10 Air Terjun Terlebar di Dunia Yang Sangat Indah dan Menakjubkan

Posted on

Dari sekian banyak air terjun yang ada di dunia ini, sepuluh di antaranya adalah air terjun terlebar, tertinggi, terpopuler dan terbanyak curah airnya. Tentu air terjun di bawah ini memiliki daya tarik tersendiri satu sama lain dan bisa dijadikan destinasi wisata untuk liburan mendatang. Semua air terjun ini berlokasi di luar negeri, sehingga akan dibutuhkan biaya lebih untuk mendatanginya.

Namun, anda akan terpesona dengan keindahan dan keelokan akan air terjun yang luar biasa lebar dan terlihat begitu besar menjulang tinggi. Beberapa air terjun ini memang berada di daerah eropa, dan berikut adalah daftar air terjun terlebar di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Air Terjun Angel

Air Terjun Angel
Air terjun Angel atau Angel Falls berlokasi di Venezuela, Amerika Selatan. Air terjun ini adalah yang tertinggi di dunia karena ukurannya mencapai 3212 kaki atau 979 meter. Loncatan utamanya mencapai tinggi 807 meter. Waktu terbaik untuk mendatangi Angel Falls adalah di bulan Juni hingga Desember.

2. Air Terjun Tugela

air terjun tungela

Tugela Falls yang ada di Afrika Selatan ini menjadi salah satu air terjun paling tinggi berikutnya. Ukuran tinggi mencapai 3255 serta 3320 kaki atau sama saja dengan 992 serta 1011 meter. Pesonanya sungguh luar biasa dan menjadi salah satu daya tarik wisata di Afrika Selatan.

3. Air Terjun Inga

air terjun inga

Air terjun ini menjadi yang terbesar berdasarkan curah airnya. Curah air dimaksudkan sebagai volume air yang menggelontor dari tepian air terjun serta tidak menghitung tinggi loncatan airnya. Air terjun Inga di Kongo memiliki tinggi 315 kaki atau sekitar 96 meter, namun curah airnya mencapai 910.000 kaki kubik atau sama dengan 25.768 meter kubik tiap detik. Bandingkan dengan air terjun Niagara yang menjadi air terjun tertinggi di Amerika Utara. Curah airnya hanya 2.406 meter kubik per detik.

4. Air Terjun Victoria

Air Terjun victoria

Air terjun Victoria menjadi air terjun terbesar yang ada di dunia. Letaknya ada di antara Zimbabwe dan Zambia. Air akan menggelontor ke dalam jurang yang dalam sehingga sungainya tampak hilang dalam lubang penuh kabut. Tingginya 107 meter dan lebarnya 1708 meter.

5. Air Terjun Khone

Air Terjun khone

Air terjun Khone atau nama lainnya adalah Chutes de Khone berlokasi di Laos. Ia memuncaki daftar 10 air terjun terlebar di dunia. Lebarnya sekitar 10.782 meter dan nyaris dua kali lipat dari air terjun paling lebar kedua, yaitu Air Terjun Para, yang lebarnya 5.608 meter. Ketinggiannya sekitar 21 meter dan curah air mencapai 11.609 meter kubik.

6. Air Terjun Niagara

Air Terjun niagara

Air terjun Niagara menjadi salah satu air terjun yang paling populer di dunia. Salah satu indikasinya adalah banyaknya jumlah pengunjung dari seluruh belahan dunia yang ingin melihat langsung kemegahannya. Tiap tahun, air terjun ini dikunjungi antara 9 hingga 28 juta orang. Air terjun ini juga beberapa kali menjadi tempat pengambilan gambar untuk film-film.

7. Air Terjun Horseshoe

Air Terjun Horseshoe

Air terjun Horseshoe yang ada di Amerika Serikat ini memiliki volume air mencapai 600.000 galon. Oleh karena itu, air terjun ini menjadi salah satu air terjun paling kuat yang ada di dunia. Air terjun ini sendiri memiliki tiga bagian terpisah yaitu Horseshoe, American serta Bridal Veil.

8. Gaping Gill

Gaping Gill

Gaping Gill di Swiss menjadi air terjun di bawah tanah yang paling luas. Tingginya sekitar 77 meter dan air akan tercurah ke dalam gua yang disebut Gua Dongeng. Berkunjung ke Gaping Gill, kita akan dapat melihat pemandangan air terjun sekaligus gua yang indah.

9. The Denmark Strait

The Denmark Strait

The Denmark Strait terletak di antara Iceland serta Greenland, tepatnya ada di Samudera Atlantis, serta menjadi air terjun terbesar di bawah tanah. Tingginya sekitar 3505 meter dan volume airnya mencapai 4.9 meter kubik per detik.

10. Air Terjun Palouse

Air Terjun Palouse

Air terjun Palouse menjadi pendaratan paling besar yang terjadi di atas air terjun. Tingginya sekitar 60 meter dengan bagian atas 6 meter serta bagian bawahnya sekitar 54 meter. Air terjun ini terletak di Washington, Amerika Utara.