10 Air Terjun Terbesar di Dunia dan Menakjubkan Saat Ini

Posted on

Air terjun dapat dibilang sebagai yang terbesar berdasarkan ukurannya, curah airnya hingga ketinggiannya. 10 air terjun terbesar di dunia yang ada saat ini lokasinya tersebar di seluruh dunia. Traveller yang gemar berpetualang di lokasi-lokasi ekstrem dan menantang biasanya akan mengunjungi air terjun ini guna menyaksikan sendiri keindahannya.

Beberapa air terjun juga dijadikan sebagai lokasi wisata yang tak pernah sepi dar pengunjung. Keindahan air terjun ini tentu menjadi daya tarik tersendiri yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Berikut adalah daftar sepuluh air terjun paling besar dan mengagumkan yang ada di seluruh dunia.

1. Angel Falls

Angel Falls

Angel Falls atau air terjun Angel di Taman Nasional Canaima, Venezuela tak hanya menjadi air terjun terbesar, namun juga air terjun tertinggi. Ketinggiannya mencapai 970 meter. Waktu yang direkomendasikan untuk mengunjungi air terjun Angel adalah pada bulan Juni hingga Desember. Air terjun Angel termasuk destinasi wajib apabila kita berkesempatan mengunjungi Venezuela.

2. Tugela Falls

Tugela Falls

Tugela Falls atau air terjun Tugela di Afrika Selatan juga menjadi air terjun tertinggi serta terbesar berikutnya. Air terjun ini memiliki ketinggian 3110 kaki atau sama dengan 948 meter.

3. Inga Falls

Inga Falls

Inga Falls atau air terjun Inga adalah air terjun terbesar dari segi curah airnya. Yang dimaksud curah air adalah seberapa besar air menggelontor dari sisi tepi air terjun, namun tidak mempertimbangkan ketinggian loncatan air. Inga Falls di Kongo memang tidak terlalu tinggi karena hanya setinggi 96 meter, namun air yang mengalir mencapai 25.768 meter kubik tiap detiknya. Bandingkan dengan air terjun Niagara yang terbesar di Amerika Utara yang hanya menggelontorkan air sebanyak 2406 meter kubik per detik.

4. Victoria Falls

Victoria Falls

Victoria Falls atau air terjun Victoria yang ada di antara Zimbabwe serta Zambia memiliki tirai air terbesar di dunia. Airnya menggelontor ke dalam jurang yang sangat dalam, sehingga sungainya tampak hilang dalam lubang penuh kabut. Tingginya sendiri memang hanya 107 meter, namun lebarnya sekitar 1708 meter. Tirai airnya tampak begitu menakjubkan terutama saat sungainya meninggi.

5. The Khone Falls

The Khone Falls

Chutes de Khone atau dikenal juga sebagai air terjun Khone terdapat di Laos. Air terjun ini memang tidak menjadi yang terindah di dunia, namun lebarnya adalah yang nomor satu di dunia. Lebar Khone Falls mencapai 10.782 meter, atau hampir dua kali lipat dibandingkan air terjun paling lebar kedua yaitu air terjun Para yang selebar 5608 meter. Air ini jatuh dari ketinggian 21 meter dengan curah 11.609 meter kubik per detik.

6. Niagara Falls

Niagara Falls

Air terjun Niagara mungkin adalah air terjun paling populer di dunia. Letaknya ada di Amerika dan dikunjungi 9 hingga 28 juta orang tiap tahunnya. Kepopulerannya makin menanjak saat digunakan untuk syuting film.

7. Horseshoe Falls

Horseshoe Falls

Salah satu dari 10 air terjun terbesar di dunia adalah Horseshoe Falls. Atau lebih tepatnya, Horseshoe Falls adalah air terjun terkuat di dunia. Bagaimana tidak, volume airnya saja mencapai 600.000 galon. Sebanyak 90% isi sungai tumpah di atas air terjun yang memiliki lebar 52 dan 241 meter ini.

8. Gaping Gill

Gaping Gill

Berbeda dari beberapa air terjun di atas, Gaping Gill adalah air terjun bawah tanah. Lokasinya ada di La Grotte aux Fees, Swiss serta menjadi air terjun bawah tanah terbesar serta terluas. Tingginya sekitar 77 meter sementara airnya tercurah dalam gua.

9. Black Falls

Black Falls

Air terjun ini berada di islandia, tepatnya adalah di Skaftafell National Park. Dan juga merupakan salah satu tempat wisata yang paling popular di taman nasional. Dasar air terjun ini sangat tajam, maka harus berhati hati ketika berwisata di air terjun ini, sebab dasar yang tajam dapat membuat luka jika tidak berhati hati.

10. Palouse Falls

Palouse Falls

Palouse Falls menjadi pendaratan terbesar di atas air terjun. Ukuran tingginya sekitar 60 meter dan mengalir dengan bagian atasnya memiliki ukuran 6 meter serta bagian bawahnya berukuran 54 meter.