketinggian air terjun ini mencapai 2744 kaki atau sekitar 836 meter. Air terjun Browne juga menjadi air terjun paling tinggi di Selandia Baru dan Australia.